Category Hidup Sehat

Makanan Penambah Trombosit Alami

Apakah makanan penambah trombosit berhasil menaikkan trombosit di tubuh?

Mungkin banyak dari Anda yang sudah familiar dengan istilah kata trombosit. Trombosit adalah sel darah yang membantu darah Anda membeku. Ketika jumlah trombosit Anda rendah, Anda mungkin melihat gejala, termasuk kelelahan, mudah memar, dan gusi berdarah.

Jumlah trombosit yang rendah juga biasa disebut sebagai trombositopenia.

Infeksi tertentu seperti, leukemia, perawatan kanker, penyalahgunaan alkohol, sirosis hati, pembesaran limpa, sepsis, penyakit autoimun, dan obat-obatan tertentu semua dapat menyebabkan trombositopenia.

Makanan yang kaya akan vitamin dan mineral tertentu dapat membantu tubuh membuat dan menjaga trombosit dalam darah Anda.  Sementara banyak nutrisi tersebut tersedia dalam bentuk suplemen. Namun akan lebih baik untuk Anda mencoba mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan yang Anda konsumsi.

Makanan penambah trombosit antara lain:

Makanan yang memiliki kandungan vitamin B-12 yang tinggi. Vitamin B-12 sendiri dapat membantu menjaga sel-sel darah Anda tetap sehat. Sedangkan kekurangan B-12 dalam tubuh Anda telah dikaitkan dengan jumlah trombosit yang rendah. Makanan tersebut adalah:

  • Hati sapi
  • Kerang
  • Tuna
  • Salmon
  • Telur

Untuk Anda yang vegetarian dan vegan dapat memperoleh vitamin B-12 dari sereal yang sudah diperkaya dan alternatif susu yang diperkaya, seperti susu almond atau susu kedelai.

Folat atau asam folat dalah vitamin B yang membantu sel-sel Anda, termasuk sel darah. Folat sendiri muncul secara alami di banyak makanan, dan dapat ditambahkan ke dalam bentuk asam folat. Berikut makanan yang memiliki asam folat:

  • Kacang-kacangan, seperti kacang merah, kacang polong
  • Jeruk
  • Bayam
  • Nasi

Vitamin C berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh. Vitamin C juga membantu trombosit Anda bekerja dengan benar dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi, yang merupakan nutrisi penting lainnya untuk trombosit.

Banyak buah-buahan dan sayuran mengandung vitamin C yang dapat Anda konsumsi, termasuk:

  • Brokoli
  • Brussel sprouts
  • Buah jeruk, jeruk bali atau anggur
  • Buah kiwi
  • Paprika merah dan hijau
  • Stroberi

Makanan dengan Vitamin D karena vitamin D berkontribusi pada berfungsinya tulang, otot, saraf, dan sistem kekebalan tubuh Anda.

Tubuh dapat menghasilkan vitamin D dari paparan sinar matahari, tetapi tidak semua orang menerima cukup sinar matahari setiap hari. Sumber makanan vitamin D yang dapat Anda konsumsi meliputi:

  • Kuning telur
  • Ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan mackerel
  • Minyak hati ikan
  • Susu dan yogurt

Untuk Anda yang vegetarian atau vegan yang ketat bisa mendapatkan vitamin D dari:

  • Sereal sarapan yang diperkaya
  • Jus jeruk yang diperkaya
  • Aternatif susu yang diperkaya, seperti susu kedelai dan yogurt kedelai
  • Suplemen
  • Jamur yang terpapar UV

Vitamin K sangat penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang Anda. Makanan yang kaya vitamin K meliputi:

  • Natto, hidangan kedelai yang sudah difermentasi
  • Sayuran hijau, seperti collard, lobak, bayam, dan kangkung
  • Brokoli
  • Kedelai dan minyak kedelai
  • Labu

Zat besi sangat penting untuk tingkat sel darah merah dan trombosit Anda. Makanan kaya zat besi meliputi:

  • Tiram
  • Hati sapi
  • Sereal sarapan yang diperkaya
  • Kacang putih dan kacang merah
  • Coklat hitam
  • Kacang-kacangan
  • Tahu

Makan sumber zat besi lain bila Anda vegetarian, salah satunya seperti kacang-kacangan, lentil, dan tahu, dengan sumber vitamin C untuk meningkatkan tingkat penyerapan. Hindari mengkonsumsi makanan kaya kalsium dan mengkonsumsi suplemen kalsium sekaligus sebagai sumber zat besi.

Selain makanan-makanan diatas, Anda juga dapat mengkonsumsi klorofil dan ekstrak daun pepaya sebagai alternatif makanan penambah trombosit. Bawang putih juga merupakan pembersih darah yang luar biasa, selain itu bawang putih berfungsi untuk membantu meningkatkan jumlah trombosit darah Anda secara alami.

Anda juga disarankan untuk olahraga secara teratur, karena dapat meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu meningkatkan trombosit Anda. Segera hubungi dokter Anda ketika mengalami gejala seperti, bintik-bintik merah gelap pada kulit, sakit kepala setelah cedera ringan, mudah memar, perdarahan spontan atau berlebihan serta perdarahan di mulut atau hidung setelah menyikat gigi.

Read More

Ini Dia 10 Kebiasaan yang Bisa Bantu Anda Turunkan Berat Badan

turunkan berat badan

Menurunkan berat badan adalah hal yang sangat menantang dan setiap orang mengklaim punya cara terbaik untuk melakukannya. Berdasarkan umur, jenis kelamin, bentuk tubuh, riwayat penyakit, aktivitas fisik, gen, pengalaman diet hingga preferensi makanan seseorang bisa menentukan seberapa besar kemampuan seseorang  untuk menurunkan bobot tubuhnya.

Meskipun tidak ada cara yang dipandang paling sempurna untuk menurunkan bobot tubuh, ternyata ada kebiasaan-kebiasaan khusus yang bisa membantu mereka yang ingin melakukannya. Misalnya dengan mengurangi konsumsi soda dan minuman bergula tinggi. Simak 10 kebiasaan lain yang bisa membantu Anda mengurangi berat badan dan hidup lebih sehat!

  1. Ketahui dari mana Anda memulai. Catat konsumsi makanan Anda selama 3 hari beserta porsinya. Identifikasi seberapa sering Anda makan atau membelinya dari luar
  2. Tentukan target dan rencana Anda. Apa target Anda? Apakah Anda ingin menurunkan berat tubuh agar lebih sehat? Apakah Anda memimpikan celana jins lama Anda muat kembali? Bagaimana Anda mencapainya? Buatlah rencana yang spesifik dan dari hal yang paling mudah.
  3. Identifikasi penghalang Anda dan bagaimana mengatasinya. Sibuk bekerja mungkin akan membuat Anda tidak sempat berolahraga. Solusinya? Bangunlah sejam lebih awal. Tidak punya makanan sehat untuk dimasak? Mulailah dengan berbelanja dan mencari resep.
  4. Identifikasi kebiasaan yang bisa membuat Anda menyantap makanan tak sehat. Apakah Anda suka menonton TV sambil mengemil? Apa Anda sering sengaja tidak makan siang agar bisa makan malam sepuasnya?
  5. Kontrol porsi makan Anda. Pahami porsi yang standar untuk setiap makanan yang Anda santap. Tahukah Anda bahwa satu porsi unggas atau daging adalah 4 ons, atau ukuran setumpuk kartu remi? Atau satu porsi pasta itu hanya 1/2 cangkir?
  6. Bedakan lapar dan tergiur. Anda pasti pernah merasa bingung membedakan mana yang lapar fisik dan mana yang lapar emosional. Apakah Anda cenderung lebih banyak makan saat sedang stres, bosan atau sedih? Cobalah untuk berhenti makan sebelum kenyang karena tubuh baru bisa memberi sinyal untuk berhenti makan setelah 20 menit Anda selesai makan.  Ganti camilan Anda dengan makanan tinggi serat seperti sayuran, gandum dan protein (ikan, unggas dan telur).
  7. Fokuslah pada perubahan yang positif. Mengubah pola kebiasaan membutuhkan waktu setidaknya 3 bulan. Jangan menyerah dan temukan dukungan dari orang-orang terdekat.
  8. Buat aturan 80/20. Patuhlah pada aturan sebanyak 80% dan manfaatkan sisanya sebagai cara untuk menghibur diri. Terlalu ketat pada diri sendiri juga bukan hal yang bagus.
  9. Fokus pada kesehatan. Berjalan, menari, atau berkebun. Temukan aktivitas yang bisa Anda nikmati setiap harinya.
  10. Makanlah dengan perlahan-lahan. Nikmati aroma, rasa dan tekstur setiap makanan yang Anda santap.

Mengubah perilaku memang bukan hal yang mudah apalagi jika Anda berniat menurunkan berat badan. Ambil langkah kecil dan mulailah hari ini untuk meningkatkan kualitas kesehatan Anda.

Read More

Menjaga Pola Makan Sehat Saat Pesta? Ikuti 11 Langkah Mudah Ini

pola makan sehat saat pesta

Sedang diet tapi diundang ke pesta maupun kondangan? Jangan khawatir, Anda tetap bisa menjaga pola makan sehat agar tidak kalap saat makan prasmanan.

Menu prasmanan yang beraneka ragam terkadang membuat kita lupa diri dan ingin mencoba semuanya. Jangan sampai hal ini justru mengganggu diet Anda.

Ikuti tips  berikut agar tidak kalap saat berada di pesta.

1. Jangan menghabiskan semua makanan

Saat berada di sebuah pesta, hindari mengambil lauk terlalu banyak dalam piring Anda. Pilihlah makanan kesukaan Anda sebelum menambahkan menu yang lain.

2. Beri jeda 10 menit saat makan prasmanan

Setelah selesai makan, jangan langsung makan lagi. Beri ‘kesempatan’ kepada perut Anda untuk memberikan informasi ke otak, apakah masih lapar atau sudah kenyang. Anda bisa menggunakan jeda 10 menit ini untuk meminum air atau memulai pembicaraan ringan dengan orang lain sambil mengecek nafsu makan Anda.

3. Menjaga pola makan sehat dengan duduk jauh dari meja makan

Hindari duduk atau berdiri dekat dengan meja makan. Hal ini akan membuat fokus Anda tertuju pada makanan dan Anda jadi mudah lapar.

4. Jangan pergi ke pesta dengan perut kosong

Jangan pergi ke pesta dengan perut kosong. Paling tidak, makanlah satu buah apel atau sepotong roti. Perut kosong membuat Anda kalap dan ingin menghabiskan segalanya.

5. Kurangi minuman bersoda

Selain membuat perut terasa kembung, minuman manis dan bersoda mengandung kalori yang tinggi. Kandungan gulanya dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan lemak dalam tubuh.

6. Hindari minuman beralkohol saat perut kosong

Meminum minuman beralkohol saat perut Anda sedang kosong akan semakin meningkatkan nafsu makan dan Anda akan kesulitan mengontrol apa yang Anda makan.

7. Perbanyak minum air putih

Ketika sedang di pesta, Anda pasti cenderung memilih minuman yang berwarna dengan rasa yang manis. Tidak apa-apa jika Anda hanya minum 1 – 2 gelas saja, tetapi imbangi dengan minum air putih.

8. Tetap bergerak aktif

Jika pesta yang Anda hadiri mengadakan sesi dansa, Anda bisa ikut bergoyang bersama yang lain untuk menurunkan makanan. Jika tidak ada, Anda bisa berjalan menuju ke kamar kecil atau ke meja lain untuk menyapa teman-teman Anda. Bila memungkinkan, lebih baik gunakan tangga ketimbang lift agar Anda tetap dapat membakar kalori seusai makan prasmanan.

9. Tetap makan sayur untuk menjaga pola makan sehat

Jangan mengabaikan sayuran yang dijadikan hiasan pemanis di piring lauk. Anda bisa memakannya untuk mencukupi kebutuhan serat.

Nah, semoga tips di atas bisa membantu menjaga pola makan Anda ketika datang ke kondangan!

Read More