Mau Keluar Rumah? Jangan Lupa Lakukan Hal Ini

Virus Corona atau COVID-19 telah mencapai lebih dari 900.000 ribu kasus di seluruh dunia, dan mengakibatkan lebih dari 47.000 orang meninggal dunia, namun lebih dari 194.000 orang dinyatakan sembuh. Oleh karena itu, aktivitas di luar rumah telah dibatasi, namun orang-orang tetap boleh keluar rumah jika ada keperluan mendesak.

Ada baiknya jika Anda tetap berada di rumah agar Anda dapat melindungi diri dari virus Corona. Namun, jika Anda ingin keluar rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan supaya tidak tertular virus Corona. Hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Pakai masker

Salah satu cara yang perlu Anda lakukan ketika keluar rumah adalah menggunakan masker. Walaupun masker hanya digunakan oleh orang yang mengalami gejala seperti batuk, Anda sebaiknya juga gunakan masker untuk menjaga diri agar tidak tertular virus Corona melalui paparan udara.

  • Bawa hand sanitizer

Selain masker, Anda sebaiknya membawa hand sanitizer untuk membersihkan tangan Anda. Hand sanitizer mengandung alkohol yang terdiri dari 60% etanol dan 70% isopropil. Anda perlu gunakan hand sanitizer setiap kali Anda menyentuh benda-benda yang mudah terkontaminasi virus Corona seperti pegangan pintu.

  • Bawa tisu

Anda juga sebaiknya bawa tisu untuk berjaga-jaga. Jika Anda tidak membawa hand sanitizer, maka Anda perlu membawa tisu sebagai penggantinya untuk menutupi tangan ketika memegang sesuatu seperti pegangan pintu. Setelah Anda selesai menggunakannya, Anda perlu buang tisu yang Anda pakai dan bersihkan diri dengan mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

  • Cuci tangan

Salah satu cara efektif untuk mencegah virus Corona adalah mencuci tangan. Anda tidak hanya mencuci tangan dengan membasahinya, Anda juga perlu menggunakan sabun setidaknya 20 detik. Pastikan Anda bersihkan seluruh bagian tangan Anda dan gunakan air bersih.

  • Terapkan Social Distancing

Salah satu cara yang wajib Anda lakukan ketika keluar rumah adalah menerapkan Social Distancing. Anda hanya perlu menjaga jarak dari orang lain setidaknya dalam 1 meter. Selain itu, Anda sebaiknya jangan berjabat tangan dengan orang lain dan hindari tempat yang ramai untuk membantu mencegah penyebaran virus Corona.

  • Keluar rumah untuk hal mendesak

Hal yang penting yang perlu Anda pahami adalah Anda sebaiknya keluar rumah hanya keperluan mendesak seperti membeli kebutuhan makanan atau obat. Anda sebaiknya tetap berada di rumah dan tunggu pengumuman dari pemerintah tentang informasi lebih lanjut mengenai virus Corona.

Walaupun keluar rumah dibatasi, ada berbagai hal yang bisa Anda lakukan di rumah selain belajar dan bekerja. Karena semua aktivitas dapat dilakukan secara online, Anda dapat menghubungi kerabat melalui video call, bermain video game, atau berolahraga bersama untuk meluangkan waktu bersama orang-orang tercinta.

Virus Corona merupakan penyakit yang Anda perlu waspadai. Jangan sampai Anda membiarkan diri atau orang-orang terdekat Anda terkena virus tersebut. Salah satu cara yang efektif, seperti yang disebutkan di atas adalah untuk tidak keluar rumah sementara, hanya jika Anda membutuhkan sesuatu untuk keperluan rumah.

Pemerintah telah melakukan antisipasi bagi warga-warga agar mencegah penularan virus Corona. Oleh karena itu, Anda hanya ikuti perintah yang diterapkan pemerintah untuk melindungi diri dengan tidak keluar rumah. Jika Anda mengalami gejala yang disebabkan virus Corona, Anda sebaiknya datang ke rumah sakit dan minta dokter untuk merawat Anda.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>