Category Penyakit

Perhatikan Ini dalam Membuat Menu Makanan Bayi

Memulai memberi makan bayi dengan makanan semi padat menjadi momen yang mengharukan sekaligus mengkhawatirkan. Anda mungkin akan sangat gembira karena si kecil akan memulai petualangannya mencicipi makanan dan mendapat nutrisi tambahan. Di sisi lain, perasaan khawatir pasti mencuat mengenai cocok tidaknya menu makanan bayi yang hendak diberikan kepada buah hati.

Bagaimanapun, anak Anda tetaplah bayi yang memiliki keterbatasan dalam hal pencernaan. Berhati-hati memilih menu makanan bayi menjadi mutlak guna menghindari masalah kesehatan menghampiri.

Untuk itu, beberapa hal mesti Anda mestikan ketika hendak memberikan si kecil makanan pertamanya. Berikut ini adalah beberapa hal yang mesti Anda lakukan dan hindari ketika memberikan bayi Anda makan pada tahap awal.

  1. Mulailah dengan Satu Jenis

Ketika hendak mulai memberikan bayi Anda makanan semi padat, Anda berada di posisi benar-benar tidak mengetahui sebenarnya apa saja makanan yang cocok atau tidak baginya. Jalan terbaik untuk mengetahuinya adalah memberi menu makanan bayi secara satu per satu untuk mengecek ada tidaknya alergi pada si kecil. Jika suatu jenis makanan tidak menimbulkan indikasi tertentu pada bayi, Anda bisa mulai mencampurkannya dengan menu makanan bayi lain di minggu berikutnya.

  • Jangan Banyak-banyak

Lambung bayi Anda masihlah kecil. Jangan samakan porsi si kecil dengan porsi Anda ataupun anak-anak usia di atas 2 tahun! Umumnya ketika mulai memberikan makanan semi padat, porsi yang sesuai untuk bayi hanya sekitar setengah sendok makan. Dalam satu atau dua minggu jika tidak ada masalah, porsinya bisa Anda tigkatkan menjadi satu sendok makan tiap kali makan.

  • Tanpa Gula dan Garam

Pemakaian gula dan garam pada menu makanan bayi sangat tidak dianjurkan. Setidaknya sampai anak Anda berusia satu tahun, biarkan semua makanannya bercita rasa murni tanpa campuran rasa asin dari garam maupun manis dari gula. Tujuannya guna mencegah ginjal si kecil bekerja secara berlebihan yang berisiko menimbulkan gangguan fungsi ginjal.

  • Katakan Tidak pada Madu

Tidak bisa dimungkiri, madu masih sering dijadikan sebagai campuran menu makanan bayi. Bahkan madu kerap dioleskan di lidah si kecil guna menjadi pencegah panas dalam. Nyatanya, manfaat madu untuk bayi adalah mitos yang membayakan. Mengonsumsi madu justru bisa menyebabkan si kecil terkena penyakit botulisme sebab bahan makanan yang satu ini mengandung bakteri Clostridium botulinum. Dalam tahap parah, botulisme bahkan bisa berakibat kematian pada bayi.

  • Biarkan Asupan Lemak

Anda mungkin berpikir bahwa lemak akan mengakibatkan bayi berisiko terserang berbagai macam penyakit seperti yang terjadi pada orang dewasa. Anggapan tersebut tidaklah tepat. Ketika bayi sudah bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan, kehadiran porsi lemak dalam menu makanan bayi justru tidak boleh terlewat. Anda tidak perlu khawatir lemak memberikan efek negatif pada si buah hati. Kenyataannya, lemak bagi bayi justru berperan penting dalam perkembangan otak dan sistem sarafnya.

  • Jus? Tentu Saja Tidak!

Buah-buahan memang bisa memberikan tambahan vitamin bagi bayi Anda. Namun, jangan sekali-kali memikirkan menu makanan bayi berupa jus. Menjadikan buah sebagai jus hanya membuat serat yang terkandung dalam buah banyak yang hilang. Penambahan zat pemanis juga berisiko membuat ginjal si kecil bekerja terlalu berat. Alih-alih memberikan jus, cobalah membuat puree dari buah segar.

Menu makanan bayi yang Anda berikan kepada si kecil akan sangat menentukan kesehatan dan perkembangan tubuhnya. Jadi, pastikan menu yang Anda berikan sudah tepat dan tidak menimbulkan risiko berbahaya.

Read More

Daftar Layanan Kesehatan dan Penyakit yang Tidak DItanggung BPJS Kesehatan

Sebagai peserta BPJS Kesehatan, Anda harus tahu apa saja layanan dan penyakit yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan. Hal ini penting untuk diketahui agar tidak terjadi kesalahan saat ingin memanfaatkan layanan BPJS.

Nah, sebaiknya, sebelum berobat, penting untuk tahu jenis penyakit apa yang ditanggung dan tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Layanan yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Pihak BPJS Kesehayan memastikan empat jenis pelayanan kesehatan yang ditanggung, yaitu:

  • Pelayanan Kesehatan Tingkat I, yaitu pemeriksaan, konsultasi medis, diagnosis, tindakan medis umum, serta pelayanan obat. Fasilitas Kesehatan Tingkat I ini juga melayani laboratorium tingkat pertama, rawat inap tingkat pertama, serta transfusi darah.
  • Pelayanan Kesehatan Rujukan Lanjutan. Berbagai tindakan medis, pemeriksaan, konsultasi spesialis, diagnosis lanjutan, rehabilitasi medis, cuci darah, pengurusan jenazah, perawatan inap, forensik, dan rawat inap di ICU.
  • Ambulans juga menjadi layanan yang ditanggung BPJS Kesehatan. Ambulans yang ditanggung dari Faskes I ke Faskes lainnya dengan tujuan untuk menyelamtkan nyawa pasien
  • BIaya persalinan juga ditanggung BPJS Kesehatan bahkan hingga persalinan anak ketiga. Persalinan yang dimaksud adalah persalinan dengan proses normal atau operasi caesar dengan ketentuan yang diatur pihak BPJS.

Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Selain itu, Anda harus tahu apa saja penyakit yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan. Dengan informasi seperti ini, Anda bisa mempersiapkan langkah lain terhadap penyakit yang Anda derita.

Dalam Perpres 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan Pasal 52 sudah disebutkan manfaat pelayanan yang tidak dijamin oleh JKN-KIS atau BPJS Kesehatan ini. Namun, memang belum rinci penyakit apa saja yang tidak ditanggung BPJS.

Ada beberapa informasi penting mengenai kategori kondisi yang tidak ditanggung BPJS, apa saja itu? Berikut detailnya.

  1. Layanan kesehatan yang sudah dijamin program jaminan kecelakaaan kerja yang menjadi tanggungan pemberi kerja hingga nominalnya mencapai kesepakatan maksimal
  2. Pelayanan kesehatan yang tidak sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan
  3. Layanan kesehatan di faskes yang tidak bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, kecuali jika pasien dalam kondisi darurat
  4. Pelayanan kesehatan yang dilakukan di luar negeri
  5. Pelayanan kesehatan untuk mengatasi infertilitas
  6. Layanan kesehatan yang tujuannya untuk kecantikan atau estetik
  7. Pelayanan kesehatan yang dijamin oleh program jaminan kecelakaan lalu lintas, misalnya program jaminan kecelakaan dari PT Jasa Raharja.
  8. Layanan kesehatan untuk meratakan gigi
  9. Penyakit karena ketergantungan obat atau alkohol
  10. Gangguan kesehatan karena menyakiti diri sendiri dengan sengaja atau mengerjakan hobi berbahaya
  11. TIndakan medis yang dikategorikan eksperimen
  12. Pengobatan alternatif, tradisional, dan komplementer yang belum tentu efektif berdasarkan teknologi kesehatan
  13. Alat dan obat kontrasepsi
  14. Perawatan kecantikan
  15. Keperluan Kesehatan rumah tangga
  16. Pelayanan kesehatan akibat bencana di masa tanggap darurat, wabah, atau kejadian luar biasa
  17. Pelayanan kesehatan kegiatan bakti sosial
  18. Pelayanan kesehatan karena tindak pidana penganiayaan, kekerasan seksual, perdagangan orang, hingga korban terorisme
  19. Layanan kesehatan untuk kejadian yang bisa dicegah
  20. Pelayanan kesehatan tertentu berkaitan dengan Kementerian Pertahanan, TNI, dan Polri
  21. Layanan lain yang tidak ada hubungannya dengan manfaat jaminan kesehatan yang diberikan

Hak dan Kewajiban Peserta BPJS Kesehatan

Sebagai peserta aktif, tentu memiliki hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan.

Berikut hak peserta BPJS Kesehatan:

  • Mendapatkan kartu peserta untuk memperoleh layanan kesehatan
  • Mendapatkan layanan kesehatan id faskes yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan
  • Berhak menyampaikan kritikan, aduan, atau keluhan secara lisan atau tulisan kepada BPJS Kesehatan
  • Mendapatkan manfaat dan informasi mengenai hak dan kewajiban serta prosedur pelayanan kesehatan sesuai ketentuan

Kewajiban peserta BPJS Kesehatan adalah:

  • Membayar iuran tepat waktu
  • Mematuhi ketentuan dan tata cara pelayanan kesehatan
  • Menjaga agar kartu peserta tidak hilang atau rusak
  • Mendaftarkan diri dan anggota keluarga sebagai peserta BPJS Kesehatan
  • Memberikan data diri dan anggota keluarga dengan benar dan lengkap
  • Melaporkan jika ada perubahan data, misalnya perubahan gaji, pangkat, golongan, status pernikahan, pindah faskes I, atau pindah alamat

Dengan mendapatkan informasi lengkap mengenai layanan dan penyakit yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan ataupun layanan yang ditanggung, diharapkan dapat membantu peserta untuk mengurangi terjadinya kendala atau masalah lain saat ingin menggunakan layanan BPJS.

Read More

Yang Perlu Diketahui Saat Kaki Mati

Kaki Anda mengandalkan sentuhan untuk dapat bereaksi terhadap permukaan yang panas atau tidak rata saat berjalan. Apabila kaki mati rasa, Anda tidak akan memiliki sensasi apapun. Mati rasa pada kaki dapat bersifat sementara, atau dapat disebabkan karena adanya kondisi kronis tertentu seperti diabetes. Gejala yang dirasakan juga dapat bertahap, bertahap kehilangan sensasi di pergelangan kaki untuk kemudian menjalar dan area yang mati rasa bertambah. Mencari bantuan medis untuk mati rasa yang dirasakan dapat membantu memperlambat kondisi ini dan menunda perkembangannya.

Gejala mati rasa pada kaki

Gejala utama kaki yang mati rasa adalah hilangnya sensasi pada kaki. Hal ini akan memengaruhi indra sentuhan dan keseimbangan karena Anda tidak akan lagi mampu merasakan posisi kaki saat berdiri. Meskipun hilangnya sensasi merupakan gejala utama kaki yang mati rasas, Anda juga dapat merasakan gejala tambahan dan sensasi tidak normal, seperti kesemutan dan kaki terasa lemah. Gejala-gejal tambahan tersebut dapat membantu dokter mendiagnosa apa yang menyebabkan kaki Anda mati rasa.

Penyebab mati rasa pada kaki

Tubuh Anda adalah jaringan saraf yang kompleks yang menjalar dari ujung jari kaki dan tangan ke otak dan sebaliknya. Apabila Anda memiliki kerusakan, penyumbatan, infeksi, atau tekanan saraf yang menuju ke kaki, Anda dapat menderita mati rasa pada kaki. Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan mati rasa pada kaki di antaranya adalah konsumsi alkohol secara berlebihan, penyakit Charcot-Marie-Tooth, diabetes, cakram terherniasi, penyakit Lyme, sindrom Guillain-Barre, multiple sclerosis, efek samping dari obat-obatan chemotherapy, cidera sumsum tulang belakang, dan peradangan pada pembuluh darah (vasculitis).

Anda juga dapat merasakan mati rasa pada kaki setelah duduk dalam waktu yang lama. Hilangnya sensasi ini terjadi karena saraf yang menuju kaki tertekan saat Anda duduk. Saat Anda berdiri dan aliran darah kembali mengalir, kaki akan terasa seperti mati rasa. Kesemutan kemudian akan muncul sebelum sirkulasi dan sensasi kembali ke kaki Anda.

Mati rasa pada kaki yang terjadi dengan tiba-tiba dan ditemani dengan kondisi lain seperti kesulitan bernapas patut diwaspadai. Carilah bantuan medis apabila Anda mengalami gejala lain seperti bingung, kesulitan berbicara, pusing, hilangnya kontrol usus dan kandung kemih, mati rasa setelah cidera kepala, mati rasa pada banyak bagian tubuh, dan kesulitan bernapas. Meskipun tidak selamanya merupakan kondisi kegawatdaruratan, mati rasa yang ditemani dengan gejala-gejala tersebut dapat menjadi tanda-tanda kejang dan stroke. Konsultasi dengan dokter apabila mati rasa pada kaki menyebabkan Anda mudah atau sering terjatuh. Apabila Anda menderita diabetes, beritahu dokter mengenai kondisi Anda. Diabetes merupakan penyebab utama mati rasa pada kaki karena perubahan metabolis yang dapat menyebabkan kerusakan saraf.

Mati rasa di kaki dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan dan dapat meningkatkan risiko Anda untuk terjatuh. Mendapatkan bantuan dari terapis fisik untuk mengembangkan program keseimbangan dapat membantu mengurangi risiko terjatuh. Gerakan-gerakan dan jenis latihan yang tidak akan mengiritasi kaki Anda merupakan cara terbaik dalam meningkatkan aliran darah ke saraf-saraf yang terdampak. Mengobati mati rasa pada kaki sangat penting. Kurangnya sensasi pada kaki dapat meningkatkan risiko luka, cidera, dan terjatuh. Apabila Anda menderita luka di kaki dan tidak menyadarinya, luka tersebut dapat terinfeksi (terutama apabila sirkulasi darah terhambat dan menjadi penyebab utama mati rasa). Mengobati penyebab utama mati rasa pada kaki dapat membantu mengatasi gejala-gejala yang dirasakan.

Read More

Mengapa Seseorang Bisa Terserang Achondroplasia?

Di sekitar kita, ada orang-orang yang terlahir dengan postur tubuh tidak seperti sebagaimana mestinya. Mereka memiliki torso atau batang tubuh normal, tetapi anggota badan yang lain cenderung pendek atau mungil. Kondisi itu dalam dunia medis disebut achondroplasia.

Secara umum, kondisi tersebut merupakan gangguan dalam pertumbuhan tulang. Dari 25 ribu kelahiran, satu di antaranya menderita achondroplasia. Data itu didapat dari rilisan Columbia University Medical Center (CUMC).

Digadang-gadang achondroplasia merupakan gangguan genetik. Namun, untuk mengetahui mengapa seseorang bisa terserang achondroplasia tidaklah sesederhana itu.

Achondroplasia bisa dilacak pada saat bayi di dalam kandungan. Selama perkembangan awal janin, sebagian besar rangka terdiri dari tulang rawan. Biasanya, sebagian besar tulang rawan akhirnya berubah menjadi tulang. Namun, jika seseorang memiliki achondroplasia, banyak tulang rawan tidak berubah menjadi tulang. Ini disebabkan oleh mutasi gen FGFR3.

Gen FGFR3 menginstruksikan tubuh untuk membuat protein yang diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Mutasi gen FGFR3 menyebabkan protein menjadi terlalu aktif sehingga mengganggu perkembangan tulang secara normal.

Ada sekitar 80 persen kasus achondroplasia tidak diwariskan. Menurut National Human Genome Research Institute (NHGRI), kasus-kasus ini disebabkan oleh mutasi spontan pada gen FGFR3.

Sekitar 20 persen kasus diwarisi di mana mutasi mengikuti pola pewarisan dominan autosomal. Ini berarti cukup satu orang tua yang mewariskan gen FGFR3 rusak untuk membuat bayinya terlahir dengan kondisi achondroplasia.

Jika salah satu orang tua memiliki kondisinya, anak itu memiliki peluang 50 persen untuk mendapatkannya. Jika kedua orang tua memiliki kondisi tersebut, maka akan timbul tiga kemungkinan:

  • Pertama: 25 persen kemungkinan bertubuh normal
  • Kedua: 50 persen kemungkinan memiliki satu gen yang rusak yang menyebabkan achondroplasia
  • Ketiga: 25 persen kemungkinan mewarisi dua gen yang rusak, yang akan menghasilkan bentuk fatal achondroplasia disebut achondroplasia homozigot

Bayi yang lahir dengan achondroplasia homozigot, biasanya lahir mati atau akan meninggal dalam beberapa bulan setelah dilahirkan.

Achondroplasia tidak hanya akan membuat penderitanya memiliki tubuh yang tidak proporsional. Lebih jauh dari itu, penderita achondroplasia juga berpotensi menderita masalah kesehatan lain, seperti:

  • Tonus otot menurun, yang dapat menyebabkan keterlambatan dalam berjalan dan keterampilan motorik lainnya
  • Apnea yang melibatkan periode singkat pernapasan yang lambat atau pernapasan yang berhenti
  • Terjadi penumpukan cairan di otak atau disebut dengan hidrosefalus
  • Stenosis tulang belakang yang merupakan penyempitan kanal tulang belakang yang dapat menekan sumsum tulang belakang

Selain itu, seseorang yang menderita achondroplasia juga dapat mengalami kesulitan menekuk siku, menjadi gemuk, mengalami infeksi telinga berulang karena bagian sempit di telinga, mengembangkan kaki tertunduk, mengalami kelengkungan abnormal tulang belakang yang disebut lordosis, serta mengembangkan stenosis tulang belakang baru atau lebih parah.

Kendati demikian, penderita achondroplasia hanya mengalami gangguan yang sifatnya fisik semata. Tingkat kecerdasan dan kondisi mental lainnya akan tetap sama seperti pada umumnya.

Sayangnya, dunia medis saat ini belum memiliki metode pengobatan ataupun metode pencegahan untuk achondroplasia. Dokter mungkin hanya dapat mencegah atau menangani komplikasi yang mungkin akan terpicu oleh kondisi achondroplasia ini. Bisa juga petugas medis memberikan pengobatan hormon pertumbuhan untuk meningkatkan laju pertumbuhan tulang anak.

Untuk itu perlu kiranya memeriksakan genetik sebelum memulai program kehamilan. Jika ada riwayat achondroplasia di keluarga, pasangan perlu mempertimbangkan pengujian genetik sebelum hamil, sehingga sepenuhnya memahami risiko kesehatan anak pada masa yang akan datang.

Read More

Alami Gejala Ini, Carilah Obat Kutu Rambut!

obat kutu rambut

Kutu rambut tidak hanya membuat Anda kehilangan kepercayaan diri. Lebih dari pada itu, keberadaan kutu rambut di kepala bisa membuat berbagai masalah klinis yang mengganggu kesehatan Anda, mulai dari penurunan kualitas tidur sampai infeksi kulit kepala. Keberadaannya yang mengganggu inilah yang membuat Anda harus segera mematikannya dengan obat kutu rambut.

Kutu rambut sendiri merupakan jenis serangan dengan ukuran sangat kecil yang menghisap darah lewat kepala Anda. Ukuran kutu rambut yang hanya berkisar 2—3 milimeter membuat keberadaan makhluk dengan nama LatinPediculus humanus capitis ini sulit dilihat dengan kasat mata jika hanya sepintas. Alhasil, banyak orang yang tidak menyadari sedang diserang oleh jenis serangga yang satu ini.

Padahal selain dengan melihat, banyak tanda-tanda lain yang bisa mengindakasikan seseorang terkena kutu rambut atau tidak. Berikut ini adalah beberapa tanda keberadaan kutu rambut di kepala seseorang.

  • Gatal di Kepala dan Sekitar

Keberadaan kutu rambut di kepala seseorang akan menimbulkan rasa gatal yang sulit tertangani. Rasa gatal tersebut tidak melulu hadir di bagian kepala, melainkan juga bisa di daerah sekitarnya. Beberapa tempat di tubuh yang kerap terasa ikut gatal karena ulah kutu rambut, yakni di bagian belakang telinga, leher, hingga bahu.

Rasa gatal tersebut merupakan efek dari alergi yang ditimbulkan oleh gigitan kutu rambut di kepala Anda. Sayangnya, rasa gatal tersebut tidak bisa segera disadari saat kutu rambut baru berpindah ke kepala. Anda baru dapat merasakan gatal yang merupakan ulah dari serangga kecil tersebut setelah 4—6 minggu keberadaannya di kepala Anda.

  • Temuan Telur Kutu

Kutu rambut memang sulit terlihat karena ukurannya yang sangat kecil dan ia menyamarkan diri di batang rambut yang warnanya kurang lebih mirip dengan warna kulitnya. Anda justru bisa lebih mudah mengidentifikasi ada tidaknya kutu rambut di kepala Anda melalui telurnya.

Ukuran telur kutu rambut memang lebih kecil daripada kutu rambut sendiri. Namun, warna telur yang keputihan membuat ia lebih mudah terlihat berbeda dibandingkan warna rambut Anda. Telur kutu rambut umumnya juga berada di batang rambut terluar sehingga lebih mudah terlihat dan ditemukan. Jika sudah menemukannya, cobalah cari segera obat kutu rambut untuk penanganan tercepat.

  • Sulit Tidur

Jangan terburu-buru menilai kebiasaan Anda yang sulit tidur tepat waktu merupakan indikasi insomnia. Bisa jadi, kebiasaan Anda yang sulit tidur karena adanya kutu rambut yang bersemayam di kepala Anda.

Kutu rambut memberikan efek rasa gatal dan panas di kepala. Kondisi ini secara tidak langsung memengaruhi kualitas tidur Anda. Karena itu jika Anda akhir-akhir ini mengalami kondisi sulit tidur yang disertai rasa panas di kepala, Anda bisa meningkatkan kecurigaan bahwa ada Pediculus humanus capitis di kulit kepala Anda.

  • Luka dan Benjolan Merah

Isapan kutu rambut untuk menyedot darah dari kulit kepala Anda cenderung meninggalkan bekas. Bekas tersebut awalnya memang sangat kecil dan tidak terasa, namun lama-kelamaan akan membesar dan menjadi luka yang terasa sakit.

Tidak jarang luka bekas isapan kutu rambut akan membentuk benjolan merah yang rasanya perih. Hanya saja, masih banyak orang salah menilai benjolan merah yang timbul sebagai bekas isapan kutu rambut adalah benjolan akibat iritasi akibat udara yang terlalu panas.

***

Semakin lama dibasmi, keberadaan kutu rambut di kepala Anda akan semakin sulit dihilangkan secara total. Karena itu jika mengalami gejala-gejala di atas, segera memakai obat kutu rambut terpercaya atau pergi ke dokter adalah pilihan yang bijak.

Read More

Inilah yang Membuat Bibir jadi Hitam atau Pucat

Salah satu bagian wajah yang menjadi pusat perhatian ketika seseorang berbicara atau berbincang dengan orang lain adalah bibir. Karena itu, tampil dengan bibir yang sehat berwarna merah natural bisa semakin menambah kepercayaan diri, namun bagaimana dengan bibir pucat. Bibir yang tampak tidak sehat dan menandakan seseorang sedang dalam keadaan sakit.

Banyak para perempuan yang mengeluh karena memiliki bibir dengan warna gelap dan cenderung kehitaman. Sebaliknya kaum hawa menginginkan memiliki bibir dengan warna merah muda dan tampak kemerahan, hal ini diperlukan agar penampilan wajah menjadi lebih menarik karena tampak cantik dan segar.

Penyebab Bibir Hitam

Kondisi bibir kehitaman ini dipengaruhi beberapa faktor, baik itu internal maupun eksternal karena pada umumnya setiap bibir memiliki warna dasar masing-masing. Berikut ini beberapa kondisi yang menyebabkan bibir seseorang menjadi hitam dan terlihat tidak segar ketika dipandang mata lawan bicara.

  • Sinar Matahari

Paparan sinar matahari secara terus menerus membuat tubuh memproduksi melanin yang membuatnya bisa menyerap sinar ultraviolet. Ini merupakan cara kulit untuk bisa melindungi dirinya.

Selain itu juga membuat kulit dan bibir berubah menjadi kehitaman. Langkah cepat mencegah kondisi ini bisa dengan menggunakan sun protection yang melindungi bibir dari paparan sinar matahari.

  • Merokok

Kandungan di dalam rokok seperti nikotin dan benzyrene pada asap tembakau, dua kandungan ini bisa mendorong munculnya produksi melanin pada kulit. Melanin yang muncul dapat memicu perubahan warna pada bibir hingga menjadi lebih gelap, memang tidak secara langsung tetapi proses ini secara terjadi secara bertahap karena adanya produksi melanin.

  • Obat-obatan

Terdapat beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan adanya hiperpigmentasi, obat ini biasanya seperti antimalaria dan minocycline antibiotik oral. Meski demikian, pada umumnya warna kulit akan kembali normal seperti semula setelah orang tersebut sudah tidak lagi mengonsumsi lagi obat yang sebelumnya dipakai.

Penyebab Bibir Pucat

Bibir yang terlihat pucat bisa terjadi karena seseorang dalam keadaan kedinginan atau ketakutan, bahkan hal ini menjadi ucapan populer ‘takut sampai pucat pasi’. Kondisi ini terjadi karena pada saat takut pembuluh darah akan menyempit sehingga lebih sedikit darah yang mengalir ke bibir. Sementara itu, bibir merupakan mukosa yang di bawahnya terdapat banyak pembuluh darah.

Pucat yang muncul terjadi jika pembuluh darah menyempit atau vasokontriksi atau juga masuk dalam kondisi takut dan kedinginan. Hal ini tentu mengganggu, terlebih bagi seorang perempuan yang selalu memperhatikan penampilan. Untuk itu diperlukan beberapa cara untuk mengatasi kondisi tersebut.

Salah satu cara yang kerap diandalkan para perempuan mengatasi kondisi ini adalah pemakaian lipstik, hal ini dilakukan banyak perempuan untuk mempercantik bibir. Namun perlu diketahui untuk tidak sampai salah dalam menggunakan lipstik, cara pemakaian yang salah bisa menyebabkan bibir mengalami hiperpigmentasi dan menyebabkan bibir pucat.

Hal ini dikarenakan tidak semua produk pewarna bibir mengandung bahan yang aman untuk bibir, meski bibir merupakan salah satu anggota tubuh dengan kulit yang tipis. Pastikan memilih produk lipstik yang sudah terdaftar di BPOM demi keamanan yang lebih terjamin. Selain itu, terdapat perawatan khusus yang dilakukan untuk jenis lipstik tertentu.

Selain itu, setelah menggunakan lipstik jangan sampai lupa untuk membersihkan bibir dengan menggunakan lip remover. Namun, perhatikan untuk menghindari makeup remover yang tidak dirancang secara khusus untuk bibir. Alternatif lain, bisa memanfaatkan baby oil atau dengan minyak zaitun untuk membersihkannya.

Read More

Feses Hitam (Melena)

Feses hitam melena adalah tinja yang dikeluarkan dengan warna hitam dari tubuh manusia dimana kondisi tersebut disebabkan karena adanya perdarahan saluran cerna atas.

Saluran cerna atas meliputi kerongkongan atau esofagus, lambung, dan usus halus. Seseorang dapat mengeluarkan tinja berwarna hitam karena telah mengalami proses pencernaan sebelum dikeluarkan.

Feses hitam (melena) bukan penyakit, namun merupakan sebuah gejala. Feses hitam bisa saja menimbulkan kondisi medis yang serius. Oleh karena itu, setiap manusia perlu waspada terhadap gejala seperti ini.

Gejala

Orang-orang yang mengalami melena mengeluarkan tinja hitam seperti tinta hitam yang terdapat pada pulpen. Tidak hanya itu, gejala melena juga disertai dengan:

  • Tinja berbau busuk.
  • Tekstur tinja yang lengket.
  • Muntah darah berwarna merah kehitaman.
  • Nyeri di bagian perut.

Penyebab

Orang-orang yang terkena melena disebabkan karena adanya perdarahan di saluran pencernaan atas. Berikut adalah beberapa hal yang dapat memicu terjadinya masalah tersebut:

  • Tukak lambung.
  • Ulkus duodenum.
  • Robekan di bagian dinding kerongkongan atau lambung.
  • Pecahnya varises pada kerongkongan.
  • Tumor pada esofagus atau lambung.
  • Sindrom Mallory-Weiss.
  • Penggunaan obat-obatan seperti aspirin dan obat pengencer darah.
  • Terapi radiasi seperti endoskopi.

Beberapa bayi yang baru lahir juga bisa berpotensi mengalami melena karena menelan darah selama proses persalinan.

Diagnosis

Jika Anda terkena melena, Anda sebaiknya konsultasikan masalah ini ke dokter. Dokter akan menanyakan terkait dengan kondisi Anda. Setelah itu, dokter akan memeriksa kondisi Anda dengan beberapa cara sebagai berikut:

  • Pemeriksaan darah dan feses

Pemeriksaan darah adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memeriksa kadar oksigen dan zat besi pasien. Dokter juga dapat mengambil sampel darah dan feses untuk mengetahui jika adanya perdarahan.

  • Tes pernafasan

Tes pernafasan juga dapat dilakukan oleh dokter untuk mengetahui jika pasien terkena infeksi, termasuk yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori.

  • Endoskopi

Endoskopi juga dapat dilakukan untuk memeriksa sistem saluran cerna bagian atas pasien. Caranya dengan memasukkan selang kecil yang terdapat kamera di bagian ujung ke dalam lambung melalui kerongkongan.

Cara ini dapat membantu dokter mengetahui jika pasien mengalami perdarahan di saluran tersebut. Dokter juga dapat mengambil sampel jaringan untuk pemeriksaan lebih lanjut melalui mikroskop.

  • CT scan atau X-ray

Pemindaian tersebut dapat menunjukkan lokasi sumber perdarahan seperti robekan atau tumor.

  • Angiogram

Angiogram dapat dilakukan untuk menghentikan perdarahan dari pembuluh darah pasien. Angiogram juga melibatkan cairan pewarna yang disuntikkan ke dalam pembuluh darah.

Pengobatan

Dokter menganjurkan berbagai cara untuk mengobati feses hitam, namun bergantung pada penyebabnya. Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan:

  • Cairan infus

Cairan infus dapat dilakukan untuk mengobati feses hitam.

  • Obat-obatan

Penggunaan obat juga dapat dilakukan untuk mengurangi kadar asam lambung di dalam tubuh, jika melena disebabkan oleh tukak lambung. Penggunaan obat sebaiknya sesuai anjuran dokter.

  • Endoskopi

Endoskopi juga dapat dilakukan untuk mengatasi perdarahan di saluran cerna pasien. Caranya dengan menjepitkan pembuluh darah.

  • Transfusi darah

Transfusi darah dapat dilakukan jika pasien mengalami perdarahan yang parah.

  • Operasi

Operasi bisa menjadi pilihan lain yang perlu dilakukan jika pasien mengalami kondisi yang sangat buruk seperti perdarahan atau tumor, dan jika pengobatan lain tidak dapat dilakukan.

Pencegahan

Anda juga dianjurkan untuk melakukan beberapa hal untuk mencegah feses hitam (melena). Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Berhenti mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan melena.
  • Jangan merokok.
  • Jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol atau kafein.
  • Konsumsi makanan sehat.
  • Perbanyak minum air putih.
Read More

Fungsi Sitoplasma di Sel Hewan dan Tumbuhan

Makhluk hidup terdiri dari bagian-bagian yang tak terhingga. Mulai dari yang terkecil hingga yang dapat dilihat secara kasat mata. Sel merupakan bagian terkecil dari organisme hidup, termasuk pada hewan dan tumbuhan. Di dalam serangkaian sel tersebut terdapat bagian yang disebut sitoplasma. Sama seperti bagian lainnya, fungsi sitoplasma tak kalah beragam dan unik untuk dipelajari.

Sama seperti manusia, sitoplasma yang terdapat di hewan dan tumbuhan tersusun atas organel-organel. Masing-masing organel tersebut memiliki peran dan tugasnya sendiri. Fungsi organel pada sitoplasma yang ada di hewan dan tumbuhan cenderung sama, yang terlihat berbeda hanya di fungsi Vakuola.

Vakuola di dalam sitoplasma memegang peranan untuk menyimpan zat makanan bagi sitoplasma. Vakuola secara umum terdapat pada tumbuhan. Sedangkan pada sel hewan, vakuola mempunyai peran yang tidak terlalu besar jika dibandingkan pada tumbuhan.

Secara umum fungsi vakuola pada sel tumbuhan sebagai berikut:

  • Mengolah makanan serta membuang sisa hasil proses makan.
  • Menyimpan bahan makanan yang terlarut sebagai contoh garam mineral dan sukrosa  yang sewaktu-waktu dapat dimanfaatkan oleh sitoplasma serta fungsinya juga mengumpulkan zat sisa yang tidak terpakai lagi.
  • Menyeimbangkan tekanan osmosis di dalam sel hewan.
  • Membantu dalam proses sintesis fosfolipid dan menjadi tempat penyimpanan dari hasil sintesa tersebut.
  • Membantu dalam proses sirkulasi berbagai zat yang terdapat dalam sel hewan.

Berdasarkan fungsinya organel vakuola pada sel hewan, dapat kita bagi menjadi dua yaitu:

  • Vakuola denyutan atau  gerakan, mempunyai fungsi mengumpulkan dan mengeluarkan zat sisa hasil proses metabolisme. Yang mana zat sisa tersebut berbentuk cairan yang juga mempunyai peran yaitu mengendalikan kadar air dan garam yang terdapat pada tubuh hewan.
  • Vakuola makanan, mempunyai fungsi dalam mengolah makanan yang nantinya hasil dari proses ini akan disebarkan ke seluruh bagian sel pada tubuh hewan.

Selain Vakuola, organel lain yakni Mitokondria, Badan Golgi, Ribosom, dan Lisosom. Lebih lanjut, berikut beberapa fungsi sitoplasma pada hewan dan tumbuhan:

  • Fungsi Sitoplasma pada Sel Hewan

Apa saja fungsi sitoplasma pada hewan:

  • Sitoplasma berfungsi sebagai tempat penyimpanan berbagai jenis zat kimia yang nantinya akan berguna bagi proses metabolisme tubuh hewan. Contoh zat kimia yang disimpan di dalam sitoplasma adalah enzim, ion, gula, lemak, dan protein.
  • Sebagai tempat terjadinya pertukaran zat di dalam sel. Sitoplasma merupakan satu-satunya media yang digunakan ketika terjadi proses pertukaran zat dalam sel.
  • Sitoplasma juga berperan untuk menjaga proses metabolisme dalam tubuh bisa berjalan dengan lancar dan bekerja tanpa adanya hambatan.
  • Dapat dikatakan bahwa sitoplasma juga menjadi tempat semua pekerjaan sel dilakukan. Hal inilah yang menjadikan peran sitoplasma sangat penting dalam sel.
  • Salah satu fungsi lain dari sitoplasma juga menyokong seluruh isi dalam sel. Di dalam sitoplasma terdapat sitoskeleton yang berfungsi untuk menjaga dan mempertahankan posisi organel-organel sehingga tidak bergeser dari tempatnya masing-masing.
  • Jika terdapat protein dan senyawa di dalam sel juga bisa dilarutkan oleh sitoplasma. Sehingga dapat dikatakan bahwa banyak pekerjaan penting yang dilakukan oleh sitoplasma.
  • Sitoplasma karena digunakan sebagai tempat pertukaran zat dan perubahan zat, maka bisa juga difungsikan sebagai perantara atau media transfer bahan yang berasal dari luar sel ke dalam inti sel.
  • Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa di dalam sitoplasma terdapat proses pembongkaran dan penyusunan zat-zat tertentu yang harus melalui reaksi kimia. Beberapa proses yang berlangsung di dalam sitoplasma ini antara lain adalah proses pembentukan energi, glikolisis anaerob, dan sintesis asam lemak, asam amino, protein, dan nukleotida.
  • Fungsi Sitoplasma pada Sel Tumbuhan

Fungsi sitoplasma pada tumbuhan hampir sama dengan fungsi sitoplasma bagi sel binatang, yakni sama-sama bekerja untuk menyediakan dukungan internal struktur karean menjadi semacam media untuk suspensi keduanya. Lebih lengkapnya:

  • Sebagai tempat penyimpanan bahan kimia gua metabolisme sel, seperti protein, enzim, dan lemak.
  • Sarana penyerapan air sesuai yang dibutuhkan
  • Bertugas menjaga stabilitas air yang ada pada sel
  • Pelarut protein dan senyawa yang dimiliki sel
  • Memberikan perlindungan pada organel-organel sel, karena berfungsi seperti kerangka sehingga memberikan bentuk terhadap organel-organel sel tersebut.
  • Pengontrol interaksi antara sel dengan lingkungan luar sel
  • Fasilitator yang membuat organel dapat bergerak karena adanya aliran sitoplasma
  • Tempat sintesis protein oleh ribosom dan metabolisme sitosolik glikolisis

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai fungsi sitoplasma dari hewan dan tumbuhan yang bisa ketahui. Dari sana dapat kita pahami bahwa tumbuhan yang terlihat sederhana saja memiliki pendalaman yang begitu rumit pada proses penciptaan dan kehidupannya.

Read More

Sampah Plastik Berdampak Serius Bagi Kesehatan

dampak sampah plastik

Polusi plastik telah menjadi salah satu masalah lingkungan yang paling mendesak di seluruh dunia, apalagi negara kita sudah menjadi produsen sampah plastik terbesar nomor 2 di dunia. Hasil data dari McKinsey and Co and Ocean Conservancy menyatakan Indonesia menjadi produsen sampah plastik kedua terbesar setelah China. Selain berdampak pada lingkungan, sampah plastik juga memiliki dampak yang cukup memprihatinkan bagi kesehatan.

Polusi plastik adalah ketika plastik telah berkumpul di suatu daerah dan mulai berdampak negatif terhadap lingkungan alam dan menciptakan masalah bagi tanaman, satwa liar, dan bahkan populasi manusia. Hal ini termasuk membunuh kehidupan tanaman dan membahayakan hewan lokal. Plastik merupakan bahan yang sangat berguna, tetapi juga terbuat dari senyawa beracun yang diketahui menyebabkan penyakit, dan karena dimaksudkan untuk ketahanan, plastik tidak dapat terurai secara hayati.

Berikut fakta mengenai plastik:

  • Setengah dari semua plastik yang pernah diproduksi telah dibuat dalam 15 tahun terakhir.
  • Produksi meningkat secara eksponensial, dari 2,3 juta ton pada tahun 1950 menjadi 448 juta ton pada tahun 2015. Produksi diperkirakan akan berlipat ganda pada tahun 2050.
  • Setiap tahun, sekitar 8 juta ton sampah plastik lolos ke lautan dari negara-negara pesisir. Hal tersebut sama dengan mengatur lima kantong sampah penuh sampah di setiap kaki garis pantai di seluruh dunia.
  • Plastik sering mengandung aditif yang membuatnya lebih kuat, lebih fleksibel, dan tahan lama. Tetapi banyak dari aditif ini dapat memperpanjang umur produk jika mereka menjadi sampah, dengan perkiraan setidaknya 400 tahun untuk dipecah.

Pada setiap tahap siklus hidupnya, plastik memiliki resiko yang berbeda terhadap kesehatan manusia, yang timbul dari paparan partikel plastik itu sendiri dan bahan kimia terkait. Berikut dampak sampah plastik pada kesehatan manusia:

  • Ekstraksi dan transportasi bahan baku fosil untuk plastik, yang melepaskan serangkaian zat beracun ke udara dan air, termasuk yang memiliki dampak kesehatan yang diketahui seperti kanker, neurotoksisitas, toksisitas reproduksi dan perkembangan, dan gangguan sistem kekebalan tubuh.
  • Pengilangan dan produksi resin dan aditif plastik, melepaskan zat karsinogenik dan zat beracun lainnya ke udara, dengan efek termasuk gangguan sistem saraf, masalah reproduksi dan perkembangan, kanker, leukemia, dan dampak genetik seperti berat badan lahir rendah.
  • Produk dan kemasan konsumen, yang dapat menyebabkan plastik tertelan dan atau terhirupnya partikel-partikel mikroplastik dan ratusan zat beracun
  • Pengelolaan sampah plastik, terutama “limbah-ke-energi” dan bentuk insinerasi lainnya, melepaskan zat beracun termasuk logam berat seperti timbal dan merkuri, gas asam dan bahan partikulat, yang dapat masuk ke udara, air, dan tanah yang menyebabkan langsung maupun tidak langsung resiko kesehatan bagi pekerja dan masyarakat sekitar.
  • Fragmen dan mikroplastik, yang masuk ke tubuh manusia secara langsung dan mengarah ke serangkaian dampak kesehatan (termasuk peradangan, genotoksisitas, stres oksidatif, apoptosis, dan nekrosis) yang terkait dengan hasil kesehatan negatif mulai dari penyakit kardiovaskular hingga kanker dan kondisi autoimun.
  • Paparan Cascading sebagai plastik terdegradasi, yang selanjutnya melepaskan bahan kimia beracun terkonsentrasi dalam plastik ke lingkungan dan tubuh manusia.
  • Eksposur lingkungan yang berkelanjutan saat plastik mencemari dan menumpuk di rantai makanan melalui tanah pertanian, rantai makanan darat dan air, dan pasokan air, menciptakan peluang baru bagi kesehatan manusia.

Ternyata dampak sampah plastik sangatlah membahayakan, baik bagi kesehatan maupun lingkungan. Lain kali saat Anda berbelanja, jangan lupa membawa tas belanja untuk mengurangi plastik. Selain itu, cobalah untuk hindari membeli barang-barang dengan kemasan yang terlalu banyak. Dengan cara ini Anda dapat membantu berkontribusi terhadap lingkungan dalam bentuk mengurangi polusi plastik yang efek buruknya tidak dapat dipulihkan.

Read More

Jenis Arthritis yang Perlu Anda Ketahui

Arthritis adalah peradangan atau pembengkakan pada salah satu sendi atau lebih. Gejala spesifik dari arthritis bervariasi, tergantung pada jenis artritis, tetapi pada umumnya adalah nyeri sendi dan kekakuan.

Terdapat lebih dari 100 jenis arthritis dan kondisi terkait dengan radang sendi atau arthritis.

Arthritis mempengaruhi lebih dari 50 juta orang dewasa dan 300.000 anak-anak di Amerika.

Berikut adalah jenis umum arthritis:

  1. Osteoartritis

Kebanyakan orang memiliki kondisi osteoartritis dibandingkan jenis arthritis lainnya. Osteoartritis adalah kondisi yang terjadi ketika sendi Anda terlalu sering digunakan. Hal ini biasanya terjadi seiring bertambahnya usia, tetapi juga bisa berasal dari cedera sendi atau obesitas, yang memberi tekanan ekstra pada sendi Anda.

Gejala yang umum terjadi adalah:

  • Nyeri sendi
  • Kekakuan pagi hari
  • Kurang koordinasi
  • Meningkatkan kecacatan
  1. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis adalah jenis penyakit autoimun di mana tubuh Anda menyerang jaringan sendi yang sehat.

Gejala umum rhematoid arthritis meliputi kekakuan di pagi hari dan nyeri sendi, biasanya pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh Anda. Kelainan bentuk sendi dapat berkembang akibat arthritis jenis ini.

Gejala tambahan juga dapat berkembang di bagian lain tubuh Anda termasuk jantung, paru-paru, mata, atau kulit. Sindrom Sjögren sering terjadi dengan rhematoid arthritis, kondisi yang menyebabkan mata dan mulut sangat kering.

  1. Artritis psoriatik

Sekitar 30% dari orang yang menderita psoriasis juga akan menderita psoriatic arthritis. Biasanya, Anda akan mengalami psoriasis sebelum memiliki artritis psoriatik.

Yang paling umum terinfeksi adalah jari-jari Anda, tetapi kondisi ini juga mempengaruhi sendi lain. Artritis psoriatik dapat menyebabkan jari berwarna merah muda yang tampak seperti sosis dan degradasi pada kuku. Selain itu, penyakit ini dapat melibatkan tulang belakang Anda, menyebabkan kerusakan yang mirip dengan spondilitis ankilosa.

  1. Gout

Gout adalah bentuk radang sendi yang disebabkan oleh akumulasi kristal urat di dalam sendi Anda. Tingginya kadar asam urat dalam darah Anda dapat membuat Anda berisiko terkena gout atau asam urat.

  1. Lupus erythematosus

Sistemik lupus erythematosus adalah penyakit autoimun lain yang dapat memengaruhi persendian dan banyak jenis jaringan ikat di tubuh Anda. Jenis arthritis ini juga dapat merusak organ lain, seperti:

  • Kulit
  • Paru-paru
  • Ginjal
  • Jantung
  • Otak

Penyebab dan pengobatan arthritis bervariasi, untuk menemukan perawatan dan manajemen, sangat penting untuk menentukan jenis arthritis yang Anda miliki. Jika Anda mengalami nyeri persendian, kekakuan, atau gejala lain, segera bicarakan dengan dokter Anda.

Read More