Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Anda Miliki

Rata-rata ibu mulai berbelanja perlengkapan bayi jelang persalinan. Namun, kadang persiapan ini dapat membuat calon ibu kewalahan, baik karena banyaknya pilihan perlengkapan bayi yang tersedia maupun keinginan orang tua memberikan fasilitas yang sangat lengkap bagi buah hati. Nah, untuk menghindari kebingungan, ada baiknya menyusun skala prioritas terkait hal ini.

Cara sederhana, Anda bisa menyiapkan daftar perlengkapan yang akan dibeli sebelum pergi berbelanja. Dengan demikian, kemungkinan Anda bingung atau kewalahan saat melihat ragam perlengkapan yang tersedia dapat diminimalisir.

Jadi, apa saja perlengkapan bayi baru lahir yang sebaiknya dimiliki?

– Pakaian bayi

Pakaian bayi jelas termasuk perlengkapan yang perlu dimiliki menjelang kelahiran buah hati. Anda dapat membeli pakaian bayi yang diperkirakan pas dengan ukuran bayi pada umumnya. Namun, disarankan untuk tidak membeli pakaian bayi terlalu banyak. Bayi umumnya tumbuh dengan cepat, sehingga usia pakai setiap baju biasanya sangat singkat.

Kenyamanan sebaiknya menjadi faktor utama yang dipertimbangkan saat memilih pakaian bayi. Hindari model pakaian yang memiliki tali di bagian leher sebab berisiko membuat leher bayi terlilit. Jumpsuit, baju lengan panjang atau pendek, celana lengan panjang atau pendek, sarung tangan, kaos kaki, serta kupluk merupakan perlengkapan bayi baru lahir yang sebaiknya Anda miliki.

– Popok

Umumnya, setiap bayi yang baru lahir akan sangat sering mengompol. Sehingga salah satu perlengkapan bayi baru lahir yang dapat dikatakan wajib dimiliki adalah popok. Adapun jenisnya, dikembalikan kepada masing-masing ibu, apakah lebih nyaman menggunakan popok sekali pakai atau cloth diaper.

Bersamaan dengan kebiasaan mengompol tersebut, Anda bukan hanya membutuhkan popok, melainkan juga lap atau kapas untuk membersihkan kemaluan dan bokong bayi. Tisu basah tak beraroma juga dapat digunakan untuk menggantikan lap atau kapas. Perbedaannya, penggunaan tisu tentu lebih praktis, sebab bila menggunakan lap atau kapas, Anda masih membutuhkan air hangat.

– Perlengkapan mandi

Perlengkapan mandi juga termasuk kebutuhan yang esensial. Anda perlu menyiapkan perlengkapan untuk memandikan bayi: sabun bayi, sampo bayi, handuk bayi, dan kain lap. Bak mandi bayi, biasanya terbuat dari plastik, merupakan perlengkapan yang sifatnya opsional. Anda dapat membelinya atau memanfaatkan wadah lain yang ada di rumah namun dapat menggantikan fungsi bak tersebut.

– Perlengkapan ASI

Terkait perlengkapan ASI, alat yang paling penting Anda miliki adalah pompa ASI. Di pasaran, terdapat banyak sekali pilihan pompa ASI, mulai dari yang manual hingga elektrik. Fungsi dari pompa ASI, memudahkan Anda untuk memerah ASI sehingga bayi tetap dapat memperoleh ASI meski Anda sedang tidak bersama si buah hati.

Oleh karena itu, selanjutnya Anda perlu botol dan dot untuk memberikan ASI hasil pumping tersebut.

Selama proses menyusui ini, Anda juga mungkin akan membutuhkan bra khusus menyusui. Bra model ini memudahkan Anda memberikan ASI pada bayi di mana pun.

Di luar sana, masih banyak sekali ragam perlengkapan bayi baru lahir yang ditawarkan kepada para calon orang tua. Anda, sebagai orang tua, mungkin ingin membeli semuanya demi berusaha memberikan yang terbaik bagi putra atau putri tercinta. Namun, Anda juga perlu menimbang kondisi keuangan serta kemanfaatannya. Jangan sampai Anda mengeluarkan uang cukup banyak untuk membeli perlengkapan yang sebetulnya tidak begitu dibutuhkan. Menabung untuk kebutuhan bayi di masa datang tentu jauh lebih baik.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>