Category Hidup Sehat

Simpel, Ini 5 Cara Mengatasi Anak Cengeng

Menangis merupakan kegiatan wajar yang dilakukan anak kecil, apalagi jika usianya belum menginjak 5 tahun. Menangis menjadi satu cara bagi anak-anak untuk meluapkan emosi mereka yang belum bisa dijabarkan lewat kata-kata. Namun ada kalanya, kebiasaan menangis anak menjadi sangat berlebihan dan menjadi gangguan bagi sekitarnya. Jika sudah demikian, tibalah waktunya bagi Anda untuk mencari cara mengatasi anak cengeng tersebut.

cara mengatasi anak cengeng

Ya, anak yang sebentar-sebentar menangis memang kerap disebut sebagai anak cengeng. Kondisi anak yang terlalu sensitif ini selain cukup mengganggu Anda dan orang di sekitarnya juga bisa memengaruhi psikologis dan kehidupan sosialnya pada mendatang. Anak cengeng yang terus berkelanjutan sampai ia duduk di bangku sekolah banyak yang menemui kesulitan untuk berinteraksi dengan teman-temannya.

Karena itu, sedari dini menemukan cara mengatasi anak cengeng menjadi sangat penting untuk kehidupan ke depan buah hati. Tidak perlu bingung, berikut ini adalah beberapa cara simpel yang bisa menghentikan tangis anak.

  1. Tidak Menanggapi

Menangis merupakan suatu cara anak untuk memperoleh perhatian Anda. Sekali dua kali menanggapinya tentu sangat dianjurkan. Akan tetapi, hati-hati karena perhatian Anda yang ia terima setiap kali ia menangis justru memancingnya untuk menjadi anak cengeng guna bisa terus menarik perhatian.

Cobalah untuk tidak terlalu menanggapinya ketika ia menangis. Anggaplah tangisan anak tersebut sesuatu yang wajar. Tanyalah sesekali, tapi jangan menunjukkan Anda merasa sangat khawatir. Dengan demikian, anak lama-kelamaan akan mengerti bahwa menangis bukan senjata baik untuk menarik perhatian Anda.

  • Hindari Pemberian Hadiah

Banyak orang tua yang memilih untuk memberikan sesuatu yang menyenangkan bagi anak yang sedang menangis. Hanya saja, kebiasaan tersebut justru kerap disalahartikan oleh anak tersebut bahwa tangisan dapat menjadi cara untuk mendapatkan hadiah dari Anda. Ia pun akan menjadi cengeng guna bisa memperoleh berbagai hal yang diinginkannya lewat kepanikan Anda ketika ia menangis.

Mulai sekarang, biasakan tidak memberikan anak iming-iming hadiah setiap kali ia menangis. Biarkan ia menangis sepuasnya dan biarkan anak tersebut menyadari bahwa menangis bukan cara baik untuk memperoleh apa yang ia inginkan. Latih ia mengungkapkan keinginannya akan sesuatu dengan cara yang lebih tepat, lebih bincang-bincang santai misalnya.

  • Alihkan Perhatian

Khususnya untuk anak-anak yang masih berusia di bawah tiga tahun, cara mengatasi anak cengeng yang paling mudah adalah dengan dengan mengalihkan perhatiannya. Pasalnya, anak-anak dengan usia dini sangat mudah teralihkan fokus ketika sedang berkegiatan. Jadikan kebiasaan tersebut pula untuk menghentikan tangisnya.

Jadi, setiap anak menangis, cobalah ajak dia berkegiatan lain. Jika belum mau diajak berkegiatan, coba berikan dia pilihan berbagai fokus lain. Membawa koleksi mainannya atau menyetel musik agak keras bisa membuat anak menghentikan kegiatan tangisnya.

  • Beri Pelukan Hangat

Memberi perhatian berlebihan kepada anak yang senang menangis memang sangat tidak dianjurkan. Akan tetapi, memberi pelukan hangat justru bisa menjadi jalan jitu untuk menghentikan tangis anak.

Cara mengatasi anak cengeng ini terlihat simpel, namun justru sangat ampuh menghentikan kebiasaan anak. Pelukan hangat bisa membuat anak menyadari bahwa ia tidak perlu takut sebab Anda berada di sampingnya. Coba praktikan saja ketika anak menangis dan Anda langsung memberinya pelukan hangat, seberapa lama tangisnya akan bertahan?

  • Ajarkan Kelola Emosi

Anak cengeng akan tetap menjadi anak yang senang menangis apabila ia belum mampu mengelola emosinya secara lebih baik. Karena itu ketika anak Anda cenderung suka menangis, cobalah untuk secara perlahan mengajarkan cara mengelola emosi yang lebih baik kepada anak tersebut.

Anak bisa mengajarkan anak untuk lebih dahulu mengungkapkan perasaannya sebelum hendak menangis. Ajari juga anak untuk tidak menjadikan tangisan sebagai peluapan ketika ia merasa sakit atau sedih.

***

Tidak sulit bukan sebenarnya mencari cara mengatasi anak cengeng? Mulai sekarang, cobalah untuk mempraktikkannya dan lihat seberapa efektif cara ini berlaku bagi anak Anda. Selamat mencoba!

Read More

Begini Cara Mengencangkan Lengan dengan Cepat

Mempunyai lemak yang bergelambir di lengan terkadang membuatmu menjadi kurang percaya diri. Sebab, bisa saja hal itu mengganggu penampilanmu. Maka dari itu, kamu perlu tahu cara pengencangan lengan yang bisa dilakukan di rumah.

Melakukan olahraga teratur dan mengonsumsi makanan sehat, penurunan berat badan bisa dicapai. Namun, untuk mengencangkan bagian tubuh tertentu diperlukan olahraga khusus. Jika ingin melakukan pengencangan lengan, kamu harus melakukan gerakan yang dapat melatih otot bisep dan trisep.

Kamu cukup melakukan berbagai gerakan di bawah ini selama 10 menit secara rutin setiap hari. Pastikan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan masing-masing selama lima menit sebelum dan sesudah melakukan latihan inti.

Push-up

Gerakan push up dimulai dengan memosisikan tubuh kamu menjadi telungkup dengan kedua telapak tangan menyentuh lantai dan jari tangan menghadap ke depan. Kemudian angkat tubuh dengan meluruskan lengan, dengan telapak tangan tetap datar menyentuh lantai. Kaki kamu juga harus lurus dan lutut tidak menyentuh lantai. Usahakan posisi tubuh sejajar dan lurus dari kepala hingga tumit. Kemudian turunkan tubuh dengan menekuk siku sampai ketinggian dada sekitar 5 sentimeter di atas lantai. Ulangi gerakan ini 10 hingga 15 kali.

Close-grip wall push up (push up di dinding)

Berdiri di depan dinding dengan lengan lurus ke depan menyentuh dinding. Dekatkan tubuh ke arah dinding dengan menekuk siku. Biarkan tumit terangkat dari lantai saat bersandar ke dinding agar posisi tubuh lurus. Lalu, dorong kembali tubuh menjauhi dinding. Ulangi gerakan ini 10 sampai 15 kali.

Bench dips

Duduk di kursi yang stabil (tidak mudah bergeser atau tidak beroda). Cengkeram ujung depan dudukan kursi dengan kedua tangan. Majukan kaki beberapa sentimeter untuk memudahkan kamu mengangkat bagian bawah tubuh dari kursi. Kemudian turunkan tubuh di depan kursi hingga lengan tertekuk sekitar 90 derajat di belakang, dan lutut sejajar dengan panggul. Angkat kembali tubuh ke atas kursi dengan menggunakan kekuatan lengan. Ulangi gerakan ini 10 sampai 15 kali.

Tricep kickbacks

Berlututlah dengan lutut kanan menyentuh lantai dan kaki kiri menapak pada lantai. Condongkan tubuh ke depan. Angkat siku kiri ke belakang tubuh, jaga agar lengan tertekuk membentuk sudut 90 derajat. Luruskan siku kiri dan naikkan lengan ke belakang tubuh sejauh-jauhnya. Tekuk siku untuk kembali ke posisi awal dan ulangi 10 sampai 15 kali. Kemudian, ganti menggunakan lutut kiri sebagai tumpuan dan ulangi gerakan ini dengan lengan kanan.

Triceps swing

Berbaringlah terlentang dengan kedua lutut ditekuk dan telapak kaki menyentuh lantai. Genggam dumbbell dengan berat 2 – 2,5 kg pada kedua tangan, luruskan kedua lengan di atas kepala. Angkat lengan kiri dengan posisi lurus hingga dumbbell berada di atas dada sambil mempertahankan posisi lengan kanan lurus di atas kepala. Kembalikan posisi lengan kiri kembali di atas kepala, dan lakukan gerakan yang sama pada lengan kanan. Ulangi hingga 15 kali.

Dalam melakukan pengencangan lengan memerlukan latihan khusus seperti yang telah dijelaskan di atas, untuk mengencangkan otot bisep dan trisep. Diet dan olahraga rutin perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. kamu juga dapat mencoba berlatih di pusat kebugaran dengan pelatih berpengalaman, untuk membantu kamu dalam melakukan latihan yang tepat dan terarah. Namun tentu saja dibutuhkan waktu dan ketekunan, hingga bentuk lengan dan tubuh kamu berubah.

Read More

Apakah Manfaat Detox Melalui Diet Benar-benar Efektif?

Diet detoksifikasi baru-baru ini sedang sangat populer. Diet ini memberikan klaim berbagai manfaat detox seperti membersihkan darah dan membuang racun-racun berbahaya dari tubuh. Pada dasarnya, diet detox adalah intervensi diet jangka pendek yang dirancang guna menghilangkan racun dari dalam tubuh. Diet detox biasanya melibatkan puasa, yang diikuti dengan diet buah, sayur, jus buah, dan air yang ketat. Terkadang, diet detox juga akan melibatkan herbal, teh, suplemen, dan pembersih usus atau dikenal dengan sebutan enema. Manfaat detox jenis ini diklaim dapat mengistirahatkan organ tubuh berkat puasa; menstimulasi hati untuk membersihkan racun; mendukung pembersihan racun melalui air seni, kotoran, dan keringat; meningkatkan sirkulasi; dan menyediakan nutrisi-nutrisi yang sehat bagi tubuh.

Terapi detox sangat direkomendasikan karena adanya potensi paparan terhadap zat-zat kimia beracun di lingkungan atau pada diet Anda. Zat kimia beracun tersebut contohnya adalah polutan, zat kimia sintetis, logam berat, dan senyawa berbahaya lainnya. Dietini juga diklaim memiliki manfaat detox yang dapat membantu meringankan berbagai macam masalah kesehatan, seperti obesitas, gangguan pencernaan, penyakit autoimun, peradangan, alergi, perut kembung, dan kelelahan kronis. Akan tetapi, penelitian terhadap diet detox tersebut masih kurang.

Cara terbaik mendapatkan manfaat detox lewat diet

Ada banyak cara untuk melakukan diet detox, mulai dari puasa total hingga perubahan makanan yang dikonsumsi. Kebanyakan diet detox melakukan satu atau lebih dari hal-hal berikut ini:

  • Berpuasa selama 1 hingga 3 hari
  • Minum air, teh, dan jus buah dan sayur yang segar
  • Minum hanya cairan tertentu, misalnya air garam dan jus lemon
  • Minum suplemen atau herbal
  • Menghindari semua makanan-makanan yang dapat menyebabkan alergi, dan secara perlahan mengonsumsinya kembali
  • Berolahraga dengan teratur
  • Tidak lagi mengonsumsi alkohol, kopi, rokok, dan gula olahan

Racun apa yang dapat dibersihkan melalui diet ini?

Manfaat detox dari diet jenis ini adalah kemampuannya yang diklaim dalam membersihkan racun dalam tubuh. Mekanisme bagaimana diet ini bekerja pun masih belum begitu jelas. Faktanya, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa manfaat detox dari diet dalam membersihkan racun dari tubuh. Tubuh Anda dapat membersihkan racun melalui hati, kotoran, air seni, dan keringat. Hati akan membuat zat-zat beracun tidak berbahaya, dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Meskipun demikian, ada beberapat zat kimia yang mungkin sulit untuk dibersihkan oleh hati, seperti polutan organik persisten, phthalate, BPA (bisphenol A), dan logam berat. Zat-zat kimia tersebut dapat menumpuk di jaringan lemak atau darah dan dapat membutuhkan waktu yang sangat lama untuk tubuh benar-benar membersihkannya. Untungnya, zat-zat kimia ini sudah jarang digunakan pada produk-produk komersil yang ada di pasaran.

Seberapa efektif?

Beberapa orang melaporkan bahwa manfaat detox dari diet in membuat mereka menjadi lebih fokus dan berenergi pada saat melakukan diet dan setelahnya. Akan tetapi, peningkatan kesehatan ini kemungkinan ada karena mereka tidak lagi mengonsumsi makanan olahan, alkohol, dan zat-zat tidak sehat lain dalam diet mereka. Karena diet detox menganjurkan Anda mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, Anda akan mendapatkan vitamin dan mineral yang tadinya jarang Anda konsumsi sehari-hari. Klaim manfaat detox dari diet ini salah satunya adalah kemampuannya dalam menurunkan berat badan. Apabila diet detox melibatkan pembatasa konsumsi kalori, hal tersebut dapat menjadi penyebabnya, dan bukan karena detoksifikasi. Beberapa orang bahkan merasa kurang sehat saat menjalani detoksifikasi.

Read More

Penderita Autoimun Dapat Menerapkan Puasa Seperti Ini

Puasa untuk autoimun boleh dilakukan dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter

Puasa adalah tradisi yang dilakukan untuk menerapkan pola hidup yang berbeda selama satu bulan. Cara menerapkan pola hidup yang berbeda adalah dengan menahan rasa lapar hingga waktunya berbuka. Cara tersebut merupakan cara untuk mengendalikan diri, baik secara jasmani maupun rohani. Meskipun demikian, semua orang belum tentu dapat berpuasa karena sebagian orang mungkin menderita penyakit seperti penderita autoimun.

Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun adalah kondisi dimana sistem imunitas atau kekebalan tubuh manusia menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Pada tubuh yang sehat, sistem kekebalan tubuh dapat membedakan mana yang merupakan sel-sel tubuh, dan mana yang merupakan bakteri atau virus.

Akan tetapi, orang-orang yang mengalami penyakit autoimun kehilangan kemampuan pada sistem imunitas di dalam tubuh. Tubuh penderita autoimun melepaskan protein-protein yang disebut sebagai autoantibodi, kemudian akan menyerang sel-sel sehat di dalam tubuh.

Penyebab Penyakit Autoimun

Seseorang yang mengalami penyakit autoimun kemungkinan disebabkan oleh faktor berikut:

  • Faktor genetik.
  • Makanan dan minuman yang dikonsumsi.
  • Infeksi.
  • Paparan bahan kimia.

Penelitian Tentang Penyakit Autoimun

Meskipun waktu makan dan minum dibatasi selama puasa, sebuah studi menunjukkan sisi positif pada orang-orang yang menderita autoimun yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Studi yang dilakukan melibatkan orang-orang yang menderita autoimun, yang terdiri dari penyakit lupus, sklerosis ganda, dan radang usus.

Autoantibodi yang banyak ditemukan pada penderita lupus tidak mengalami peningkatan jumlah secara signifikan ketika mereka berpuasa. Meskipun demikian, peningkatan baru terjadi setelah mereka tidak menjalankan ibadah puasa. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang-orang yang mengalami penyakit lupus mampu menjalani ibadah puasa dengan aman.

Bagi penderita sklerosis ganda, mereka dapat berpuasa dengan aman jika mereka menjaga jenis makanan yang ingin dikonsumsi, pola tidur, serta pengobatan untuk menjaga kondisi tubuh mereka. Meskipun demikian, puasa tidak dianjurkan bagi orang-orang yang menderita sklerosis ganda yang menggunakan obat antikejang dosis tinggi.

Penelitian lain, yang melibatkan orang-orang yang menderita radang usus, menunjukkan bahwa 60 pasien tidak mengalami penyakit yang parah atau penurunan kesehatan. Hasil studi tersebut juga menunjukkan bahwa orang-orang yang menderita radang usus juga bisa menjalani ibadah puasa.

Cara Untuk Menjalani Puasa Jika Terkena Autoimun

Jika Anda adalah salah satu penderita autoimun, maka Anda bisa menjalani ibadah puasa. Namun, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika Anda merasa kuat atau tidak untuk menjalankan ibadah puasa. Selain itu, berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan jika Anda ingin menjalani ibadah puasa:

  • Jangan lewatkan sahur

Sahur adalah waktu yang tepat jika Anda ingin mengisi perut. Jika Anda melewatkan sahur, maka Anda perlu menahan rasa lapar atau haus hingga waktunya berbuka.

  • Pilih diet khusus

Autoimmune Protocol (AIP) menyatakan bahwa orang-orang yang mengalami penyakit autoimun dapat mengkonsumsi makanan diet seperti minyak kelapa, daging rendah lemak, makanan laut, makanan fermentasi, rempah-rempah, dan gelatin.

  • Hindari menu pantang

Orang-orang yang mengalami penyakit autoimun perlu menghindari makanan pantang seperti telur, biji-bijian, produk olahan atau dalam kemasan kaleng, kopi, dan susu.

  • Konsumsi air mineral

Konsumsi air mineral tidak hanya mencegah dehidrasi, namun juga untuk membantu menjaga kondisi tubuh Anda. Ada baiknya jika Anda konsumsi air mineral saat sahur dalam jumlah minimal sebanyak 2 liter per hari.

  • Penggunaan obat

Anda sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika Anda perlu menggunakan obat dengan efek yang dapat diperpanjang, untuk menjaga tubuh selama berpuasa.

  • Jangan memaksakan diri

Merawat ciptaan Tuhan, termasuk merawat diri Anda, merupakan hal yang perlu dilakukan. Anda jangan memaksakan diri untuk berpuasa jika Anda merasa tidak kuat.

Kesimpulan

Sebagian penderita autoimun mungkin mampu menjalani ibadah puasa. Namun, jika Anda tidak merasa kuat untuk menjalani ibadah puasa, Anda sebaiknya luangkan waktu untuk beristirahat, dan berpuasa di lain waktu.

Read More

Fungsi Mitokondria Itu Penting, Ini Penyebabnya

Apakah Anda familiar dengan istilah mitokondria? Mitokondria sering dianggap sebagai gardu tenaga dari sel tubuh. Fungsi mitokondria adalah membantu mengubah energi yang diambil dari makanan menjadi energi yang dibutuhkan oleh sel untuk digunakan. Namun, fungsi mitokondria tidak hanya memproduksi energi. Mitokondria terlibat dalam tugas lain, seperti memberi sinyal antara sel dan kematian sel, atau lebih dikenal dengan istilah apoptosis. Artikel ini akan membahas bagaimana mitokondria bekerja.

Mitokondria merupakan sebuah organel (organ mini di dalam sel) yang sangat kecil, berukuran sekitar 0.75 hingga 4 micrometer dan tidak terlihat di bawah mikroskop. Berbeda dengan organel lain, mitokondria memiliki selaput, luar dan dalam, dan masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Mitokondria terbagi menjadi beberapa kamar, masing-masing membawa manfaat atau fungsi mitokondria sendiri-sendiri, misalnya.

  • Selaput luar. Molekul kecil yang dapat menembuh selaput luar dengan bebas. Bagian luar ini terdiri dari protein yang disebut porin, yang membentuk saluran agar protein dapat melintas. Membran luar juga merupakan tempat enzim lain dengan jenis dan fungsinya masing-masing.
  • Ruang antar selaput. Daerah ini merupakan sebuah area antara selaput luar dan dalam
  • Selaput dalam. Selaput ini membawa protein yang mengandung beberapa peran penting. Karena tidak ada porin di dalam selaput dalam, selaput ini kedap dan tidak dapat ditembus oleh banyak molekul. Molekul hanya dapat melintas selaput dalam melalui alat pengangkut membrane khusus. Selaput dalam adalah tempat di mana banyak terdapat adenosine triphospahate, atau disingkat ATP, energi yang digunakan oleh sel.
  • Critae. Lipatan-lipatan dalam selaput dalam. Cristae akan meningkatkan daerah permukaan dari selaput, sehingga memperbesar ruangan yang tersedia untuk reaksi kimia.
  • Matrix. Merupakan daerah di dalam selaput dalam. Matrix mengandung ratusan enzim dan sangat penting dalam produksi ATP. DNA mitokondrial bersarang di tempat ini.

Jenis sel yang berbeda memiliki jumlah mitokondria yang berbeda pula. Contohnya, sel darah merah yang sudah tua sama sekali tidak memiliki mitokondria. Di sisi lain, sel-sel hati dapat memiliki lebih dari 2 ribu mitokondria.Sel-sel yang membutuhkan banyak energi biasanya mengandung mitokondria dalam jumlah yang besar pula. Hampir sekitar 40 persen sitoplasma yang ada di sel otot hati terdiri dari mitokondria.

Meskipun mitokondria sering digambar dalam bentuk oval, mereka secara konstan akan membagi diri dan menggabungkan diri dengan yang lain. Dalam kenyataannya, organel ini berhubungan satu sama lain dalam jaringan yang terus berubah.

Apa yang mitokondria lakukan?

Meskipun dikenal karena perannya dalam memproduksi energi, mereka memiliki tugas lain yang tidak kalah pentingnya. Nyatanya, hanya sekitar 3 persen dari gen yang ditubuhkan untuk membuat mitokondria masuk ke dalam peralatan pembuat energi. Mitokondria akan mengubah energi kimia dari makanan yang kita makan menjadi energi yang dibutuhkan oleh sel. Proses ini disebut dengan istilah fosforilasi oksidatif.

Selain itu, fungsi mitokondria yang lain berhubungan dengan kematian sel, atau juga disebut dengan nama apoptosis. Saat sel menjadi tua dan rusak, sel-sel tersebut akan dibersihkan dan dihancurkan. Mitrokondria membantu memutuskan sel mana yang perlu dihancurkan. Mitokondria akan melepaskan cytochrome C, yang akan mengaktivasi caspase, salah satu enzim yang terlibat dalam penghancuran sel saat apoptosis berlangsung. Mitokondria juga berperan penting dalam penyerapan ion kalsium dan menyimpannya hingga tubuh membutukannya. Kalsium sangat dibutuhkan dalam fungsi otot, kesuburan, dan pembekuan darah.

Read More

Diet DASH, Pola Makan Sehat Bagi Penderita Hipertensi

Cukup banyak dari orang Indonesia yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sebagian besar dipicu oleh pola makan tinggi garam dan lemak. Oleh sebab itu, penderita hipertensi dianjurkan untuk menerapkan diet DASH.

diet dash

Dietary Approaches to Stop Hypertension atau DASH, sesuai namanya, merupakan pola makan yang dianjurkan bagi penderita hipertensi, dengan tujuan menurunkan tekanan darah.

Manfaat diet DASH

Meskipun disebut sebagai diet untuk menghentikan hipertensi, namun diet DASH tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Manfaat lain yang akan dirasakan, salah satunya berat badan menurun.

Karena dalam diet DASH dianjurkan pola makan sehat, maka turunnya berat badan akan mengikuti, seiring dengan kedisiplinan Anda menerapkan diet ini. Akan tetapi, saat berat badan Anda belum turun, bukan berarti diet ini tidak efektif. Perlu diingat, tujuan utama menerapkan diet DASH adalah untuk menurunkan tekanan darah. Biasanya, penurunan tekanan darah sudah terjadi meskipun berat badan belum turun.

Menerapkan diet DASH juga dapat mengurangi risiko Anda terserang diabetes tipe 2. Pola makan yang diterapkan diyakini dapat mengatasi resistensi insulin, yang diketahui sebagai salah satu penyebab diabetes tipe 2.

Tak hanya menurunkan risiko terjangkit diabetes tipe 2, menerapkan diet DASH juga menurunkan risiko sindrom metabolik secara umum. Ini merupakan kumpulan penyakit yang meningkatkan kemungkinan seseorang menderita penyakit jantung, stroke, serta diabetes tipe 2 itu sendiri.

Diet DASH, begini caranya

Secara umum, diet DASH menganjurkan Anda untuk mengonsumsi sayur, buah, gandum utuh, serta produk susu rendah lemak. Saat menjalani diet DASH, Anda juga boleh mengonsumsi protein, seperti ikan dan ayam. Protein yang bersumber dari biji-bijian dan kacang-kacangan juga masih bisa Anda konsumsi, beberapa kali dalam seminggu.

Sementara daging merah, makanan manis, serta lemak, dapat Anda konsumsi dalam jumlah kecil. Nah, berikut ini rekomendasi porsi untuk masing-masing jenis makanan, dengan perhitungan maksimal 2000 kalori per hari.

– 4-5 porsi sayur

Satu porsi sayur adalah 130 gram sayuran mentah atau 65 gram sayuran yang dimasak. Anda dapat memilih aneka jenis sayuran.

Dalam diet DASH, sayuran dijadikan makanan utama, bukan pendamping. Artinya, perlahan-lahan porsi sayur harus lebih besar dibanding porsi karbohidrat dan daging.

– 4-5 porsi buah

Selain karena kaya akan kalium, magnesium, dan serat, buah juga mengandung lemak yang rendah, sehingga sangat baik bagi penderita hipertensi. Namun, tidak semua jenis buah dapat Anda konsumsi. Sebab beberapa jenis buah, seperti kelapa, alpukat, dan durian, memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Satu porsi buah dihitung sebanyak 65 gram buah potong. Anda dapat mengonsumsinya sebagai camilan maupun menu sarapan.

– 2 porsi ikan dan daging tanpa lemak

Sekitar 85 gram ikan dan daging tanpa lemak, dihitung sebagai satu porsi. Ikan tentu menjadi jenis sumber protein yang sangat direkomendasikan.

Bila Anda ingin mengonsumsi daging sapi, pilihlah bagian yang tidak berlemak. Sedang bila Anda mengonsumsi ayam atau bebek, sebaiknya tidak memakan bagian kulit yang mengandung lemak sangat tinggi.

– 2-3 porsi susu dan produk olahannya

Anda dapat mengonsumsi susu dan produk olahannya. Jenis makanan ini merupakan sumber kalsium, protein, serta vitamin D bagi tubuh. Namun, pilihlah produk rendah lemak atau tidak mengandung lemak sama sekali.

– 6-8 porsi gandum atau beras

Bila Anda mengonsumsi roti gandum, maka satu porsi adalah satu helai roti. Perhitungan tersebut setara dengan 65 gram nasi atau pasta. Disarankan untuk memilih asupan yang mengandung gandum utuh, sebab lebih kaya serat.

– 2-3 porsi lemak atau minyak

Biar bagaimanapun, lemak dibutuhkan oleh tubuh untuk proses pencernaan vitamin. Sehingga dalam satu hari, Anda tetap perlu mengonsumsi lemak, namun jumlahnya tidak boleh terlalu banyak.

Satu porse lemak setara dengan satu sendok teh margarin atau satu sendok makan mayones.

Untuk memperoleh hasil maksimal, penerapan diet DASH ini sebaiknya dibarengi dengan rutin berolahraga. Serta usahakanlah tidak memasak makanan tersebut dengan bumbu yang terlalu banyak, terutama garam.

Read More

Mau Keluar Rumah? Jangan Lupa Lakukan Hal Ini

Virus Corona atau COVID-19 telah mencapai lebih dari 900.000 ribu kasus di seluruh dunia, dan mengakibatkan lebih dari 47.000 orang meninggal dunia, namun lebih dari 194.000 orang dinyatakan sembuh. Oleh karena itu, aktivitas di luar rumah telah dibatasi, namun orang-orang tetap boleh keluar rumah jika ada keperluan mendesak.

Ada baiknya jika Anda tetap berada di rumah agar Anda dapat melindungi diri dari virus Corona. Namun, jika Anda ingin keluar rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan supaya tidak tertular virus Corona. Hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Pakai masker

Salah satu cara yang perlu Anda lakukan ketika keluar rumah adalah menggunakan masker. Walaupun masker hanya digunakan oleh orang yang mengalami gejala seperti batuk, Anda sebaiknya juga gunakan masker untuk menjaga diri agar tidak tertular virus Corona melalui paparan udara.

  • Bawa hand sanitizer

Selain masker, Anda sebaiknya membawa hand sanitizer untuk membersihkan tangan Anda. Hand sanitizer mengandung alkohol yang terdiri dari 60% etanol dan 70% isopropil. Anda perlu gunakan hand sanitizer setiap kali Anda menyentuh benda-benda yang mudah terkontaminasi virus Corona seperti pegangan pintu.

  • Bawa tisu

Anda juga sebaiknya bawa tisu untuk berjaga-jaga. Jika Anda tidak membawa hand sanitizer, maka Anda perlu membawa tisu sebagai penggantinya untuk menutupi tangan ketika memegang sesuatu seperti pegangan pintu. Setelah Anda selesai menggunakannya, Anda perlu buang tisu yang Anda pakai dan bersihkan diri dengan mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

  • Cuci tangan

Salah satu cara efektif untuk mencegah virus Corona adalah mencuci tangan. Anda tidak hanya mencuci tangan dengan membasahinya, Anda juga perlu menggunakan sabun setidaknya 20 detik. Pastikan Anda bersihkan seluruh bagian tangan Anda dan gunakan air bersih.

  • Terapkan Social Distancing

Salah satu cara yang wajib Anda lakukan ketika keluar rumah adalah menerapkan Social Distancing. Anda hanya perlu menjaga jarak dari orang lain setidaknya dalam 1 meter. Selain itu, Anda sebaiknya jangan berjabat tangan dengan orang lain dan hindari tempat yang ramai untuk membantu mencegah penyebaran virus Corona.

  • Keluar rumah untuk hal mendesak

Hal yang penting yang perlu Anda pahami adalah Anda sebaiknya keluar rumah hanya keperluan mendesak seperti membeli kebutuhan makanan atau obat. Anda sebaiknya tetap berada di rumah dan tunggu pengumuman dari pemerintah tentang informasi lebih lanjut mengenai virus Corona.

Walaupun keluar rumah dibatasi, ada berbagai hal yang bisa Anda lakukan di rumah selain belajar dan bekerja. Karena semua aktivitas dapat dilakukan secara online, Anda dapat menghubungi kerabat melalui video call, bermain video game, atau berolahraga bersama untuk meluangkan waktu bersama orang-orang tercinta.

Virus Corona merupakan penyakit yang Anda perlu waspadai. Jangan sampai Anda membiarkan diri atau orang-orang terdekat Anda terkena virus tersebut. Salah satu cara yang efektif, seperti yang disebutkan di atas adalah untuk tidak keluar rumah sementara, hanya jika Anda membutuhkan sesuatu untuk keperluan rumah.

Pemerintah telah melakukan antisipasi bagi warga-warga agar mencegah penularan virus Corona. Oleh karena itu, Anda hanya ikuti perintah yang diterapkan pemerintah untuk melindungi diri dengan tidak keluar rumah. Jika Anda mengalami gejala yang disebabkan virus Corona, Anda sebaiknya datang ke rumah sakit dan minta dokter untuk merawat Anda.

Read More

Kenali Gula Rafinasi

Gula, dalam segala bentuk, adalah karbohidrat sederhana yang diubah tubuh Anda menjadi glukosa dan digunakan sebagai energi. Tetapi efeknya pada tubuh dan kesehatan Anda secara keseluruhan tergantung pada jenis gula yang Anda makan, baik yang alami atau yang rafinasi.

Gula alami ditemukan dalam buah sebagai fruktosa dan produk susu, seperti susu dan keju, sebagai laktosa. Makanan dengan gula alami memiliki peran penting dalam diet pasien kanker dan siapa pun yang berusaha mencegah kanker karena mereka memberikan nutrisi penting yang menjaga tubuh Anda tetap sehat dan membantu mencegah penyakit.

Gula rafinasi berasal dari tebu atau bit gula, yang diproses untuk mengekstraksi gula. Gula rafinasi biasanya ditemukan sebagai sukrosa, yang merupakan kombinasi glukosa dan fruktosa. Gula rafinasi merupakan gula yang telah diproses, berbeda dengan gula alami yang ditemukan dalam buah dan susu. Gula rafinasi yang paling umum adalah gula pasir, atau sukrosa, tetapi ada juga gula bubuk, sirup dan gula olahan alami.

Tahukah Anda bahwa sebagian besar makanan olahan yang Anda makan memiliki kalori dan gula dan sedikit nilai gizi? Sebaliknya, buah dan susu tanpa pemanis memiliki vitamin dan mineral. Susu juga mengandung protein dan buah memiliki serat, yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Seberapa banyak gula yang sudah ada dalam darah Anda akan menentukan bagaimana tubuh Anda menggunakan gula tersebut. Jika Anda sudah memiliki banyak gula dalam sistem Anda, maka apa yang baru saja Anda cerna akan membentuk lemak atau glikogen, bentuk penyimpanan glukosa yang digunakan untuk energi cepat.

Namun kebanyakan orang mengkonsumsi makanan yang menggunakan lebih banyak gula rafinasi, yang mengakibatkan meningkatnya tingkat obesitas di kalangan orang dewasa dan anak-anak.

Berikut jenis-jenis gula rafinasi:

  • Gula pasir

Gula pasir adalah jenis gula rafinasi yang paling umum. Gula ini dikonsumsi oleh banyak orang secara teratur dan ditemukan di sebagian besar rumah.

  • Gula bubuk

Gula bubuk, atau gula putih, adalah jenis lain dari gula rafinasi yang biasa ditemukan di rumah. Gula bubuk memiliki tekstur lebih halus dari jenis gula halus lainnya.

Gula rafinasi memiliki 0 kalori, yang berarti kekurangan nutrisi dan mineral lainnya. Selain itu, konsumsi gula yang berlebihan akan menyebabkan masalah kesehatan untuk Anda. Segera kurangi konsumsi gula untuk menjaga kesehatan.

Read More

Rekomendasi Dokter Gigi Anak di Jakarta

Rekomendasi dokter gigi anak di Jakarta

Melakukan pemeriksaan gigi merupakan hal yang wajib dilakukan sejak dini, perlu diketahui agar tidak menunggu sampai gigi terasa sakit, terlebih justru mengganggu aktivitas sehari-hari. Dokter gigi anak menjadi kebutuhan tersendiri untuk memenuhi kesehatan gigi, hal ini penting bagi orang tua dan anaknya yang masih dalam masa pertumbuhan.

Dokter gigi untuk anak tak hanya akan melakukan pemeriksaan kesehatan gigi, tetapi juga memantau pertumbuhan serta risiko penyakit yang mungkin terjadi pada gigi dan mulut anak. Dalam memenuhi kesehatan gigi ini tentu para orang tua tak sembarang memilih dokter gigi untuk anak, terlepas dari banyaknya dokter gigi spesialis anak yang bisa ditemui hampir di seluruh rumah sakit besar.

Rekomendasi Dokter Gigi Anak di Jakarta

Jakarta Selatan

  1. RSIA Kemang Medical Care

Rumah sakit rekomendasi pertama yang menyediakan dokter spesialis gigi anak adalah Rumah Sakit Ibu dan Anak Kemang Medical Care yang terletak di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Terdapat dokter spesialis kedokteran gigi di rumah sakit ini, sebagai rekomendasi untuk memeriksa dan mengatasi masalah gigi pada anak yaitu drg. Nila Alya Maulidina, Sp.KGA.

  1. Rumah Sakit Pondok Indah

Dokter gigi untuk anak rekomendasi di kawasan Jakarta Selatan selanjutnya adalah di Rumah Sakit Pondok Indah yang terletak di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Salah satu dokter yang direkomendasikan telah berkecimpung di dunia medis sejak 39 tahun yang lalu, yakni Prof.drg, Heriandi Sutadi, Sp.KGA(K).

  1. Rumah Sakit Pertamina

Rumah Sakit Pertamina yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan menjadi rumah sakit selanjutnya sebagai rekomendasi masalah gigi. Salah satu dokter terbaik di rumah sakit ini dengan spesialisasi kedokteran gigi anak guna pemeriksaan dan penyembuhan masalah gigi adalah drg.Rinati Adrin, Sp.KGA.

Jakarta Barat

  1. Rumah Sakit Grha Kedoya

Rekomendasi rumah sakit khusus untuk pemeriksaan dan mengatasi masalah gigi di Jakarta Barat yang pertama adalah Rumah Sakit Grha Kedoya yang terletak di Kebon Jeruk. Rumah sakit ini memiliki dokter spesialis kedokteran gigi anak yang dapat diandalkan menyembuhkan masalah gigi anak, salah satunya drg.Aurieli Ariane, Sp.KGA.

  1. Kidz Dental Care and Orthodontic Clinic

Kidz Dental Care and Orthodontic Clinic berada di kawasan kembangan, Jakarta Barat, menjadi salah satu yang direkomendasikan bagi para orang tua untuk mengatasi masalah gigi pada anak. Drg.Elfrida Atzmaryanni, Sp.KGA menjadi dokter andalan dengan segala pengalaman di dunia kedokteran.

  1. Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina Daan Mogot

Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina Daan Mogot berada di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat menjadi rekomendasi selanjutnya bagi para orang tua dalam mengatasi masalah gigi pada anak. Memiliki pengalaman selama 20 tahun di bidang kedokteran drg. Kiki Seyla Puar, Sp.KGA dipercaya akan kualitas yang dimiliki.

Jakarta Timur

  1. Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina

Rumah sakit ini berada di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, bagi masyarakat di daerah ini sangat direkomendasikan mengunjunginya ketika akan melakukan pemeriksaan gigi. Salah satu dokter andalan untuk mengatasi masalah gigi pada anak adalah drg. Hendri Fayol M.,Sp.KGA.

Selain itu, dokter gigi anak lainnya yang direkomendasikan satunya adalah drg.Rachmatiah Badjuri,Sp.KGA, salah satu dokter gigi lainnya yang direkomendasikan mengatasi masalah anak. Tak hanya itu, para dokter berpengalaman serta profesional ini akan juga mampu memperbaiki dan mengontrol kondisi gigi anak bagi masyarakat yang berada di kawasan ini.

Read More

Manfaat Lezat Buah Persik

Manfaat buah persik dapat melindungi kulit hingga melancarkan pencernaan.

Buah persik adalah buah yang berasal dari barat laut Cina. Ada dua varian buah persik, freestone dan clingstone. Nama-nama ini mengindikasikan apakah daging buah menempel pada biji di dalamnya atau dapat dengan mudah terlepas. Selain rasanya yang lezat, buah persik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Meskipun tidak mengandung nutrisi dalam jumlah yang melimpah, dalam 128 gram buah persik terdapat kurang lebih 11.1 mg vitamin C. Selain itu, buah persik dapat berkontribusi pada asupan kalium, serat, dan zat besi yang direkomendasikan setiap harinya (RDA). Jumlah vitamin C tersebut sama dengan 12,33% dari RDA untuk pria dewasa dan 14,8% untuk wanita dewasa, menurut petunjuk dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA).

Manfaat kesehatan buah persik
Meskipun profil nutrisi buah persik relatif rendah, buah yang lezat dan menyegarkan ini masih dapat memberikan manfaat kesehatan, misalnya menjadi salah satu bagian penting diet seimbang bagi mereka yang sedang menjalankan diet buah dan sayur. Buah persik dapat menambah rasa manis pada camilan dan hidangan pencuci mulut, menggantikan fungsi gula tambahan yang berbahaya. Untuk masalah kesehatan, buah persik memiliki manfaat seperti:

  • Mengurangi risiko kanker
    Buah persik menyediakan vitamin C dalam jumlah yang banyak. Vitamin ini merupakan antioksidan yang kuat dan dapat membantu tubuh mencegah terbentuknya radikal bebas, yang mana merupakan senyawa yang dihubungkan dengan pertumbuhan kanker. Sebagai hasilnya, asupan vitamin C dalam jumlah yang cukup dapat membantu seseorang untuk terhindari dari penyakit kanker.

  • Menjaga kesehatan kulit
    Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C secara teratur dapat meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit. Antioksidan yang sangat kuat ini memerankan peran penting dalam pembentukan kolagen. Kolagen akan bertindak sebagai sistem pendukung kulit, mempercepat penyembuhan luka, dan meningkatkan kekuatan kulit. Sebuah studi pada tahun 2015 menemukan bahwa memasukkan vitamin C ke dalam diet Anda merupakan satu faktor yang penting dalam menjaga tampilan kulit, termasuk menghindari keriput, meningkatkan elastisitas, dan membuat kulit lembut.

  • Menambah asupan serat
    Dalam 128 gram buah persik potong terdapat 2.52 gram serat. USDA merekomendasikan 22,4 hingga 28 gram asupan serat bagi wanita dewasa dan 30 hingga 34 gram bagi pria dewasa setiap harinya. Hal ini berarti porsi penyajian yang disebutkan sebelumnya sudah dapat menyediakan setidaknya 7,5 persen dari RDA konsumsi serat. 

Makanan yang kaya akan serat menyediakan manfaat kesehatan yang melimpah. Serat dapat melindungi kesehatan usus, mendukung seseorang yang sedang mengontrol berat badan mereka, dan mengurangi risiko kondisi kesehatan berbahaya. Beberapa kondisi kesehatan berbahaya tersebut seperti penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan beberapa kanker seperti kanker kolorektal dan paru-paru. Anda dapat meningkatkan asupan serat dengan mengganti makanan manis rendah serat dengan satu atau dua buah persik setiap harinya. Manfaat mengonsumsi buah dan sayur-sayuran sangat banyak bagi kesehatan. Dengan meningkatnya konsumsi makanan berbasis tanaman, risiko penyakit yang disebabkan karena gaya hidup tidak sehat seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung dapat menurun. 

Buah persik juga kaya akan kandungan kalium. Kalium merupakan sebuah elektrolit yang dapat membantu fungsi sel-sel di dalam tubuh. Selain itu, kalium juga dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi, stroke, dan batu ginjal. Dalam 128 gram buah persik potong terdapat 319 mg kalium, yang mana merupakan 6,8 persen dari RDA (sebanyak 4700 gram) pada orang dewasa.

Read More