Layanan Unggulan Rumah Sakit Telogorejo

Terletak di Jalan Kyai Hai Achmad Dahlan, Semarang, Rumah Sakit Telogorejo adalah rumah sakit tipe B yang sudah puluhan tahun memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Rumah sakit ini pertama kali didirikan pada tahun 1925 (dengan nama poliklinik pada masa itu). Puluhan tahun mengabdi memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat membuat Rumah Sakit Telogorejo sebagai rumah sakit yang dapat diandalkan. Didukung dengan staf medis dan dokter yang berpengalaman, serta fasilitas dan teknologi penunjang yang modern, bukan suatu hal yang mengherankan apabila banyak orang menjadi pelanggan setia Rumah Sakit Telogorejo. Namun, keistemewaan rumah sakit ini tidak hanya ada pada pelayanan profesional dan teknologi berkesinambungan saja. Ada banyak layanan kesehatan unggulan yang menjadikan Rumah Sakit Telogorejo rumah sakit yang diakui di Indonesia. Artikel ini akan membahas layanan unggulan tersebut dengan lebih dalam.

Spesialis jantung

Mengingat kardiologi merupakan salah satu bidang kesehatan yang sangat kompleks, serangkaian prosedur invasif serta non-invasif, tes diagnostik, hingga program pembedahan lainnya dengan kualitas yang tinggi sangat dibutuhkan. Di sinilah Rumah Sakit Telogorejo memegan peran penting dalam menyediakan layanan kesehatan  unggulan berupa spesialisasi jantung. Beragam penyakit jantung sering ditangani di Rumah Sakit Telogorejo, misalnya penyakit arteri carotid, serangan jantung, gagal jantung, aneurisme aorta, dan lain-lain. Dalam hal diagnostik jantung, Rumah Sakit Telogorejo menyediakan berbagai macam tindakan pemeriksaan seperti elektrokardiogram, X-ray rongga dada, serta penilaian kalsium jantung. Sementara itu, diagnostik non-invasif meliputi MRI, MSCT, Ambulatory Blood Pressure Monitoring, dan juga Holter Monitoring. Diagnostik invasif meliputi PCI, angiogram koroner dan juga PAC dengan bedah kardiotroraksik meliputi bedah jantung, implantasi pacu jantung, pembedahan katub jantung (perbaikan ataupun penggantian), dan lain-lain.

Selain tindakan medis dan diagnosa, Rumah Sakit Telogorejo juga menyediakan layanan rehabilitasi jantung serta pembuluh darah. Program ini merupakan upaya pencegahan serta pemulihan pasien yang memiliki masalah dengan kondisi kesehatan jantungnya dana tau sehabis menjalani operasi kardiovaskular. Tujuan dari program ini adalah untuk mengembalikan kesehatan pasien, baik kesehatan fisik, psikologis, emosional, medis, seksual, dan lain-lain. Agar pasien mendapatkan kesembuhan dengan kondisi optimal, Rumah Sakit Telogorejo memiliki tim yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya seperti para dokter spesialis jantung dan rehabilitasi, perawat, fisioterapis, hingga psikolo dan ahli gizi.

Layanan bedah minimal invasif

Selain layanan spesialis jantung, Rumah Sakit Telogorejo menyediakan layanan prosedur bedah minimal invasif, seperti laparaskopi. Laparoskopi minimal invasif adalah suatu tindakan bedah minimal yang hanya memerlukan sayatan kecil. Dengan menggunakan alat yang disebut “laparoscopy”, dokter bedah hanya membutuhkan 3 hingga 4 lubang sayatan berukuran kecil dan memasukkan lensa (melalui sayatan kecil yang telah dibuat) untuk melihat tampilan organ internal dengan lebih detail. Apabila prosedur laparoskopi selesai dilakukan, sayatan kemudian dijahit. Karena ukuran sayatan yang sangat kecil, prosedur laparoskopi hanya akan meninggalkan bekas luka yang kecil pula.

Laparoskopi memiliki keuntungan tersendiri dibandingkan dengan prosedur bedah konvensional. Misalnya saja, karena sayatan yang dibuat terbilang berukuran kecil, risiko pendarahan dapat diminimalisir. Selain itu, sayatan yang kecil juga hanya akan memberikan efek sakit yang minimal. Anda hanya akan membutuhkan jangka waktu pendek hingga pulih sampai sedia kala pasca prosedur bedah. Laparoskopi di Rumah Sakit Telogorejo juga mampu mengurangi kemungkinan risiko kontaminasi dari bakteri karena berkurangnya paparan organ tubuh dalam. Hal tersebut dapat mengurangi terjadinya infeksi.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>