Kenali Cara Membuat dan Manfaat Gula Merah

Gula merah atau gula Jawa dianggap lebih sehat dari gula pasir

Gula merah atau yang dikenal dengan sebutan gula jawa merupakan pemanis alami yang populer di Indonesia. Pemanis ini terbuat dari nira, pohon kelapa yang sering digunakan untuk bahan berbagai macam makanan camilan dan minuman. Selain manfaat gula merah yang beragam, cara membuat gula jawa ini tergolong cukup mudah untuk dilakukan secara mandiri.

Gula merah juga memiliki indeks glikemik yang relatif rendah yakni sekitar 54, sementara indeks glikemik yang terbilang tinggi adalah berada di angka 70. Beberapa makanan yang memiliki indeks glikemik rendah antara lain seperti, pisang, mangga, kurma, stroberi, buncis, jeruk, kacang merah dan kacang kedelai.

Cara Membuat Gula Merah

  • Langkah pertama dalam membuat gula merah adalah mempersiapkan nira yang telah dipanen sebelumnya, kemudian nira disaring dan dimasukkan ke dalam panci atau wajan.
  • Masak nira menggunakan suhu yang konstan dan stabil, idealnya gunakan bahan bakar berupa kayu karena mampu memberi cita rasa yang khas.
  • Perhatikan waktu memasak, lama memasak tergantung dari seberapa banyak nira yang dimasak, sebelum memasuki 15 menit, beri 100 cc santan dengan satu sendok makan minyak goreng.
  • Aduk hingga mengental, lakukan dengan cepat dan arahnya memutar, setelahnya jika sudah mengental dan warnanya berubah menjadi merah segera tuangkan ke cetakan.
  • Waktu yang dibutuhkan agar gula merah menjadi padat adalah sekitar 10 menit, gunakan cetakan yang terbuat dari bambu maupun baskom dengan ukuran kecil.
  • Setelah gula merah mengeras, segera keluarkan dari cetakan, kemudian tempelkan gula yang ada pada cetakan lainnya agar bentuknya dapat identik.

Perlu diperhatikan, agar proses penyimpanan tidak lengket antara gula satu yang lain, berikan alas berupa daun pisang di antara gula tersebut.

Manfaat Gula Merah

Selain memiliki indeks glikemik yang rendah, gula merah juga mengandung sejumlah zat gizi yang tidak terdapat pada gula putih. Gula merah mengandung sejumlah vitamin dan asam amino, sehingga lebih bermanfaat dan aman jika dibandingkan dengan gula pasir. Berikut ini beberapa manfaat yang terdapat dalam gula merah.

  • Melancarkan Haid

Manfaat pertama yang diberikan gula merah untuk tubuh adalah untuk melancarkan siklus menstruasi, gula merah cocok dikonsumsi bagi perempuan dengan siklus menstruasi yang tidak teratur. Bahkan, diklaim mampu memperlancar peredaran darah dalam tubuh sehingga membuat siklus kembali normal.

  • Mencegah Anemia

Gula merah memiliki kandungan zat besi dan folat, kedua kandungan ini ampuh dalam mencegah anemia. Manfaat lanjutan dari gula merah ini adalah untuk mempertahankan kadar normal sel darah merah, sehingga bukan tanpa alasan mengapa gula merah dijadikan sebagai obat alami dalam mencegah anemia.

  • Mengatasi Flu dan Batuk

Gula merah sangat kaya akan antioksidan, fungsinya adalah untuk membuat tubuh semakin kebal terhadap radikal bebas. Maka dari itu, efek yang dapat dirasakan adalah mampu digunakan sebagai terapi penyembuhan flu, batuk dan demam.

  • Menurunkan Berat Badan

Kadar potasium yang tinggi, membuat gula jawa mampu digunakan sebagai bahan makanan untuk meningkatkan proses metabolisme. Membantu mengeluarkan racun dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, konsumsi gula merah dengan jumlah terkontrol dipercaya mampu menurunkan berat badan.

  • Melawan Radikal Bebas

Manfaat gula merah selanjutnya adalah kemampuannya dalam melawan efek yang ditimbulkan radikal bebas, kandungan antioksidan yang tinggi terutama selenium membantu mencegah berbagai efek dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>