Mengenal Gejala dan Penyebab Gangguan Skizoid

Mengenal Gejala dan Penyebab Gangguan Skizoid

Salah satu jenis gangguan kepribadian ada yang disebut skizoid, yaitu kondisi di mana penderitanya tidak mampu membentuk hubungan sosial. Mereka dengan kondisi ini akan menghindari interaksi dengan orang lain dan juga enggan untuk terlibat dalam aktivitas sosial. 

Penderita skizoid akan memiliki sifat yang dingin, tidak menikmati momen apa pun, tidak menunjukkan reaksi apapun saat dipuji maupun dikritik. 

Penyebab Terjadinya Gangguan Skizoid

Sebenarnya, belum diketahui pasti apa penyebab dari gangguan kepribadian skizoid ini, Hanya saja faktor yang berperan penting yang mengembangkan gangguan ini bisa dari lingkungan dan genetik, terlebih pada anak usia dini. 

Faktor lainnya yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena gangguan skizoid adalah:

  • Masa kanak-kanak yang suram, maksudnya ketika tidak ada kehangatan dan emosi yang didapat.
  • Memiliki orang tua atau kerabat yang mengalami gangguan kepribadian skizoid, skizotipal, atau pun skizofrenia.
  • Memiliki orangtua yang juga bersikap dingin, tidak responsif, atau lalai pada kebutuhan emosional anak.

Skizoid ini akan berpotensi mengalami gangguan kepribadian lain seperti gangguan kecemasan atau pun depresi mayor ketika tidak segera ditangani. Kondisi ini tentu akan memperburuk kehidupan penderitanya.

Gejala dan Tanda Seseorang Menderita Skizoid

Umumnya gejala skizoid ini baru dimulai di fase awal dewasa. Namun, ada juga ciri atau gejala yang sudah terlihat sejak masa kanak-kanak. Ada beberapa tanda atau gejala yang menunjukkan seseorang tersebut menderita skizoid, seperti:

  • Memilih untuk melakukan aktivitas sendiri
  • Lebih suka menyendiri
  • Terlihat seperti tidak memiliki selera humor
  • Tidak menikmati hubungan dekat bahkan mungkin tidak menginginkannya
  • Tidak merasakan kesenangan
  • Bersikap dingin atau acuh tak acuh pada orang lain
  • Mengalami kesulitan ketika bereaksi dan saat mengekspresikan emosi dengan tepat pada situasi tertentu
  • Tampak kurang motivasi dan tujuan
  • Biasanya tidak menikah
  • Saat dikritik atau dipuji orang lain biasanya tidak akan bereaksi
  • Sering kali melamun
  • Tidak tertarik pada hubungan seksual
  • Tidak punya teman dekat

Jika penderita gangguan skizofrenia dan skizotipal mengalami halusinasi, paranoid, atau memiliki pola percakapan yang aneh, penderita skizoid biasanya tidak mengalami hal tersebut. Saat berbicara mereka biasanya masih masuk akan.

Hanya saja, penderita gangguan kepribadian skizoid akan susah untuk menjalin hubungan sosial saat di sekolah, di tempat kerja, maupun di tengah masyarakat yang membutuhkan interaksi sosial.

Seberapa Sering Adanya Gangguan Skizoid Ini?

Sebenarnya sulit menilai dengan akurat prevalensi gangguan ini, sebab penderita skizoid jarang sekali mencari pengobatan. 

Gangguan kepribadian yang masuk pada gangguan kepribadian eksentrik ini lebih sering diderita oleh laki-laki dibanding perempuan. Dan biasanya juga dialami oleh orang yang punya keluarga atau kerabat dekat yang juga mengidap skizoid. 

Komplikasi Gangguan Kepribadian Skizoid

Komplikasi utama dari gangguan skizoid ini adalah kurangnya interaksi sosial dengan orang lain. Orang yang menderita skizoid juga akan jarang terlibat perkelahian atau melakukan kekerasan. Hal ini karena mereka tentu saja memilih untuk tidak berinteraksi dengan orang lain. 

Komplikasi lain yang mungkin juga terjadi adalah adanya gangguan suasana hati, gangguan kecemasan, dan gangguan kepribadian lainnya.

Namun, penderita skizoid ini tetap bisa berfungsi normal dalam kehidupan sehari-hari, meskipun sikapnya aneh. Hanya saja mereka tidak membentuk hubungan yang bermakna dan tidak memiliki keluarga mereka sendiri. Bahkan menurut penelitian, orang yang menderita gangguan ini biasanya akan mengalami masalah keuangan, sosial, hingga masalah pekerjaan.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>