3 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Memiliki berat badan yang ideal tentu idaman hampir semua orang, baik pria maupun wanita. Namun, mendapatkan tubuh yang ideal tentu bukan perkara mudah. Tidak sedikit orang yang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan bentuk tubuh sesuai yang diinginkannya.

Lalu bagaimana cara menurunkan berat badan dengan cepat? Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tubuh menjadi ideal, salah satunya dengan melakukan diet. Meski begitu, banyak sekali diet yang tidak berhasil dan Anda tetap merasa lapar. Nah, berikut tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

  1. Kurangi Asupan Karbohidrat

Dalam menurunkan berat badan, hal yang paling penting adalah dengan mengurangi gula dan karbohidrat. Ketika Anda mengurangi dua tersebut, tingkat rasa lapar pada diri Anda akan menurun dan efeknya bisa mengonsumsi kalori yang jauh lebih sedikit.

Alih-alih membakar karbohidrat sebagai energi, tubuh Anda akan mulai membakar lemak yang tersimpan untuk dihjadikan energi. Manfaat lain dari mengurangi karbohidrat adalah dapat menurunkan kadar insulin atau gula darah dalam tubuh, dan menyebabkan ginjal melepaskan kelebihan natrium dan air. Kondisi ini pun dapat mengurangi rasa kembung dan kandungan air yang tidak perlu.

Menurut beberapa ahli diet, dengan mengurangi atau diet karbohidrat dan gula selama seminggu bisa menghilangkan atau menurunkan berat badan sekitar 4 kg atau lebih pada minggu-minggu pertama. Bahkan pada wanita dengan obesitas melakukan diet rendah karbohidrat jauh lebih efektif menurunkan berat badan daripada diet rendah lemak.

Cara menurunkan berat badan dengan cepat ini dapat mengurangi nafsu makan yang dapat membuat Anda makan jauh lebih sedikit. Jadi, mengurangi asupan karbohidrat dapat menyebaban penurunan berat badan dengan cepat dan mudah.

  • Makan protein, lemak dan sayuran

Setiap makanan yang Anda konsumsi selama diet harus menyertakan asupan yang mengandung protein, sumber lemak, dan sayuran rendah karbohidrat. Cobalah untuk makan dua atau tiga kali dalam satu hari, namun jika Anda masih merasa lapar pada sore hari, bisa menambahkannya menjadi empat kali dengan jumlah yang telah ditentukan.

Asupan pertama yang harus ada adalah protein. Mengonsumsi banyak protein adalah salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat. Diet tinggi protein dapat membuar Anda memikirkan makanan lain hingga 60%. Jadi, keinginan untuk ngemil hingga larut malam akan menghilang setengahnya dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Beberapa sumber protein yang bisa Anda konsumsi antara lain daging sapi, ayam ataupun domba, ikan dan makanan laut, telur, serta kacang-kacangan dan kedelai.

Asupan kedua adalah sayuran rendah karbohidrat seperti brokoli, kembang kol, bayam, tomat, kubis, selada, dan timun. Sayuran tersebut mengandung semua serat yang baik bagi tubuh selama diet, serta mengandung vitamin, dan mineral.

  • Olahraga

Meskipun dalam diet ini olahraga boleh saja tidak dilakukan, namun hal ini dapat menghasilkan manfaat tambahan bagi tubuh Anda. Dengan berolahraga tubuh akan membakar kalori lebih banyak dan mencegah metabolisme yang lambat karena efek samping yang umum dari penurunan berat badan. olahraga yang bisa Anda lakukan antara lain berjalan, lari, bersepeda, ataupun berenang. Pun tidak masalah jika Anda ingin mengunjungi pusat kebugaran untuk latihan angkat beban. Jadi dengan mengurangi asupan karbohidrat dalam tubuh bisa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat. Dalam program ini Anda dapat mengonsumsi makanan sehat hingga kenyang tanpa takut menyumbang berat badan lagi, sebaliknya Anda malah akan kehilangan banyak lemak. Selamat mencoba

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>