Category Penyakit

Angiogenesis dan Kanker: Seperti Apa Hubungannya?

Angiogenesis dan Kanker: Seperti Apa Hubungannya?

Pernahkah Anda mendengar tentang angiogenesis? Angiogenesis adalah proses pembentukan pembuluh darah baru dari pembuluh darah yang telah ada sebelumnya. Angiogenesis merupakan suatu proses alami yang dialami oleh siapapun. 

Pembuluh darah bertugas membawa oksigen dan juga nutrisi bermanfaat untuk disebarkan ke seluruh jaringan tubuh. Selain itu, pembuluh darah juga dapat menjadi tempat mengalirnya darah kotor dari produksi racun maupun zat-zat sisa dalam tubuh yang nantinya akan dibersihkan kembali. 

Ketika jaringan baru bertumbuh, maka akan muncul juga pembuluh darah baru yang terhubung pada jaringan tersebut. Proses inilah yang dimaksud dengan angiogenesis.

Apa sebenarnya angiogenesis?

Angiogenesis akan terjadi, seperti ketika pemulihan luka maupun proses pembentukan plasenta selama periode kehamilan. Proses ini normal dan dibutuhkan oleh tubuh.

  • Angiogenesis baik (normal)

Jaringan tubuh yang baru tumbuh membutuhkan pembuluh darah baru sebagai jalan distribusi oksigen dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Kondisi ini dikenal sebagai angiogenesis baik. Proses angiogenesis baik ini dikontrol oleh dua zat yang bertugas saling menyeimbangkan, antara lain zat yang bertugas merangsang dan menghambat proses angiogenesis. Tubuh akan secara alami mengatur kadar masing-masing zat tersebut, kapan memproduksi zat perangsang angiogenesis dan kapan memperlambat proses produksinya.

Sayangnya, dalam beberapa kasus, tubuh dapat kehilangan kemampuan untuk menyeimbangkan dua zat tadi, sehingga memicu gangguan pada proses angiogenesis. Sebagai contoh, pembuluh darah dapat saja tidak dapat mencukupi kebutuhan tubuh atau justru ia akan terbentuk secara berlebihan.

  • Angiogenesis buruk dan hubungannya dengan kanker

Berbalikan dengan angiogenesis baik, angiogenesis buruk sering kali dikaitkan dengan penyakit tertentu, seperti kanker. Ketika jaringan timbul berasal dari sel abnormal, seperti timbulnya tumor atau kanker dalam tubuh, proses angiogenesis juga terjadi.

Sejauh ini telah diketahui terdapat dua peranan angiogenesis bagi kanker, yaitu membantu sel kanker tumbuh dan menyebar. Saat jaringan kanker baru tumbuh sebesar satu milimeter, jaringan ini akan membutuhkan pembuluh darah sebagai pembawa makanan agar ia tetap dapat terus tumbuh dan bertahan. Angiogenesis dalam konteks ini akan bekerja membentuk pembuluh darah baru yang terhubung pada jaringan kanker tadi. 

Sementara itu, pembuluh darah baru juga akan terbentuk dan berfungsi sebagai pemberi makan untuk jaringan kanker yang lantas membuatnya terus tumbuh dan berkembang. Pembuluh darah baru ini juga akan dimanfaatkan oleh jaringan kanker dalam menyebarkan sel kanker pada jaringan lain (metastasis). Kondisi ini membuat sel-sel kanker berpindah dari organ tempat awal timbulnya kanker menjalar ke organ lain yang bersih. Sel kanker yang terus tumbuh membutuhkan dua faktor:

  1. Faktor perangsang proses angiogenesis yang akan membentuk pembuluh darah baru secara terus menerus.
  2. Faktor penghambat angiogenesis menjadi tidak aktif.

Kedua faktor ini membuat pembuluh darah baru terus terbentuk dan memberikan pasokan tumor. Pembuluh darah yang memiliki kepadatan yang tinggi pada suatu tumor, berisiko lebih tinggi juga dalam menyebarkan sel tumor tersebut.

Mengobati kanker dengan antiangiogenesis, efektifkah?

Prosedur pengobatan saat ini menitikberatkan pada faktor pemicu angiogenesis dengan bantuan obat-obatan, yang disebut obat antiangiogenesis. Tugasnya, yaitu untuk mencegah pembentukan pembuluh darah baru dan menghentikan pasokan makanan bagi tumor. Dengan begitu, secara perlahan sel kanker akan terbunuh.

Sebagai catatan, obat antiangiogenesis tidak dapat membunuh sel kanker secara langsung. Prosedur pengobatan dengan obat antiangiogenesis ini memerlukan kombinasi dengan metode pengobatan lain, seperti radiasi, kemoterapi, dan pembedahan. 

Read More

Muntah Busa: Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Muntah busa sebenarnya bukan suatu penyakit

Muntah adalah suatu kondisi yang menandakan adanya masalah kesehatan dan gejala yang cukup umum terjadi. Kondisi ini ditandai dengan isi lambung yang dipaksa untuk keluar melalui mulut. Meskipun bukan masalah kesehatan yang langka, namun dalam kasus tertentu, seseorang dapat mengalami muntah busa putih atau warna tertentu. Jika Anda pernah mengalami kondisi seperti ini, biasanya hal tersebut merupakan salah satu gejala adanya gangguan pencernaan.

Lalu, apa penyebab muntah busa dan mengapa kondisi dapat terjadi?

Penyebab muntah busa putih

Penyebab muntah busa putih yang utama adalah masalah pencernaan, seperti maag atau GERD, keracunan makanan, diare, hingga infeksi pada saluran cerna. Di samping itu, muntah busa putih juga dapat disebabkan oleh kehamilan, kelelahan, atau kondisi stres. 

Kebanyakan kasus muntah busa, biasanya orang akan mengalami muntah yang disertai dengan air dan berbusa warna putih atau bening. Kondisi ini terbilang cukup wajar. Jika memang Anda sebelumnya tidak mengonsumsi makanan maupun minuman apapun sebelum muntah, maka muntah busa tadi berasal dari gas lambung. Hal tersebut berlaku sebaliknya, jika Anda telah mengonsumsi makanan atau minuman sebelum muntah, seperti minum susu atau mengonsumsi produk olahan susu, maka busa putih yang muncul disebabkan, karena makanan atau minuman yang telah dikonsumsi.

Bagaimana GERD dapat memicu muntah busa?

GERD (gastroesophageal reflux) atau penyakit asam lambung naik adalah jenis gangguan pencernaan yang terjadi saat asam lambung naik kembali melalui saluran yang menghubungkan mulut dengan perut (esofagus). GERD disebabkan oleh pelemahan katup (sfingter) yang berada dalam saluran kerongkongan pada bagian bawah. Dalam kondisi normal, katup tersebut akan berkontraksi dan menutup saluran kerongkongan secara alami setelah makanan turun ke lambung. Namun, pada penderita GERD, katup tersebut tidak dapat bekerja dengan baik, sehingga asam lambung naik kembali ke kerongkongan. 

Selain GERD, penyakit gastritis juga ternyata dapat memicu muntah busa. Kondisi ini terjadi saat munculnya peradangan dan iritasi yang disebabkan oleh pengikisan lapisan dinding lambung, karena kelebihan asam lambung, kebiasaan mengonsumsi alkohol secara berlebihan, dan efek samping dari konsumsi obat nyeri jangka panjang. 

Apakah muntah busa akibat GERD dapat dicegah?

Muntah busa akibat GERD sebenarnya dapat dicegah dengan memerhatikan pola makan sehat. Selain itu, Anda juga dapat melakukan hal yang direkomendasikan seperti di bawah ini:

  • Hindari berbaring langsung selepas makan

Selepas menghabiskan makanan, mungkin Anda akan merasa mengantuk dan memiliki keinginan untuk berbaring. Sayangnya, hal ini tidak dapat dibenarkan. Berbaring atau bahkan tidur setelah makan berisiko memicu asam lambung kembali naik ke kerongkongan. 

Jika Anda ingin berbaring, maka lakukanlah dengan jeda waktu 2-3 jam setelah makan. Dengan begitu, sistem pencernaan dapat mengolah makanan yang baru saja dikonsumsi secara optimal.

  • Hentikan kebiasaan merokok

Memang, kebiasaan merokok tidak berhubungan langsung dengan penyebab muntah busa. Namun, tanpa Anda sadari, kebiasaan merokok dapat menyebabkan asam lambung kambuh dan kembali naik ke kerongkongan. Jika dibiarkan, nikotin yang ada dalam rokok dapat mengganggu fungsi otot sfingter esofagus bawah, sehingga memperbesar risiko GERD kambuh.

  • Hindari konsumsi air terlalu banyak ketika makan

Tanpa Anda sadari, minum terlalu banyak air di saat yang bersamaan ketika sedang menyantap hidangan dapat mencairkan asam lambung. Kondisi ini akan mengganggu proses pencernaan makanan yang baru saja dikonsumsi.  

Read More

Informasi Biaya Cabut Gigi Bungsu Lengkap dengan Prosedur Pencabutan

Ketika Anda mendengar tentang prosedur cabut gigi, mungkin Anda akan mengaitkannya dengan cabut gigi anak-anak. Padahal, orang dewasa juga bisa saja mendapati prosedur tersebut. Perbedaannya, biaya cabut gigi, terutama gigi bungsu jauh lebih mahal jika dibanding dengan cabut gigi untuk anak.

Berapa biaya cabut gigi bungsu pada orang dewasa?

Permasalahan gigi pada orang dewasa umumnya berkisar tentang cabut gigi geraham bungsu. Biaya cabut gigi yang perlu dikeluarkan bervariasi, tergantung dari prosedur, kondisi atau permasalahan yang akan ditangani, hingga tempat praktik dokter gigi itu sendiri. Namun, jika mengambil biaya cabut gigi bungsu secara rata-rata, nilainya berkisar mulai dari 2-5 juta untuk tiap giginya. Biaya cabut gigi ini biasanya dapat lebih murah jika dilakukan di puskesmas atau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dengan kisaran harga 500 ribu-1 juta per gigi.

Selain biaya di atas, umumnya terdapat biaya rontgen gigi panoramik yang merupakan prosedur wajib sebelum pencabutan gigi bungsu dilakukan. Perbedaan biaya biasanya terletak pada kebijakan laboratorium tempat Anda melakukan rontgen. Biaya rata-rata untuk rontgen panoramik mulai dari 150-300 ribu untuk sekali foto.

Biaya cabut gigi juga dipengaruhi oleh dokter yang menangani permasalahan gigi Anda. Ada beberapa kasus yang dapat ditangani oleh dokter gigi umum, namun terdapat beberapa kasus yang perlu ditangani oleh dokter gigi spesialis bedah mulut.

Kondisi atau permasalahan gigi bungsu yang Anda alami juga memengaruhi biaya cabut gigi. Semakin parah kondisi yang dialami, maka prosedur cabut gigi juga akan semakin rumit. Terdapat beberapa faktor penyulit yang menentukan jalannya prosedur pencabutan gigi:

  • Pasien dengan riwayat penyakit jantung, hipertensi, diabetes, atau penyakit kronis lain.
  • Posisi gigi bungsu yang terletak dekat dengan saraf lain di rahang bawah, seperti dagu, saraf untuk lidah, dan bibir. Kondisi ini rawan menimbulkan kerusakan saraf.
  • Gigi bungsu terlalu rapuh, sehingga menyulitkan proses pencabutan.
  • Gigi geraham kedua (yang berada di depan geraham bungsu) lokasinya terlalu miring, sehingga menutup jalan untuk mencabut gigi dan menyempitkan jalur pencabutan gigi.

Empat faktor yang disebutkan tadi berisiko menimbulkan komplikasi, baik saat maupun setelah proses prosedur cabut gigi, seperti infeksi atau perdarahan.

Setelah prosedur cabut gigi selesai, umumnya dokter akan memberikan resep obat yang dapat mempercepat penyembuhan. Biaya obat ini juga beragam, bergantung pada jenis obat yang diresepkan.

Bagaimana prosedur cabut gigi geraham bungsu dilakukan?

Prosedur cabut gigi dapat dilakukan sesaat setelah Anda menyadari bahwa pertumbuhan gigi bungsu keluar dari area gusi yang seharusnya. Sebagai contoh, cabut gigi geraham bungsu dilakukan ketika gigi tersebut tumbuh ke arah gigi geraham sebelahnya, ke bagian belakang mulut, tertanam di dalam tulang rahang, atau karena tidak cukupnya ruang untuk tumbuh gigi.

Arah pertumbuhan gigi geraham bungsu ini dapat diketahui dengan prosedur rontgen panoramik. Hasil foto tersebut akan menentukan prosedur operasi apa yang sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

Operasi cabut gigi bungsu biasanya berlangsung untuk beberapa jam. Sebelumnya, akan dilakukan proses pembukaan pada gusi untuk memberikan jalan keluar gigi lebih lebar. Gusi yang menjadi tempat tumbuh gigi bungsu tersebut akan dijahit setelah proses operasi selesai. Jahitannya akan dilepas dalam seminggu ke depan, jika dokter tidak menemukan adanya risiko komplikasi atau infeksi.

Read More

Perhatikan Ini dalam Membuat Menu Makanan Bayi

Memulai memberi makan bayi dengan makanan semi padat menjadi momen yang mengharukan sekaligus mengkhawatirkan. Anda mungkin akan sangat gembira karena si kecil akan memulai petualangannya mencicipi makanan dan mendapat nutrisi tambahan. Di sisi lain, perasaan khawatir pasti mencuat mengenai cocok tidaknya menu makanan bayi yang hendak diberikan kepada buah hati.

Bagaimanapun, anak Anda tetaplah bayi yang memiliki keterbatasan dalam hal pencernaan. Berhati-hati memilih menu makanan bayi menjadi mutlak guna menghindari masalah kesehatan menghampiri.

Untuk itu, beberapa hal mesti Anda mestikan ketika hendak memberikan si kecil makanan pertamanya. Berikut ini adalah beberapa hal yang mesti Anda lakukan dan hindari ketika memberikan bayi Anda makan pada tahap awal.

  1. Mulailah dengan Satu Jenis

Ketika hendak mulai memberikan bayi Anda makanan semi padat, Anda berada di posisi benar-benar tidak mengetahui sebenarnya apa saja makanan yang cocok atau tidak baginya. Jalan terbaik untuk mengetahuinya adalah memberi menu makanan bayi secara satu per satu untuk mengecek ada tidaknya alergi pada si kecil. Jika suatu jenis makanan tidak menimbulkan indikasi tertentu pada bayi, Anda bisa mulai mencampurkannya dengan menu makanan bayi lain di minggu berikutnya.

  • Jangan Banyak-banyak

Lambung bayi Anda masihlah kecil. Jangan samakan porsi si kecil dengan porsi Anda ataupun anak-anak usia di atas 2 tahun! Umumnya ketika mulai memberikan makanan semi padat, porsi yang sesuai untuk bayi hanya sekitar setengah sendok makan. Dalam satu atau dua minggu jika tidak ada masalah, porsinya bisa Anda tigkatkan menjadi satu sendok makan tiap kali makan.

  • Tanpa Gula dan Garam

Pemakaian gula dan garam pada menu makanan bayi sangat tidak dianjurkan. Setidaknya sampai anak Anda berusia satu tahun, biarkan semua makanannya bercita rasa murni tanpa campuran rasa asin dari garam maupun manis dari gula. Tujuannya guna mencegah ginjal si kecil bekerja secara berlebihan yang berisiko menimbulkan gangguan fungsi ginjal.

  • Katakan Tidak pada Madu

Tidak bisa dimungkiri, madu masih sering dijadikan sebagai campuran menu makanan bayi. Bahkan madu kerap dioleskan di lidah si kecil guna menjadi pencegah panas dalam. Nyatanya, manfaat madu untuk bayi adalah mitos yang membayakan. Mengonsumsi madu justru bisa menyebabkan si kecil terkena penyakit botulisme sebab bahan makanan yang satu ini mengandung bakteri Clostridium botulinum. Dalam tahap parah, botulisme bahkan bisa berakibat kematian pada bayi.

  • Biarkan Asupan Lemak

Anda mungkin berpikir bahwa lemak akan mengakibatkan bayi berisiko terserang berbagai macam penyakit seperti yang terjadi pada orang dewasa. Anggapan tersebut tidaklah tepat. Ketika bayi sudah bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan, kehadiran porsi lemak dalam menu makanan bayi justru tidak boleh terlewat. Anda tidak perlu khawatir lemak memberikan efek negatif pada si buah hati. Kenyataannya, lemak bagi bayi justru berperan penting dalam perkembangan otak dan sistem sarafnya.

  • Jus? Tentu Saja Tidak!

Buah-buahan memang bisa memberikan tambahan vitamin bagi bayi Anda. Namun, jangan sekali-kali memikirkan menu makanan bayi berupa jus. Menjadikan buah sebagai jus hanya membuat serat yang terkandung dalam buah banyak yang hilang. Penambahan zat pemanis juga berisiko membuat ginjal si kecil bekerja terlalu berat. Alih-alih memberikan jus, cobalah membuat puree dari buah segar.

Menu makanan bayi yang Anda berikan kepada si kecil akan sangat menentukan kesehatan dan perkembangan tubuhnya. Jadi, pastikan menu yang Anda berikan sudah tepat dan tidak menimbulkan risiko berbahaya.

Read More

Daftar Layanan Kesehatan dan Penyakit yang Tidak DItanggung BPJS Kesehatan

Sebagai peserta BPJS Kesehatan, Anda harus tahu apa saja layanan dan penyakit yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan. Hal ini penting untuk diketahui agar tidak terjadi kesalahan saat ingin memanfaatkan layanan BPJS.

Nah, sebaiknya, sebelum berobat, penting untuk tahu jenis penyakit apa yang ditanggung dan tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Layanan yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Pihak BPJS Kesehayan memastikan empat jenis pelayanan kesehatan yang ditanggung, yaitu:

  • Pelayanan Kesehatan Tingkat I, yaitu pemeriksaan, konsultasi medis, diagnosis, tindakan medis umum, serta pelayanan obat. Fasilitas Kesehatan Tingkat I ini juga melayani laboratorium tingkat pertama, rawat inap tingkat pertama, serta transfusi darah.
  • Pelayanan Kesehatan Rujukan Lanjutan. Berbagai tindakan medis, pemeriksaan, konsultasi spesialis, diagnosis lanjutan, rehabilitasi medis, cuci darah, pengurusan jenazah, perawatan inap, forensik, dan rawat inap di ICU.
  • Ambulans juga menjadi layanan yang ditanggung BPJS Kesehatan. Ambulans yang ditanggung dari Faskes I ke Faskes lainnya dengan tujuan untuk menyelamtkan nyawa pasien
  • BIaya persalinan juga ditanggung BPJS Kesehatan bahkan hingga persalinan anak ketiga. Persalinan yang dimaksud adalah persalinan dengan proses normal atau operasi caesar dengan ketentuan yang diatur pihak BPJS.

Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Selain itu, Anda harus tahu apa saja penyakit yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan. Dengan informasi seperti ini, Anda bisa mempersiapkan langkah lain terhadap penyakit yang Anda derita.

Dalam Perpres 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan Pasal 52 sudah disebutkan manfaat pelayanan yang tidak dijamin oleh JKN-KIS atau BPJS Kesehatan ini. Namun, memang belum rinci penyakit apa saja yang tidak ditanggung BPJS.

Ada beberapa informasi penting mengenai kategori kondisi yang tidak ditanggung BPJS, apa saja itu? Berikut detailnya.

  1. Layanan kesehatan yang sudah dijamin program jaminan kecelakaaan kerja yang menjadi tanggungan pemberi kerja hingga nominalnya mencapai kesepakatan maksimal
  2. Pelayanan kesehatan yang tidak sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan
  3. Layanan kesehatan di faskes yang tidak bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, kecuali jika pasien dalam kondisi darurat
  4. Pelayanan kesehatan yang dilakukan di luar negeri
  5. Pelayanan kesehatan untuk mengatasi infertilitas
  6. Layanan kesehatan yang tujuannya untuk kecantikan atau estetik
  7. Pelayanan kesehatan yang dijamin oleh program jaminan kecelakaan lalu lintas, misalnya program jaminan kecelakaan dari PT Jasa Raharja.
  8. Layanan kesehatan untuk meratakan gigi
  9. Penyakit karena ketergantungan obat atau alkohol
  10. Gangguan kesehatan karena menyakiti diri sendiri dengan sengaja atau mengerjakan hobi berbahaya
  11. TIndakan medis yang dikategorikan eksperimen
  12. Pengobatan alternatif, tradisional, dan komplementer yang belum tentu efektif berdasarkan teknologi kesehatan
  13. Alat dan obat kontrasepsi
  14. Perawatan kecantikan
  15. Keperluan Kesehatan rumah tangga
  16. Pelayanan kesehatan akibat bencana di masa tanggap darurat, wabah, atau kejadian luar biasa
  17. Pelayanan kesehatan kegiatan bakti sosial
  18. Pelayanan kesehatan karena tindak pidana penganiayaan, kekerasan seksual, perdagangan orang, hingga korban terorisme
  19. Layanan kesehatan untuk kejadian yang bisa dicegah
  20. Pelayanan kesehatan tertentu berkaitan dengan Kementerian Pertahanan, TNI, dan Polri
  21. Layanan lain yang tidak ada hubungannya dengan manfaat jaminan kesehatan yang diberikan

Hak dan Kewajiban Peserta BPJS Kesehatan

Sebagai peserta aktif, tentu memiliki hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan.

Berikut hak peserta BPJS Kesehatan:

  • Mendapatkan kartu peserta untuk memperoleh layanan kesehatan
  • Mendapatkan layanan kesehatan id faskes yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan
  • Berhak menyampaikan kritikan, aduan, atau keluhan secara lisan atau tulisan kepada BPJS Kesehatan
  • Mendapatkan manfaat dan informasi mengenai hak dan kewajiban serta prosedur pelayanan kesehatan sesuai ketentuan

Kewajiban peserta BPJS Kesehatan adalah:

  • Membayar iuran tepat waktu
  • Mematuhi ketentuan dan tata cara pelayanan kesehatan
  • Menjaga agar kartu peserta tidak hilang atau rusak
  • Mendaftarkan diri dan anggota keluarga sebagai peserta BPJS Kesehatan
  • Memberikan data diri dan anggota keluarga dengan benar dan lengkap
  • Melaporkan jika ada perubahan data, misalnya perubahan gaji, pangkat, golongan, status pernikahan, pindah faskes I, atau pindah alamat

Dengan mendapatkan informasi lengkap mengenai layanan dan penyakit yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan ataupun layanan yang ditanggung, diharapkan dapat membantu peserta untuk mengurangi terjadinya kendala atau masalah lain saat ingin menggunakan layanan BPJS.

Read More

Yang Perlu Diketahui Saat Kaki Mati

Kaki Anda mengandalkan sentuhan untuk dapat bereaksi terhadap permukaan yang panas atau tidak rata saat berjalan. Apabila kaki mati rasa, Anda tidak akan memiliki sensasi apapun. Mati rasa pada kaki dapat bersifat sementara, atau dapat disebabkan karena adanya kondisi kronis tertentu seperti diabetes. Gejala yang dirasakan juga dapat bertahap, bertahap kehilangan sensasi di pergelangan kaki untuk kemudian menjalar dan area yang mati rasa bertambah. Mencari bantuan medis untuk mati rasa yang dirasakan dapat membantu memperlambat kondisi ini dan menunda perkembangannya.

Gejala mati rasa pada kaki

Gejala utama kaki yang mati rasa adalah hilangnya sensasi pada kaki. Hal ini akan memengaruhi indra sentuhan dan keseimbangan karena Anda tidak akan lagi mampu merasakan posisi kaki saat berdiri. Meskipun hilangnya sensasi merupakan gejala utama kaki yang mati rasas, Anda juga dapat merasakan gejala tambahan dan sensasi tidak normal, seperti kesemutan dan kaki terasa lemah. Gejala-gejal tambahan tersebut dapat membantu dokter mendiagnosa apa yang menyebabkan kaki Anda mati rasa.

Penyebab mati rasa pada kaki

Tubuh Anda adalah jaringan saraf yang kompleks yang menjalar dari ujung jari kaki dan tangan ke otak dan sebaliknya. Apabila Anda memiliki kerusakan, penyumbatan, infeksi, atau tekanan saraf yang menuju ke kaki, Anda dapat menderita mati rasa pada kaki. Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan mati rasa pada kaki di antaranya adalah konsumsi alkohol secara berlebihan, penyakit Charcot-Marie-Tooth, diabetes, cakram terherniasi, penyakit Lyme, sindrom Guillain-Barre, multiple sclerosis, efek samping dari obat-obatan chemotherapy, cidera sumsum tulang belakang, dan peradangan pada pembuluh darah (vasculitis).

Anda juga dapat merasakan mati rasa pada kaki setelah duduk dalam waktu yang lama. Hilangnya sensasi ini terjadi karena saraf yang menuju kaki tertekan saat Anda duduk. Saat Anda berdiri dan aliran darah kembali mengalir, kaki akan terasa seperti mati rasa. Kesemutan kemudian akan muncul sebelum sirkulasi dan sensasi kembali ke kaki Anda.

Mati rasa pada kaki yang terjadi dengan tiba-tiba dan ditemani dengan kondisi lain seperti kesulitan bernapas patut diwaspadai. Carilah bantuan medis apabila Anda mengalami gejala lain seperti bingung, kesulitan berbicara, pusing, hilangnya kontrol usus dan kandung kemih, mati rasa setelah cidera kepala, mati rasa pada banyak bagian tubuh, dan kesulitan bernapas. Meskipun tidak selamanya merupakan kondisi kegawatdaruratan, mati rasa yang ditemani dengan gejala-gejala tersebut dapat menjadi tanda-tanda kejang dan stroke. Konsultasi dengan dokter apabila mati rasa pada kaki menyebabkan Anda mudah atau sering terjatuh. Apabila Anda menderita diabetes, beritahu dokter mengenai kondisi Anda. Diabetes merupakan penyebab utama mati rasa pada kaki karena perubahan metabolis yang dapat menyebabkan kerusakan saraf.

Mati rasa di kaki dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan dan dapat meningkatkan risiko Anda untuk terjatuh. Mendapatkan bantuan dari terapis fisik untuk mengembangkan program keseimbangan dapat membantu mengurangi risiko terjatuh. Gerakan-gerakan dan jenis latihan yang tidak akan mengiritasi kaki Anda merupakan cara terbaik dalam meningkatkan aliran darah ke saraf-saraf yang terdampak. Mengobati mati rasa pada kaki sangat penting. Kurangnya sensasi pada kaki dapat meningkatkan risiko luka, cidera, dan terjatuh. Apabila Anda menderita luka di kaki dan tidak menyadarinya, luka tersebut dapat terinfeksi (terutama apabila sirkulasi darah terhambat dan menjadi penyebab utama mati rasa). Mengobati penyebab utama mati rasa pada kaki dapat membantu mengatasi gejala-gejala yang dirasakan.

Read More

Mengapa Seseorang Bisa Terserang Achondroplasia?

Di sekitar kita, ada orang-orang yang terlahir dengan postur tubuh tidak seperti sebagaimana mestinya. Mereka memiliki torso atau batang tubuh normal, tetapi anggota badan yang lain cenderung pendek atau mungil. Kondisi itu dalam dunia medis disebut achondroplasia.

Secara umum, kondisi tersebut merupakan gangguan dalam pertumbuhan tulang. Dari 25 ribu kelahiran, satu di antaranya menderita achondroplasia. Data itu didapat dari rilisan Columbia University Medical Center (CUMC).

Digadang-gadang achondroplasia merupakan gangguan genetik. Namun, untuk mengetahui mengapa seseorang bisa terserang achondroplasia tidaklah sesederhana itu.

Achondroplasia bisa dilacak pada saat bayi di dalam kandungan. Selama perkembangan awal janin, sebagian besar rangka terdiri dari tulang rawan. Biasanya, sebagian besar tulang rawan akhirnya berubah menjadi tulang. Namun, jika seseorang memiliki achondroplasia, banyak tulang rawan tidak berubah menjadi tulang. Ini disebabkan oleh mutasi gen FGFR3.

Gen FGFR3 menginstruksikan tubuh untuk membuat protein yang diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Mutasi gen FGFR3 menyebabkan protein menjadi terlalu aktif sehingga mengganggu perkembangan tulang secara normal.

Ada sekitar 80 persen kasus achondroplasia tidak diwariskan. Menurut National Human Genome Research Institute (NHGRI), kasus-kasus ini disebabkan oleh mutasi spontan pada gen FGFR3.

Sekitar 20 persen kasus diwarisi di mana mutasi mengikuti pola pewarisan dominan autosomal. Ini berarti cukup satu orang tua yang mewariskan gen FGFR3 rusak untuk membuat bayinya terlahir dengan kondisi achondroplasia.

Jika salah satu orang tua memiliki kondisinya, anak itu memiliki peluang 50 persen untuk mendapatkannya. Jika kedua orang tua memiliki kondisi tersebut, maka akan timbul tiga kemungkinan:

  • Pertama: 25 persen kemungkinan bertubuh normal
  • Kedua: 50 persen kemungkinan memiliki satu gen yang rusak yang menyebabkan achondroplasia
  • Ketiga: 25 persen kemungkinan mewarisi dua gen yang rusak, yang akan menghasilkan bentuk fatal achondroplasia disebut achondroplasia homozigot

Bayi yang lahir dengan achondroplasia homozigot, biasanya lahir mati atau akan meninggal dalam beberapa bulan setelah dilahirkan.

Achondroplasia tidak hanya akan membuat penderitanya memiliki tubuh yang tidak proporsional. Lebih jauh dari itu, penderita achondroplasia juga berpotensi menderita masalah kesehatan lain, seperti:

  • Tonus otot menurun, yang dapat menyebabkan keterlambatan dalam berjalan dan keterampilan motorik lainnya
  • Apnea yang melibatkan periode singkat pernapasan yang lambat atau pernapasan yang berhenti
  • Terjadi penumpukan cairan di otak atau disebut dengan hidrosefalus
  • Stenosis tulang belakang yang merupakan penyempitan kanal tulang belakang yang dapat menekan sumsum tulang belakang

Selain itu, seseorang yang menderita achondroplasia juga dapat mengalami kesulitan menekuk siku, menjadi gemuk, mengalami infeksi telinga berulang karena bagian sempit di telinga, mengembangkan kaki tertunduk, mengalami kelengkungan abnormal tulang belakang yang disebut lordosis, serta mengembangkan stenosis tulang belakang baru atau lebih parah.

Kendati demikian, penderita achondroplasia hanya mengalami gangguan yang sifatnya fisik semata. Tingkat kecerdasan dan kondisi mental lainnya akan tetap sama seperti pada umumnya.

Sayangnya, dunia medis saat ini belum memiliki metode pengobatan ataupun metode pencegahan untuk achondroplasia. Dokter mungkin hanya dapat mencegah atau menangani komplikasi yang mungkin akan terpicu oleh kondisi achondroplasia ini. Bisa juga petugas medis memberikan pengobatan hormon pertumbuhan untuk meningkatkan laju pertumbuhan tulang anak.

Untuk itu perlu kiranya memeriksakan genetik sebelum memulai program kehamilan. Jika ada riwayat achondroplasia di keluarga, pasangan perlu mempertimbangkan pengujian genetik sebelum hamil, sehingga sepenuhnya memahami risiko kesehatan anak pada masa yang akan datang.

Read More

Alami Gejala Ini, Carilah Obat Kutu Rambut!

obat kutu rambut

Kutu rambut tidak hanya membuat Anda kehilangan kepercayaan diri. Lebih dari pada itu, keberadaan kutu rambut di kepala bisa membuat berbagai masalah klinis yang mengganggu kesehatan Anda, mulai dari penurunan kualitas tidur sampai infeksi kulit kepala. Keberadaannya yang mengganggu inilah yang membuat Anda harus segera mematikannya dengan obat kutu rambut.

Kutu rambut sendiri merupakan jenis serangan dengan ukuran sangat kecil yang menghisap darah lewat kepala Anda. Ukuran kutu rambut yang hanya berkisar 2—3 milimeter membuat keberadaan makhluk dengan nama LatinPediculus humanus capitis ini sulit dilihat dengan kasat mata jika hanya sepintas. Alhasil, banyak orang yang tidak menyadari sedang diserang oleh jenis serangga yang satu ini.

Padahal selain dengan melihat, banyak tanda-tanda lain yang bisa mengindakasikan seseorang terkena kutu rambut atau tidak. Berikut ini adalah beberapa tanda keberadaan kutu rambut di kepala seseorang.

  • Gatal di Kepala dan Sekitar

Keberadaan kutu rambut di kepala seseorang akan menimbulkan rasa gatal yang sulit tertangani. Rasa gatal tersebut tidak melulu hadir di bagian kepala, melainkan juga bisa di daerah sekitarnya. Beberapa tempat di tubuh yang kerap terasa ikut gatal karena ulah kutu rambut, yakni di bagian belakang telinga, leher, hingga bahu.

Rasa gatal tersebut merupakan efek dari alergi yang ditimbulkan oleh gigitan kutu rambut di kepala Anda. Sayangnya, rasa gatal tersebut tidak bisa segera disadari saat kutu rambut baru berpindah ke kepala. Anda baru dapat merasakan gatal yang merupakan ulah dari serangga kecil tersebut setelah 4—6 minggu keberadaannya di kepala Anda.

  • Temuan Telur Kutu

Kutu rambut memang sulit terlihat karena ukurannya yang sangat kecil dan ia menyamarkan diri di batang rambut yang warnanya kurang lebih mirip dengan warna kulitnya. Anda justru bisa lebih mudah mengidentifikasi ada tidaknya kutu rambut di kepala Anda melalui telurnya.

Ukuran telur kutu rambut memang lebih kecil daripada kutu rambut sendiri. Namun, warna telur yang keputihan membuat ia lebih mudah terlihat berbeda dibandingkan warna rambut Anda. Telur kutu rambut umumnya juga berada di batang rambut terluar sehingga lebih mudah terlihat dan ditemukan. Jika sudah menemukannya, cobalah cari segera obat kutu rambut untuk penanganan tercepat.

  • Sulit Tidur

Jangan terburu-buru menilai kebiasaan Anda yang sulit tidur tepat waktu merupakan indikasi insomnia. Bisa jadi, kebiasaan Anda yang sulit tidur karena adanya kutu rambut yang bersemayam di kepala Anda.

Kutu rambut memberikan efek rasa gatal dan panas di kepala. Kondisi ini secara tidak langsung memengaruhi kualitas tidur Anda. Karena itu jika Anda akhir-akhir ini mengalami kondisi sulit tidur yang disertai rasa panas di kepala, Anda bisa meningkatkan kecurigaan bahwa ada Pediculus humanus capitis di kulit kepala Anda.

  • Luka dan Benjolan Merah

Isapan kutu rambut untuk menyedot darah dari kulit kepala Anda cenderung meninggalkan bekas. Bekas tersebut awalnya memang sangat kecil dan tidak terasa, namun lama-kelamaan akan membesar dan menjadi luka yang terasa sakit.

Tidak jarang luka bekas isapan kutu rambut akan membentuk benjolan merah yang rasanya perih. Hanya saja, masih banyak orang salah menilai benjolan merah yang timbul sebagai bekas isapan kutu rambut adalah benjolan akibat iritasi akibat udara yang terlalu panas.

***

Semakin lama dibasmi, keberadaan kutu rambut di kepala Anda akan semakin sulit dihilangkan secara total. Karena itu jika mengalami gejala-gejala di atas, segera memakai obat kutu rambut terpercaya atau pergi ke dokter adalah pilihan yang bijak.

Read More

Inilah yang Membuat Bibir jadi Hitam atau Pucat

Salah satu bagian wajah yang menjadi pusat perhatian ketika seseorang berbicara atau berbincang dengan orang lain adalah bibir. Karena itu, tampil dengan bibir yang sehat berwarna merah natural bisa semakin menambah kepercayaan diri, namun bagaimana dengan bibir pucat. Bibir yang tampak tidak sehat dan menandakan seseorang sedang dalam keadaan sakit.

Banyak para perempuan yang mengeluh karena memiliki bibir dengan warna gelap dan cenderung kehitaman. Sebaliknya kaum hawa menginginkan memiliki bibir dengan warna merah muda dan tampak kemerahan, hal ini diperlukan agar penampilan wajah menjadi lebih menarik karena tampak cantik dan segar.

Penyebab Bibir Hitam

Kondisi bibir kehitaman ini dipengaruhi beberapa faktor, baik itu internal maupun eksternal karena pada umumnya setiap bibir memiliki warna dasar masing-masing. Berikut ini beberapa kondisi yang menyebabkan bibir seseorang menjadi hitam dan terlihat tidak segar ketika dipandang mata lawan bicara.

  • Sinar Matahari

Paparan sinar matahari secara terus menerus membuat tubuh memproduksi melanin yang membuatnya bisa menyerap sinar ultraviolet. Ini merupakan cara kulit untuk bisa melindungi dirinya.

Selain itu juga membuat kulit dan bibir berubah menjadi kehitaman. Langkah cepat mencegah kondisi ini bisa dengan menggunakan sun protection yang melindungi bibir dari paparan sinar matahari.

  • Merokok

Kandungan di dalam rokok seperti nikotin dan benzyrene pada asap tembakau, dua kandungan ini bisa mendorong munculnya produksi melanin pada kulit. Melanin yang muncul dapat memicu perubahan warna pada bibir hingga menjadi lebih gelap, memang tidak secara langsung tetapi proses ini secara terjadi secara bertahap karena adanya produksi melanin.

  • Obat-obatan

Terdapat beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan adanya hiperpigmentasi, obat ini biasanya seperti antimalaria dan minocycline antibiotik oral. Meski demikian, pada umumnya warna kulit akan kembali normal seperti semula setelah orang tersebut sudah tidak lagi mengonsumsi lagi obat yang sebelumnya dipakai.

Penyebab Bibir Pucat

Bibir yang terlihat pucat bisa terjadi karena seseorang dalam keadaan kedinginan atau ketakutan, bahkan hal ini menjadi ucapan populer ‘takut sampai pucat pasi’. Kondisi ini terjadi karena pada saat takut pembuluh darah akan menyempit sehingga lebih sedikit darah yang mengalir ke bibir. Sementara itu, bibir merupakan mukosa yang di bawahnya terdapat banyak pembuluh darah.

Pucat yang muncul terjadi jika pembuluh darah menyempit atau vasokontriksi atau juga masuk dalam kondisi takut dan kedinginan. Hal ini tentu mengganggu, terlebih bagi seorang perempuan yang selalu memperhatikan penampilan. Untuk itu diperlukan beberapa cara untuk mengatasi kondisi tersebut.

Salah satu cara yang kerap diandalkan para perempuan mengatasi kondisi ini adalah pemakaian lipstik, hal ini dilakukan banyak perempuan untuk mempercantik bibir. Namun perlu diketahui untuk tidak sampai salah dalam menggunakan lipstik, cara pemakaian yang salah bisa menyebabkan bibir mengalami hiperpigmentasi dan menyebabkan bibir pucat.

Hal ini dikarenakan tidak semua produk pewarna bibir mengandung bahan yang aman untuk bibir, meski bibir merupakan salah satu anggota tubuh dengan kulit yang tipis. Pastikan memilih produk lipstik yang sudah terdaftar di BPOM demi keamanan yang lebih terjamin. Selain itu, terdapat perawatan khusus yang dilakukan untuk jenis lipstik tertentu.

Selain itu, setelah menggunakan lipstik jangan sampai lupa untuk membersihkan bibir dengan menggunakan lip remover. Namun, perhatikan untuk menghindari makeup remover yang tidak dirancang secara khusus untuk bibir. Alternatif lain, bisa memanfaatkan baby oil atau dengan minyak zaitun untuk membersihkannya.

Read More

Feses Hitam (Melena)

Feses hitam melena adalah tinja yang dikeluarkan dengan warna hitam dari tubuh manusia dimana kondisi tersebut disebabkan karena adanya perdarahan saluran cerna atas.

Saluran cerna atas meliputi kerongkongan atau esofagus, lambung, dan usus halus. Seseorang dapat mengeluarkan tinja berwarna hitam karena telah mengalami proses pencernaan sebelum dikeluarkan.

Feses hitam (melena) bukan penyakit, namun merupakan sebuah gejala. Feses hitam bisa saja menimbulkan kondisi medis yang serius. Oleh karena itu, setiap manusia perlu waspada terhadap gejala seperti ini.

Gejala

Orang-orang yang mengalami melena mengeluarkan tinja hitam seperti tinta hitam yang terdapat pada pulpen. Tidak hanya itu, gejala melena juga disertai dengan:

  • Tinja berbau busuk.
  • Tekstur tinja yang lengket.
  • Muntah darah berwarna merah kehitaman.
  • Nyeri di bagian perut.

Penyebab

Orang-orang yang terkena melena disebabkan karena adanya perdarahan di saluran pencernaan atas. Berikut adalah beberapa hal yang dapat memicu terjadinya masalah tersebut:

  • Tukak lambung.
  • Ulkus duodenum.
  • Robekan di bagian dinding kerongkongan atau lambung.
  • Pecahnya varises pada kerongkongan.
  • Tumor pada esofagus atau lambung.
  • Sindrom Mallory-Weiss.
  • Penggunaan obat-obatan seperti aspirin dan obat pengencer darah.
  • Terapi radiasi seperti endoskopi.

Beberapa bayi yang baru lahir juga bisa berpotensi mengalami melena karena menelan darah selama proses persalinan.

Diagnosis

Jika Anda terkena melena, Anda sebaiknya konsultasikan masalah ini ke dokter. Dokter akan menanyakan terkait dengan kondisi Anda. Setelah itu, dokter akan memeriksa kondisi Anda dengan beberapa cara sebagai berikut:

  • Pemeriksaan darah dan feses

Pemeriksaan darah adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memeriksa kadar oksigen dan zat besi pasien. Dokter juga dapat mengambil sampel darah dan feses untuk mengetahui jika adanya perdarahan.

  • Tes pernafasan

Tes pernafasan juga dapat dilakukan oleh dokter untuk mengetahui jika pasien terkena infeksi, termasuk yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori.

  • Endoskopi

Endoskopi juga dapat dilakukan untuk memeriksa sistem saluran cerna bagian atas pasien. Caranya dengan memasukkan selang kecil yang terdapat kamera di bagian ujung ke dalam lambung melalui kerongkongan.

Cara ini dapat membantu dokter mengetahui jika pasien mengalami perdarahan di saluran tersebut. Dokter juga dapat mengambil sampel jaringan untuk pemeriksaan lebih lanjut melalui mikroskop.

  • CT scan atau X-ray

Pemindaian tersebut dapat menunjukkan lokasi sumber perdarahan seperti robekan atau tumor.

  • Angiogram

Angiogram dapat dilakukan untuk menghentikan perdarahan dari pembuluh darah pasien. Angiogram juga melibatkan cairan pewarna yang disuntikkan ke dalam pembuluh darah.

Pengobatan

Dokter menganjurkan berbagai cara untuk mengobati feses hitam, namun bergantung pada penyebabnya. Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan:

  • Cairan infus

Cairan infus dapat dilakukan untuk mengobati feses hitam.

  • Obat-obatan

Penggunaan obat juga dapat dilakukan untuk mengurangi kadar asam lambung di dalam tubuh, jika melena disebabkan oleh tukak lambung. Penggunaan obat sebaiknya sesuai anjuran dokter.

  • Endoskopi

Endoskopi juga dapat dilakukan untuk mengatasi perdarahan di saluran cerna pasien. Caranya dengan menjepitkan pembuluh darah.

  • Transfusi darah

Transfusi darah dapat dilakukan jika pasien mengalami perdarahan yang parah.

  • Operasi

Operasi bisa menjadi pilihan lain yang perlu dilakukan jika pasien mengalami kondisi yang sangat buruk seperti perdarahan atau tumor, dan jika pengobatan lain tidak dapat dilakukan.

Pencegahan

Anda juga dianjurkan untuk melakukan beberapa hal untuk mencegah feses hitam (melena). Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Berhenti mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan melena.
  • Jangan merokok.
  • Jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol atau kafein.
  • Konsumsi makanan sehat.
  • Perbanyak minum air putih.
Read More