Category Hidup Sehat

Kenali Gula Rafinasi

Gula, dalam segala bentuk, adalah karbohidrat sederhana yang diubah tubuh Anda menjadi glukosa dan digunakan sebagai energi. Tetapi efeknya pada tubuh dan kesehatan Anda secara keseluruhan tergantung pada jenis gula yang Anda makan, baik yang alami atau yang rafinasi.

Gula alami ditemukan dalam buah sebagai fruktosa dan produk susu, seperti susu dan keju, sebagai laktosa. Makanan dengan gula alami memiliki peran penting dalam diet pasien kanker dan siapa pun yang berusaha mencegah kanker karena mereka memberikan nutrisi penting yang menjaga tubuh Anda tetap sehat dan membantu mencegah penyakit.

Gula rafinasi berasal dari tebu atau bit gula, yang diproses untuk mengekstraksi gula. Gula rafinasi biasanya ditemukan sebagai sukrosa, yang merupakan kombinasi glukosa dan fruktosa. Gula rafinasi merupakan gula yang telah diproses, berbeda dengan gula alami yang ditemukan dalam buah dan susu. Gula rafinasi yang paling umum adalah gula pasir, atau sukrosa, tetapi ada juga gula bubuk, sirup dan gula olahan alami.

Tahukah Anda bahwa sebagian besar makanan olahan yang Anda makan memiliki kalori dan gula dan sedikit nilai gizi? Sebaliknya, buah dan susu tanpa pemanis memiliki vitamin dan mineral. Susu juga mengandung protein dan buah memiliki serat, yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Seberapa banyak gula yang sudah ada dalam darah Anda akan menentukan bagaimana tubuh Anda menggunakan gula tersebut. Jika Anda sudah memiliki banyak gula dalam sistem Anda, maka apa yang baru saja Anda cerna akan membentuk lemak atau glikogen, bentuk penyimpanan glukosa yang digunakan untuk energi cepat.

Namun kebanyakan orang mengkonsumsi makanan yang menggunakan lebih banyak gula rafinasi, yang mengakibatkan meningkatnya tingkat obesitas di kalangan orang dewasa dan anak-anak.

Berikut jenis-jenis gula rafinasi:

  • Gula pasir

Gula pasir adalah jenis gula rafinasi yang paling umum. Gula ini dikonsumsi oleh banyak orang secara teratur dan ditemukan di sebagian besar rumah.

  • Gula bubuk

Gula bubuk, atau gula putih, adalah jenis lain dari gula rafinasi yang biasa ditemukan di rumah. Gula bubuk memiliki tekstur lebih halus dari jenis gula halus lainnya.

Gula rafinasi memiliki 0 kalori, yang berarti kekurangan nutrisi dan mineral lainnya. Selain itu, konsumsi gula yang berlebihan akan menyebabkan masalah kesehatan untuk Anda. Segera kurangi konsumsi gula untuk menjaga kesehatan.

Read More

Rekomendasi Dokter Gigi Anak di Jakarta

Rekomendasi dokter gigi anak di Jakarta

Melakukan pemeriksaan gigi merupakan hal yang wajib dilakukan sejak dini, perlu diketahui agar tidak menunggu sampai gigi terasa sakit, terlebih justru mengganggu aktivitas sehari-hari. Dokter gigi anak menjadi kebutuhan tersendiri untuk memenuhi kesehatan gigi, hal ini penting bagi orang tua dan anaknya yang masih dalam masa pertumbuhan.

Dokter gigi untuk anak tak hanya akan melakukan pemeriksaan kesehatan gigi, tetapi juga memantau pertumbuhan serta risiko penyakit yang mungkin terjadi pada gigi dan mulut anak. Dalam memenuhi kesehatan gigi ini tentu para orang tua tak sembarang memilih dokter gigi untuk anak, terlepas dari banyaknya dokter gigi spesialis anak yang bisa ditemui hampir di seluruh rumah sakit besar.

Rekomendasi Dokter Gigi Anak di Jakarta

Jakarta Selatan

  1. RSIA Kemang Medical Care

Rumah sakit rekomendasi pertama yang menyediakan dokter spesialis gigi anak adalah Rumah Sakit Ibu dan Anak Kemang Medical Care yang terletak di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Terdapat dokter spesialis kedokteran gigi di rumah sakit ini, sebagai rekomendasi untuk memeriksa dan mengatasi masalah gigi pada anak yaitu drg. Nila Alya Maulidina, Sp.KGA.

  1. Rumah Sakit Pondok Indah

Dokter gigi untuk anak rekomendasi di kawasan Jakarta Selatan selanjutnya adalah di Rumah Sakit Pondok Indah yang terletak di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Salah satu dokter yang direkomendasikan telah berkecimpung di dunia medis sejak 39 tahun yang lalu, yakni Prof.drg, Heriandi Sutadi, Sp.KGA(K).

  1. Rumah Sakit Pertamina

Rumah Sakit Pertamina yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan menjadi rumah sakit selanjutnya sebagai rekomendasi masalah gigi. Salah satu dokter terbaik di rumah sakit ini dengan spesialisasi kedokteran gigi anak guna pemeriksaan dan penyembuhan masalah gigi adalah drg.Rinati Adrin, Sp.KGA.

Jakarta Barat

  1. Rumah Sakit Grha Kedoya

Rekomendasi rumah sakit khusus untuk pemeriksaan dan mengatasi masalah gigi di Jakarta Barat yang pertama adalah Rumah Sakit Grha Kedoya yang terletak di Kebon Jeruk. Rumah sakit ini memiliki dokter spesialis kedokteran gigi anak yang dapat diandalkan menyembuhkan masalah gigi anak, salah satunya drg.Aurieli Ariane, Sp.KGA.

  1. Kidz Dental Care and Orthodontic Clinic

Kidz Dental Care and Orthodontic Clinic berada di kawasan kembangan, Jakarta Barat, menjadi salah satu yang direkomendasikan bagi para orang tua untuk mengatasi masalah gigi pada anak. Drg.Elfrida Atzmaryanni, Sp.KGA menjadi dokter andalan dengan segala pengalaman di dunia kedokteran.

  1. Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina Daan Mogot

Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina Daan Mogot berada di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat menjadi rekomendasi selanjutnya bagi para orang tua dalam mengatasi masalah gigi pada anak. Memiliki pengalaman selama 20 tahun di bidang kedokteran drg. Kiki Seyla Puar, Sp.KGA dipercaya akan kualitas yang dimiliki.

Jakarta Timur

  1. Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina

Rumah sakit ini berada di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, bagi masyarakat di daerah ini sangat direkomendasikan mengunjunginya ketika akan melakukan pemeriksaan gigi. Salah satu dokter andalan untuk mengatasi masalah gigi pada anak adalah drg. Hendri Fayol M.,Sp.KGA.

Selain itu, dokter gigi anak lainnya yang direkomendasikan satunya adalah drg.Rachmatiah Badjuri,Sp.KGA, salah satu dokter gigi lainnya yang direkomendasikan mengatasi masalah anak. Tak hanya itu, para dokter berpengalaman serta profesional ini akan juga mampu memperbaiki dan mengontrol kondisi gigi anak bagi masyarakat yang berada di kawasan ini.

Read More

Manfaat Lezat Buah Persik

Manfaat buah persik dapat melindungi kulit hingga melancarkan pencernaan.

Buah persik adalah buah yang berasal dari barat laut Cina. Ada dua varian buah persik, freestone dan clingstone. Nama-nama ini mengindikasikan apakah daging buah menempel pada biji di dalamnya atau dapat dengan mudah terlepas. Selain rasanya yang lezat, buah persik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Meskipun tidak mengandung nutrisi dalam jumlah yang melimpah, dalam 128 gram buah persik terdapat kurang lebih 11.1 mg vitamin C. Selain itu, buah persik dapat berkontribusi pada asupan kalium, serat, dan zat besi yang direkomendasikan setiap harinya (RDA). Jumlah vitamin C tersebut sama dengan 12,33% dari RDA untuk pria dewasa dan 14,8% untuk wanita dewasa, menurut petunjuk dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA).

Manfaat kesehatan buah persik
Meskipun profil nutrisi buah persik relatif rendah, buah yang lezat dan menyegarkan ini masih dapat memberikan manfaat kesehatan, misalnya menjadi salah satu bagian penting diet seimbang bagi mereka yang sedang menjalankan diet buah dan sayur. Buah persik dapat menambah rasa manis pada camilan dan hidangan pencuci mulut, menggantikan fungsi gula tambahan yang berbahaya. Untuk masalah kesehatan, buah persik memiliki manfaat seperti:

  • Mengurangi risiko kanker
    Buah persik menyediakan vitamin C dalam jumlah yang banyak. Vitamin ini merupakan antioksidan yang kuat dan dapat membantu tubuh mencegah terbentuknya radikal bebas, yang mana merupakan senyawa yang dihubungkan dengan pertumbuhan kanker. Sebagai hasilnya, asupan vitamin C dalam jumlah yang cukup dapat membantu seseorang untuk terhindari dari penyakit kanker.

  • Menjaga kesehatan kulit
    Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C secara teratur dapat meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit. Antioksidan yang sangat kuat ini memerankan peran penting dalam pembentukan kolagen. Kolagen akan bertindak sebagai sistem pendukung kulit, mempercepat penyembuhan luka, dan meningkatkan kekuatan kulit. Sebuah studi pada tahun 2015 menemukan bahwa memasukkan vitamin C ke dalam diet Anda merupakan satu faktor yang penting dalam menjaga tampilan kulit, termasuk menghindari keriput, meningkatkan elastisitas, dan membuat kulit lembut.

  • Menambah asupan serat
    Dalam 128 gram buah persik potong terdapat 2.52 gram serat. USDA merekomendasikan 22,4 hingga 28 gram asupan serat bagi wanita dewasa dan 30 hingga 34 gram bagi pria dewasa setiap harinya. Hal ini berarti porsi penyajian yang disebutkan sebelumnya sudah dapat menyediakan setidaknya 7,5 persen dari RDA konsumsi serat. 

Makanan yang kaya akan serat menyediakan manfaat kesehatan yang melimpah. Serat dapat melindungi kesehatan usus, mendukung seseorang yang sedang mengontrol berat badan mereka, dan mengurangi risiko kondisi kesehatan berbahaya. Beberapa kondisi kesehatan berbahaya tersebut seperti penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan beberapa kanker seperti kanker kolorektal dan paru-paru. Anda dapat meningkatkan asupan serat dengan mengganti makanan manis rendah serat dengan satu atau dua buah persik setiap harinya. Manfaat mengonsumsi buah dan sayur-sayuran sangat banyak bagi kesehatan. Dengan meningkatnya konsumsi makanan berbasis tanaman, risiko penyakit yang disebabkan karena gaya hidup tidak sehat seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung dapat menurun. 

Buah persik juga kaya akan kandungan kalium. Kalium merupakan sebuah elektrolit yang dapat membantu fungsi sel-sel di dalam tubuh. Selain itu, kalium juga dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi, stroke, dan batu ginjal. Dalam 128 gram buah persik potong terdapat 319 mg kalium, yang mana merupakan 6,8 persen dari RDA (sebanyak 4700 gram) pada orang dewasa.

Read More

Layanan Unggulan Rumah Sakit Telogorejo

Terletak di Jalan Kyai Hai Achmad Dahlan, Semarang, Rumah Sakit Telogorejo adalah rumah sakit tipe B yang sudah puluhan tahun memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Rumah sakit ini pertama kali didirikan pada tahun 1925 (dengan nama poliklinik pada masa itu). Puluhan tahun mengabdi memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat membuat Rumah Sakit Telogorejo sebagai rumah sakit yang dapat diandalkan. Didukung dengan staf medis dan dokter yang berpengalaman, serta fasilitas dan teknologi penunjang yang modern, bukan suatu hal yang mengherankan apabila banyak orang menjadi pelanggan setia Rumah Sakit Telogorejo. Namun, keistemewaan rumah sakit ini tidak hanya ada pada pelayanan profesional dan teknologi berkesinambungan saja. Ada banyak layanan kesehatan unggulan yang menjadikan Rumah Sakit Telogorejo rumah sakit yang diakui di Indonesia. Artikel ini akan membahas layanan unggulan tersebut dengan lebih dalam.

Spesialis jantung

Mengingat kardiologi merupakan salah satu bidang kesehatan yang sangat kompleks, serangkaian prosedur invasif serta non-invasif, tes diagnostik, hingga program pembedahan lainnya dengan kualitas yang tinggi sangat dibutuhkan. Di sinilah Rumah Sakit Telogorejo memegan peran penting dalam menyediakan layanan kesehatan  unggulan berupa spesialisasi jantung. Beragam penyakit jantung sering ditangani di Rumah Sakit Telogorejo, misalnya penyakit arteri carotid, serangan jantung, gagal jantung, aneurisme aorta, dan lain-lain. Dalam hal diagnostik jantung, Rumah Sakit Telogorejo menyediakan berbagai macam tindakan pemeriksaan seperti elektrokardiogram, X-ray rongga dada, serta penilaian kalsium jantung. Sementara itu, diagnostik non-invasif meliputi MRI, MSCT, Ambulatory Blood Pressure Monitoring, dan juga Holter Monitoring. Diagnostik invasif meliputi PCI, angiogram koroner dan juga PAC dengan bedah kardiotroraksik meliputi bedah jantung, implantasi pacu jantung, pembedahan katub jantung (perbaikan ataupun penggantian), dan lain-lain.

Selain tindakan medis dan diagnosa, Rumah Sakit Telogorejo juga menyediakan layanan rehabilitasi jantung serta pembuluh darah. Program ini merupakan upaya pencegahan serta pemulihan pasien yang memiliki masalah dengan kondisi kesehatan jantungnya dana tau sehabis menjalani operasi kardiovaskular. Tujuan dari program ini adalah untuk mengembalikan kesehatan pasien, baik kesehatan fisik, psikologis, emosional, medis, seksual, dan lain-lain. Agar pasien mendapatkan kesembuhan dengan kondisi optimal, Rumah Sakit Telogorejo memiliki tim yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya seperti para dokter spesialis jantung dan rehabilitasi, perawat, fisioterapis, hingga psikolo dan ahli gizi.

Layanan bedah minimal invasif

Selain layanan spesialis jantung, Rumah Sakit Telogorejo menyediakan layanan prosedur bedah minimal invasif, seperti laparaskopi. Laparoskopi minimal invasif adalah suatu tindakan bedah minimal yang hanya memerlukan sayatan kecil. Dengan menggunakan alat yang disebut “laparoscopy”, dokter bedah hanya membutuhkan 3 hingga 4 lubang sayatan berukuran kecil dan memasukkan lensa (melalui sayatan kecil yang telah dibuat) untuk melihat tampilan organ internal dengan lebih detail. Apabila prosedur laparoskopi selesai dilakukan, sayatan kemudian dijahit. Karena ukuran sayatan yang sangat kecil, prosedur laparoskopi hanya akan meninggalkan bekas luka yang kecil pula.

Laparoskopi memiliki keuntungan tersendiri dibandingkan dengan prosedur bedah konvensional. Misalnya saja, karena sayatan yang dibuat terbilang berukuran kecil, risiko pendarahan dapat diminimalisir. Selain itu, sayatan yang kecil juga hanya akan memberikan efek sakit yang minimal. Anda hanya akan membutuhkan jangka waktu pendek hingga pulih sampai sedia kala pasca prosedur bedah. Laparoskopi di Rumah Sakit Telogorejo juga mampu mengurangi kemungkinan risiko kontaminasi dari bakteri karena berkurangnya paparan organ tubuh dalam. Hal tersebut dapat mengurangi terjadinya infeksi.

Read More

Pentingnya Memiliki Kebiasaan Hidup dan Makan Siang Sehat

Gaya hidup sehat, seperti makan siang sehat, berolahraga, dan menghindari konsumsi bahan-bahan berbahaya seperti alkohol serta rokok, penting untuk dilakukan. Ini penting karena kebiasaan yang sehat tidak hanya memiliki manfaat bagi tubuh secara fisik saja, tetapi juga dapat memberikan kesehatan emosional dan juga mental. Kebiasaan hidup yang sehat mungkin akan sulit untuk dilakukan dengan teratur. Perlu adanya perubahan pola piker dan tekat untuk terus dapat melakukannya. Akan tetapi, apabila Anda bisa memberikan sedikit pengorbanan demi kesehatan yang lebih baik, dampak yang ditimbulkan akan sangat bermanfaat untuk Anda di kemudian hari, tidak peduli jenis kelamin, umur, atau pun kemampuan fisik Anda. Artikel ini akan membahas manfaat gaya hidup atau kebiasaan hidup dan makan siang sehat.

Mengontrol Berat Badan

Makan siang sehat dan latihan dengan teratur dapat membantu tubuh mengurangi berat badan berlebih dan menjaga berat badan ideal yang sehat. Hidup yang aktif dan gemar berolahraga penting apabila Anda memiliki target berat badan yang ideal. Walaupun Anda sedang tidak mencoba menurunkan berat badan, olahraga yang teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan level energi. Rencanakan setidaknya olahraga yang teratur selama 150 menit setiap minggunya. Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan hal ini, carilah cara-cara yang lebih sederhana agar tubuh tetap aktif setiap harinya, misalnya berjalan kaki alih-alih menggunakan kendaraan pribadi saat pergi ke kantor, menggunakan tangga alih-alih lift atau escalator.

Selain itu, makan makanan yang seimbang dan kalorinya terjaga juga dapat membantu menurunkan berat badan. Apabila Anda memulai hari dengan sarapan yang sehat, Anda akan terhindar dari rasa lapar setelahnya sehingga mengurangi keinginan Anda untuk makan makanan cepat saji sebelum makan siang. Tidak hanya itu saja, melewatkan sarapan dapat meningkatkan kadar gula darah Anda, yang turut meningkatkan penyimpanan lemak. Selain sarapan dan makan siang yang sehat, coba untuk memasukkan sayu-sayuran dan buah ke dalam menu diet Anda setiap harinya. Makanan-makanan tersebut memiliki kandungan kalori yang rendah dan nutrisi yang tinggi, sehingga sangat bermanfaat dalam mengatur berat badan. Selain itu, hindari atau kurangi makanan dan minuman yang mengandung gula, seperti soda dan jus buah, dan pilih daging yang rendahlemak seperti daging ayam kalkun dan ikan.

Membantu Tubuh Melawan dan Mencegah Penyakit

Kebiasaan hidup yang sehat dapat membuat tubuh terhindar dari beberapa penyakit serius seperti penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Apabila Anda merawat tubuh Anda, Anda dapat menjaga level kolesterol dan tekanan darah dalam batas yang aman. Hal ini akan membuat darah mengalir dengan lancar sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Aktivitas fisik yang teratur ditambah dengan diet yang baik juga dapat mencegah beberapa penyakit seperti sindrom metabolisme, diabetes, depresi, beberapa tipe kanker tertentu, dan juga arthritis. Pastikan Anda selalu melakukan pemeriksaan fisik setiap tahunnya. Dokter Anda akan memeriksa berat badan, detak jantung, dan tekanan darah, serta melakukan tes urin dan kotoran untuk melihat kondisi kesehatan tubuh dengan seksama. Olahraga yang teratur dan makan siang sehat juga dapat meningkatkan energi. Saat Anda makan makanan dengan nutrisi yang seimbang, tubuh akan mendapatkan bahan bakar yang dibutuhkan untuk menjaga kadar energi. Diet yang sehat dapat berupa konsumsi gandum utuh, daging merah, produk susu rendah lemak, buah, dan sayur-sayuran.

Read More

Makanan Penambah Trombosit Alami

Apakah makanan penambah trombosit berhasil menaikkan trombosit di tubuh?

Mungkin banyak dari Anda yang sudah familiar dengan istilah kata trombosit. Trombosit adalah sel darah yang membantu darah Anda membeku. Ketika jumlah trombosit Anda rendah, Anda mungkin melihat gejala, termasuk kelelahan, mudah memar, dan gusi berdarah.

Jumlah trombosit yang rendah juga biasa disebut sebagai trombositopenia.

Infeksi tertentu seperti, leukemia, perawatan kanker, penyalahgunaan alkohol, sirosis hati, pembesaran limpa, sepsis, penyakit autoimun, dan obat-obatan tertentu semua dapat menyebabkan trombositopenia.

Makanan yang kaya akan vitamin dan mineral tertentu dapat membantu tubuh membuat dan menjaga trombosit dalam darah Anda.  Sementara banyak nutrisi tersebut tersedia dalam bentuk suplemen. Namun akan lebih baik untuk Anda mencoba mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan yang Anda konsumsi.

Makanan penambah trombosit antara lain:

Makanan yang memiliki kandungan vitamin B-12 yang tinggi. Vitamin B-12 sendiri dapat membantu menjaga sel-sel darah Anda tetap sehat. Sedangkan kekurangan B-12 dalam tubuh Anda telah dikaitkan dengan jumlah trombosit yang rendah. Makanan tersebut adalah:

  • Hati sapi
  • Kerang
  • Tuna
  • Salmon
  • Telur

Untuk Anda yang vegetarian dan vegan dapat memperoleh vitamin B-12 dari sereal yang sudah diperkaya dan alternatif susu yang diperkaya, seperti susu almond atau susu kedelai.

Folat atau asam folat dalah vitamin B yang membantu sel-sel Anda, termasuk sel darah. Folat sendiri muncul secara alami di banyak makanan, dan dapat ditambahkan ke dalam bentuk asam folat. Berikut makanan yang memiliki asam folat:

  • Kacang-kacangan, seperti kacang merah, kacang polong
  • Jeruk
  • Bayam
  • Nasi

Vitamin C berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh. Vitamin C juga membantu trombosit Anda bekerja dengan benar dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi, yang merupakan nutrisi penting lainnya untuk trombosit.

Banyak buah-buahan dan sayuran mengandung vitamin C yang dapat Anda konsumsi, termasuk:

  • Brokoli
  • Brussel sprouts
  • Buah jeruk, jeruk bali atau anggur
  • Buah kiwi
  • Paprika merah dan hijau
  • Stroberi

Makanan dengan Vitamin D karena vitamin D berkontribusi pada berfungsinya tulang, otot, saraf, dan sistem kekebalan tubuh Anda.

Tubuh dapat menghasilkan vitamin D dari paparan sinar matahari, tetapi tidak semua orang menerima cukup sinar matahari setiap hari. Sumber makanan vitamin D yang dapat Anda konsumsi meliputi:

  • Kuning telur
  • Ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan mackerel
  • Minyak hati ikan
  • Susu dan yogurt

Untuk Anda yang vegetarian atau vegan yang ketat bisa mendapatkan vitamin D dari:

  • Sereal sarapan yang diperkaya
  • Jus jeruk yang diperkaya
  • Aternatif susu yang diperkaya, seperti susu kedelai dan yogurt kedelai
  • Suplemen
  • Jamur yang terpapar UV

Vitamin K sangat penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang Anda. Makanan yang kaya vitamin K meliputi:

  • Natto, hidangan kedelai yang sudah difermentasi
  • Sayuran hijau, seperti collard, lobak, bayam, dan kangkung
  • Brokoli
  • Kedelai dan minyak kedelai
  • Labu

Zat besi sangat penting untuk tingkat sel darah merah dan trombosit Anda. Makanan kaya zat besi meliputi:

  • Tiram
  • Hati sapi
  • Sereal sarapan yang diperkaya
  • Kacang putih dan kacang merah
  • Coklat hitam
  • Kacang-kacangan
  • Tahu

Makan sumber zat besi lain bila Anda vegetarian, salah satunya seperti kacang-kacangan, lentil, dan tahu, dengan sumber vitamin C untuk meningkatkan tingkat penyerapan. Hindari mengkonsumsi makanan kaya kalsium dan mengkonsumsi suplemen kalsium sekaligus sebagai sumber zat besi.

Selain makanan-makanan diatas, Anda juga dapat mengkonsumsi klorofil dan ekstrak daun pepaya sebagai alternatif makanan penambah trombosit. Bawang putih juga merupakan pembersih darah yang luar biasa, selain itu bawang putih berfungsi untuk membantu meningkatkan jumlah trombosit darah Anda secara alami.

Anda juga disarankan untuk olahraga secara teratur, karena dapat meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu meningkatkan trombosit Anda. Segera hubungi dokter Anda ketika mengalami gejala seperti, bintik-bintik merah gelap pada kulit, sakit kepala setelah cedera ringan, mudah memar, perdarahan spontan atau berlebihan serta perdarahan di mulut atau hidung setelah menyikat gigi.

Read More

Ini Dia 10 Kebiasaan yang Bisa Bantu Anda Turunkan Berat Badan

turunkan berat badan

Menurunkan berat badan adalah hal yang sangat menantang dan setiap orang mengklaim punya cara terbaik untuk melakukannya. Berdasarkan umur, jenis kelamin, bentuk tubuh, riwayat penyakit, aktivitas fisik, gen, pengalaman diet hingga preferensi makanan seseorang bisa menentukan seberapa besar kemampuan seseorang  untuk menurunkan bobot tubuhnya.

Meskipun tidak ada cara yang dipandang paling sempurna untuk menurunkan bobot tubuh, ternyata ada kebiasaan-kebiasaan khusus yang bisa membantu mereka yang ingin melakukannya. Misalnya dengan mengurangi konsumsi soda dan minuman bergula tinggi. Simak 10 kebiasaan lain yang bisa membantu Anda mengurangi berat badan dan hidup lebih sehat!

  1. Ketahui dari mana Anda memulai. Catat konsumsi makanan Anda selama 3 hari beserta porsinya. Identifikasi seberapa sering Anda makan atau membelinya dari luar
  2. Tentukan target dan rencana Anda. Apa target Anda? Apakah Anda ingin menurunkan berat tubuh agar lebih sehat? Apakah Anda memimpikan celana jins lama Anda muat kembali? Bagaimana Anda mencapainya? Buatlah rencana yang spesifik dan dari hal yang paling mudah.
  3. Identifikasi penghalang Anda dan bagaimana mengatasinya. Sibuk bekerja mungkin akan membuat Anda tidak sempat berolahraga. Solusinya? Bangunlah sejam lebih awal. Tidak punya makanan sehat untuk dimasak? Mulailah dengan berbelanja dan mencari resep.
  4. Identifikasi kebiasaan yang bisa membuat Anda menyantap makanan tak sehat. Apakah Anda suka menonton TV sambil mengemil? Apa Anda sering sengaja tidak makan siang agar bisa makan malam sepuasnya?
  5. Kontrol porsi makan Anda. Pahami porsi yang standar untuk setiap makanan yang Anda santap. Tahukah Anda bahwa satu porsi unggas atau daging adalah 4 ons, atau ukuran setumpuk kartu remi? Atau satu porsi pasta itu hanya 1/2 cangkir?
  6. Bedakan lapar dan tergiur. Anda pasti pernah merasa bingung membedakan mana yang lapar fisik dan mana yang lapar emosional. Apakah Anda cenderung lebih banyak makan saat sedang stres, bosan atau sedih? Cobalah untuk berhenti makan sebelum kenyang karena tubuh baru bisa memberi sinyal untuk berhenti makan setelah 20 menit Anda selesai makan.  Ganti camilan Anda dengan makanan tinggi serat seperti sayuran, gandum dan protein (ikan, unggas dan telur).
  7. Fokuslah pada perubahan yang positif. Mengubah pola kebiasaan membutuhkan waktu setidaknya 3 bulan. Jangan menyerah dan temukan dukungan dari orang-orang terdekat.
  8. Buat aturan 80/20. Patuhlah pada aturan sebanyak 80% dan manfaatkan sisanya sebagai cara untuk menghibur diri. Terlalu ketat pada diri sendiri juga bukan hal yang bagus.
  9. Fokus pada kesehatan. Berjalan, menari, atau berkebun. Temukan aktivitas yang bisa Anda nikmati setiap harinya.
  10. Makanlah dengan perlahan-lahan. Nikmati aroma, rasa dan tekstur setiap makanan yang Anda santap.

Mengubah perilaku memang bukan hal yang mudah apalagi jika Anda berniat menurunkan berat badan. Ambil langkah kecil dan mulailah hari ini untuk meningkatkan kualitas kesehatan Anda.

Read More

Menjaga Pola Makan Sehat Saat Pesta? Ikuti 11 Langkah Mudah Ini

pola makan sehat saat pesta

Sedang diet tapi diundang ke pesta maupun kondangan? Jangan khawatir, Anda tetap bisa menjaga pola makan sehat agar tidak kalap saat makan prasmanan.

Menu prasmanan yang beraneka ragam terkadang membuat kita lupa diri dan ingin mencoba semuanya. Jangan sampai hal ini justru mengganggu diet Anda.

Ikuti tips  berikut agar tidak kalap saat berada di pesta.

1. Jangan menghabiskan semua makanan

Saat berada di sebuah pesta, hindari mengambil lauk terlalu banyak dalam piring Anda. Pilihlah makanan kesukaan Anda sebelum menambahkan menu yang lain.

2. Beri jeda 10 menit saat makan prasmanan

Setelah selesai makan, jangan langsung makan lagi. Beri ‘kesempatan’ kepada perut Anda untuk memberikan informasi ke otak, apakah masih lapar atau sudah kenyang. Anda bisa menggunakan jeda 10 menit ini untuk meminum air atau memulai pembicaraan ringan dengan orang lain sambil mengecek nafsu makan Anda.

3. Menjaga pola makan sehat dengan duduk jauh dari meja makan

Hindari duduk atau berdiri dekat dengan meja makan. Hal ini akan membuat fokus Anda tertuju pada makanan dan Anda jadi mudah lapar.

4. Jangan pergi ke pesta dengan perut kosong

Jangan pergi ke pesta dengan perut kosong. Paling tidak, makanlah satu buah apel atau sepotong roti. Perut kosong membuat Anda kalap dan ingin menghabiskan segalanya.

5. Kurangi minuman bersoda

Selain membuat perut terasa kembung, minuman manis dan bersoda mengandung kalori yang tinggi. Kandungan gulanya dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan lemak dalam tubuh.

6. Hindari minuman beralkohol saat perut kosong

Meminum minuman beralkohol saat perut Anda sedang kosong akan semakin meningkatkan nafsu makan dan Anda akan kesulitan mengontrol apa yang Anda makan.

7. Perbanyak minum air putih

Ketika sedang di pesta, Anda pasti cenderung memilih minuman yang berwarna dengan rasa yang manis. Tidak apa-apa jika Anda hanya minum 1 – 2 gelas saja, tetapi imbangi dengan minum air putih.

8. Tetap bergerak aktif

Jika pesta yang Anda hadiri mengadakan sesi dansa, Anda bisa ikut bergoyang bersama yang lain untuk menurunkan makanan. Jika tidak ada, Anda bisa berjalan menuju ke kamar kecil atau ke meja lain untuk menyapa teman-teman Anda. Bila memungkinkan, lebih baik gunakan tangga ketimbang lift agar Anda tetap dapat membakar kalori seusai makan prasmanan.

9. Tetap makan sayur untuk menjaga pola makan sehat

Jangan mengabaikan sayuran yang dijadikan hiasan pemanis di piring lauk. Anda bisa memakannya untuk mencukupi kebutuhan serat.

Nah, semoga tips di atas bisa membantu menjaga pola makan Anda ketika datang ke kondangan!

Read More