Ini Kegunaan Metode RICE untuk Kaki Terkilir

metode rice untuk kaki terkilir

Jika Anda pernah mengalami cedera pergelangan kaki atau terkilir, kemungkinan dokter Anda akan merekomendasikan RICE atau rest (istirahat), ice (es), compression (penekanan) dan elevation (peninggian). Metode RICE merupakan teknik perawatan diri yang mudah yang membantu mengurangi bengkak, meringankan rasa sakit dan mempercepat masa penyembuhan.

Anda bisa menangani cedera ringan dengan metode RICE dirumah. Anda dapat mencoba teknik ini saat mengalami kesakitan pada lutut, pergelangan kaki/tangan setelah berolahraga.

Berikut merupakan langkah-langkah metode RICE:

Tahap 1: (RICE) Istirahat

Rasa sakit ialah pertanda ada yang tidak beres dengan tubuh. Segera setelah Anda merasakannya, istirahatlah dengan baik selama dua hari pertama. Jangan coba mengikuti istilah “no pain, no gain”. Karena hal itu akan memperburuk cedera dan menghambat masa penyembuhan. Dokter menyebutkan Anda harus menghindari meletakan beban pada area yang cedera dalam waktu 24 sampai 48 jam. Istirahat juga dapat membantu mencegah memar yang berkepanjangan.

Tahap 2: Ice (Es)

Es dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Letakan kantung es yang dibungkus oleh handuk tipis (untuk menghindari frostbite atau pembekuan jaringan tubuh) selama 10 menit, lalu angkat dan diamkan selama 10 menit juga. Ulangi langkah tersebut sesering mungkin selama 24 sampai 48 jam pertama setelah cedera. Jika tidak ada kantung es, gunakan jagung dibekukan karena fungsinya sama dengan kantung es.

Langkah 3: Compression (Penekanan)

Bungkus atau lilitkan perban yang elastis (seperti perban ACE) untuk mencegah pembengkakan. Buatlah lilitan yang tidak terlalu kencang karena dapat mengganggu aliran darah. Jika terlalu kencang kulit juga akan menjadi mati rasa, geli atau gatal, menjadi kebiruan atau terasa dingin.

Langkah 4: Elevation (Peninggian)

Hal ini berarti menaikkan bagian tubuh yang sakit lebih tinggi dari jantung Anda. Tujuannya untuk mengurangi rasa sakit, perdarahan  dalam yang akan menimbulkan memar. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan untuk menaikkan area yang cedera sebisa mungkin, bahkan jika Anda sedang tidak mengompresnya dengan es.

Penanganan dengan metode RICE

Dokter dapat merekomendasikan menggunakan obat-obat nonsteroidal anti-inflamasi (seperti ibuprofen atau naproxen) bersamaan dengan perawatan RICE. Beberapa jenis obat tersebut tersedia di apotek. Bicarakan tentang riwayat pengobatan Anda kepada dokter Anda sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut.

Jangan pijat sendiri bagian yang terkilir, lakukan metode RICE untuk pertolongan pertama pada bagian tubuh yang terkilir. Memijiat akan berbahaya karena bisa memperburuk keadaan akibat penekanan (pijat) pada bagian yang sakit. Menurut dr. Sophia Hage Sp.KO, pijatan akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah dan menyebabkan pendarahan didaerah cedera makin menjadi-jadi. Pendarahan yang meningkat ini justru membuat daerah yang terkilir semakin bengkak dan nyeri.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>