Simpel, Ini 5 Cara Mengatasi Anak Cengeng

Menangis merupakan kegiatan wajar yang dilakukan anak kecil, apalagi jika usianya belum menginjak 5 tahun. Menangis menjadi satu cara bagi anak-anak untuk meluapkan emosi mereka yang belum bisa dijabarkan lewat kata-kata. Namun ada kalanya, kebiasaan menangis anak menjadi sangat berlebihan dan menjadi gangguan bagi sekitarnya. Jika sudah demikian, tibalah waktunya bagi Anda untuk mencari cara mengatasi anak cengeng tersebut.

cara mengatasi anak cengeng

Ya, anak yang sebentar-sebentar menangis memang kerap disebut sebagai anak cengeng. Kondisi anak yang terlalu sensitif ini selain cukup mengganggu Anda dan orang di sekitarnya juga bisa memengaruhi psikologis dan kehidupan sosialnya pada mendatang. Anak cengeng yang terus berkelanjutan sampai ia duduk di bangku sekolah banyak yang menemui kesulitan untuk berinteraksi dengan teman-temannya.

Karena itu, sedari dini menemukan cara mengatasi anak cengeng menjadi sangat penting untuk kehidupan ke depan buah hati. Tidak perlu bingung, berikut ini adalah beberapa cara simpel yang bisa menghentikan tangis anak.

  1. Tidak Menanggapi

Menangis merupakan suatu cara anak untuk memperoleh perhatian Anda. Sekali dua kali menanggapinya tentu sangat dianjurkan. Akan tetapi, hati-hati karena perhatian Anda yang ia terima setiap kali ia menangis justru memancingnya untuk menjadi anak cengeng guna bisa terus menarik perhatian.

Cobalah untuk tidak terlalu menanggapinya ketika ia menangis. Anggaplah tangisan anak tersebut sesuatu yang wajar. Tanyalah sesekali, tapi jangan menunjukkan Anda merasa sangat khawatir. Dengan demikian, anak lama-kelamaan akan mengerti bahwa menangis bukan senjata baik untuk menarik perhatian Anda.

  • Hindari Pemberian Hadiah

Banyak orang tua yang memilih untuk memberikan sesuatu yang menyenangkan bagi anak yang sedang menangis. Hanya saja, kebiasaan tersebut justru kerap disalahartikan oleh anak tersebut bahwa tangisan dapat menjadi cara untuk mendapatkan hadiah dari Anda. Ia pun akan menjadi cengeng guna bisa memperoleh berbagai hal yang diinginkannya lewat kepanikan Anda ketika ia menangis.

Mulai sekarang, biasakan tidak memberikan anak iming-iming hadiah setiap kali ia menangis. Biarkan ia menangis sepuasnya dan biarkan anak tersebut menyadari bahwa menangis bukan cara baik untuk memperoleh apa yang ia inginkan. Latih ia mengungkapkan keinginannya akan sesuatu dengan cara yang lebih tepat, lebih bincang-bincang santai misalnya.

  • Alihkan Perhatian

Khususnya untuk anak-anak yang masih berusia di bawah tiga tahun, cara mengatasi anak cengeng yang paling mudah adalah dengan dengan mengalihkan perhatiannya. Pasalnya, anak-anak dengan usia dini sangat mudah teralihkan fokus ketika sedang berkegiatan. Jadikan kebiasaan tersebut pula untuk menghentikan tangisnya.

Jadi, setiap anak menangis, cobalah ajak dia berkegiatan lain. Jika belum mau diajak berkegiatan, coba berikan dia pilihan berbagai fokus lain. Membawa koleksi mainannya atau menyetel musik agak keras bisa membuat anak menghentikan kegiatan tangisnya.

  • Beri Pelukan Hangat

Memberi perhatian berlebihan kepada anak yang senang menangis memang sangat tidak dianjurkan. Akan tetapi, memberi pelukan hangat justru bisa menjadi jalan jitu untuk menghentikan tangis anak.

Cara mengatasi anak cengeng ini terlihat simpel, namun justru sangat ampuh menghentikan kebiasaan anak. Pelukan hangat bisa membuat anak menyadari bahwa ia tidak perlu takut sebab Anda berada di sampingnya. Coba praktikan saja ketika anak menangis dan Anda langsung memberinya pelukan hangat, seberapa lama tangisnya akan bertahan?

  • Ajarkan Kelola Emosi

Anak cengeng akan tetap menjadi anak yang senang menangis apabila ia belum mampu mengelola emosinya secara lebih baik. Karena itu ketika anak Anda cenderung suka menangis, cobalah untuk secara perlahan mengajarkan cara mengelola emosi yang lebih baik kepada anak tersebut.

Anak bisa mengajarkan anak untuk lebih dahulu mengungkapkan perasaannya sebelum hendak menangis. Ajari juga anak untuk tidak menjadikan tangisan sebagai peluapan ketika ia merasa sakit atau sedih.

***

Tidak sulit bukan sebenarnya mencari cara mengatasi anak cengeng? Mulai sekarang, cobalah untuk mempraktikkannya dan lihat seberapa efektif cara ini berlaku bagi anak Anda. Selamat mencoba!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>